Mengenal Bitbucket dan Sejarahnya

Mengenal Bitbucket dan Sejarahnya

MENGENAL BUTBUCKET DAN SEJARAHNYA

Teknologi – Bagi yang masih asing dengan istilah itu, disini kita akan membahas tentang bitbucket dan sejarahnya. Bitbucket merupakan sebuah situs yang memberikan jasa repositori Git online secara private yang unlimited.

Tidak seperti Github yang harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan repo git private, bitbucket justru menggratiskan pembuatan repo git private, bahkan tidak dibatasi!

Apa itu Bitbucket?

Bitbucket adalah sebuah layanan hosting yang berbasis web untuk kode sumber dan pembangunan proyek yang menggunakan Mercurial (sejak peluncuran) ataupun sistem kendali versi Git (sejak Oktober 2011[2]) yang dimiliki oleh Atlassian. Bitbucket menawarkan paket akun komersial dan gratis. Akun gratis tersebut menawarkan sebuah layanan repositori dengan jumlah yang tidak terbatas (yang mana dapat mempunyai 5 pengguna per tim untuk akun gratis) sejak bulan September 2010. Bitbucket terintegrasi dengan perangkat lunak Atlassian lain seperti Jira, HipChat, Confluence dan Bamboo.

Hal ini mirip dengan GitHub, yang utamanya menggunakan Git. Bitbucket secara tradisional disesuaikan untuk membantu pengembang profesional dengan kode pribadi mereka, terutama sejak diakuisisi oleh Atlassian pada tahun 2010.[3] Pada bulan September 2016, Bitbucket mengumumkan telah mencapai 5 juta pengembang dan 900.000 tim pada platform tersebut.[4] Bitbucket mempunyai 3 model deployment: Cloud, Bitbucket Server dan Data Center.

Sejarah Bitbucket

  • Bitbucket sebelumnya adalah sebuah Perusahaan rintisan independen, yang didirikan oleh Jesper Nøhr. Pada tanggal 29 September 2010, Bitbucket diakuisisi oleh Atlassian.
  • Awalnya, Bitbucket hanya menawarkan dukungan hosting untuk proyek-proyek Mercurial. Pada tanggal 3 Oktober 2011, Bitbucket resmi mengumumkan dukungan untuk Git.
  • Pada bulan Maret 2015, Cuplikan kode diluncurkan, yang menyediakan sebuah cara untuk berbagi potongan kode dengan diri sendiri atau orang lain.
  • Pada bulan September 2015, Atlassian mengganti nama produk mereka yaitu Stash ke Bitbucket Server.
  • Pada bulan Juli 2016, Bitbucket menambahkan dukungan untuk Git Large File Storage (LFS).
  • Pada bulan Oktober 2017, Bitbucket meluncurkan Pipa Bitbucket – layanan pengiriman terus menerus di UI Bitbucket yang memungkinkan pengguna membangun, menguji dan menggunakan kode mereka.
  • Pada bulan Februari 2017, Bitbucket meluncurkan Daftar IP aman sehingga pengguna dapat memblokir konten pribadi mereka dengan IP.

Logo Bitbucket

Simbol asli pada stiker ember adalah simbol alkimia dan simbol planet untuk Merkurius, dan mengacu pada repositori hosting Bitbucket Mercurial. Isi dari ember biru adalah logam merkuri.

Ketika Bitbucket mengumumkan dukungan Git, ikon stiker beralih menjadi logo utama Atlassian.

 

Tambahan

Git itu bukanlah sebuah bahasa seperti halnya HTML,CSS atau Js bukan pula sebuah konsep atau aturan baku dalam pemrograman, melainkan sebuah software yang berfungsi untuk mengatur source code dari aplikasi yang sedang anda buat.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat