Mengenal Bisnis Waralaba, Jenis dan Contoh Bisnisnya

Mengenal Bisnis Waralaba, Jenis dan Contoh Bisnisnya

Usaha Waralaba Peluang dan Analisa Bisnisnya (Terlengkap)Jogja One Solution – Menurut undang-undang Pemerintah Indonesia, pengertian waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya memberikan hak memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang menetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Secara sederhana, pengertian waralaba adalah kontrak kerja yang memberikan hak untuk menjual baik produk, jasa atau layanan. Kita perlu mengenal bisnis waralaba, jenis dan contoh bisnisnya.

 

 

 

Apa Itu Waralaba

Menurut Wikipedia, Waralaba berasal dari bahasa Inggris franchising dan bahasa Prancis franchise yang memiliki arti hak atau kebebasan untuk menjual suatu produk, jasa dan layanan. Pengertian lain dari waralaba adalah suatu hubungan kerjasama antara pemilik waralaba (franchisor) dengan pembeli waralaba (franchise) dengan kontrak yang telah disepakati.

Beberapa ahli yang mendefinisikan waralaba seperti Douglas J. Queen, Rooseno Harjowidigdo, Dominique Villemont dan Charles L. Vaughn. Dalam Peraturan Pemerintahan No. 42 Tahun 2007 menyebutkan bahwa waralaba adalah hak khusus yang memiliki oleh orang, perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat termanfaatkan dan atau tergunakan oleh pihak berdasarkan perjanjian waralaba.

Asosiasi Franchise Indonesia memberikan pengertian lain, waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang dan jasa kepada pelanggan oleh pemilik waralaba yang sudah memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan nama, merek, sistem, prosedur dan cara yang sudah menetapkan sebelumnya dengan jangka waktu tertentu pada suatu wilayah.

Di Indonesia saat ini sudah banyak menjamur bisnis waralaba/franchise mulai dari skala kecil hingga besar. Agar Anda tidak salah dalam membedakannya, berikut jenis bisnis waralaba yang perlu Anda ketahui:

Jenis Waralaba

Jenis Waralaba berdasarkan produknya:

  • Waralaba produk

Produk franchise yang dijual sudah dalam bentuk produk seperti makanan dan minuman. Contoh Mc Donald, KFC, Chatime, Boba, Cake dan sebagainnya.

  • Waralaba Jasa

Produk yang dijual dalam bentuk layanan jasa. Contohnya agen travel, studio photo, lembaga pendidikan, asuransi dan sebagainnya.

  • Waralaba Gabungan

Jenis produk yang dijual dalam waralaba gabungan ini meliputi produk dan jasa yang digabungkan.

Jenis Waralaba berdasarkan asalnya:

  • Waralaba Dalam Negeri

Bisnis waralaba dalam negeri ini paling tepat untuk memulai bisnis, karena dari segi biaya waralaba dalam negeri tidak banyak membutuhkan modal. Jensinya bisa beraneka ragam, tetapi memang paling banyak berasal dari waralaba makanan dan minuman.

  • Waralaba Luar Negeri

Tentunya franchise luar negeri ini memiliki harga yang fantastis. Ini terjadi karena brand perusahaan sudah terkenal di seluruh dunia, selain itu dari segi kualitas, sistem dan promosi sudah tertata dengan baik. Jika Anda ingin bergabung pastikan memiliki modal besar yang cukup.

Tipe Waralaba

Franschise list

Agar Anda tidak salah dalam perjanjian waralaba, ada beberapa tipe waralaba yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Trade Name Franchising

Trade name franchising adalah tipe waralaba yang sudah mendapatkan hak dari franchisor untuk melakukan produksi secara langsung tetapi masih dalam pengawasan franchisor.

  • Product Distribution Franchising

Product distribution franchising adalah tipe waralaba yang hanya memiliki hak untuk melakukan pendistribusian produk pada wilayah tertentu saja. Bisa jadi setiap wilayah memiliki perusahaan distribusi yang berbeda walaupun dengan produk yang sama.

  • Pure Franchising

Nah tipe waralaba yang terakhir adalah pure franchising, ini adalah jenis waralaba yang mendapatkan hak secara penuh dari franchisor mulai dari proses produksi, penjualan, manajemen, distribusi dan lainya.

Saat ingin memilih jenis waralaba, pastikan dulu tipe waralaba apa yang ditawarkan kepada Anda, jangan sampai sudah deal tetapi ternyata hak Anda hanya sebatas trade name atau product distribution saja.

Kelebihan dan Kekurangan Waralaba

Setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, nah termasuk bisnis franchise ini. Berikut pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba:

Kelebihan waralaba:

  • Proses membuka usaha yang lebih cepat
  • Sistem yang dibuat sudah berhasil tinggal menjalankan
  • Brand bisnis yang sudah dikenal banyak orang
  • Manajemen bisnis yang sudah tebangun dengan baik
  • Manajemen finansial yang lebih mudah
  • Kerjasama bisnis telah solid dengan rekanan bisnis
  • Dukungan dari franchisor yang kuat
  • Resiko kegagalan yang kecil

Kekurangan waralaba:

  • Kewajiban membayar franchise fee (biaya franchise)
  • Kewajiban membayar royalty fee (potongan keuntungan)
  • Harus patuh terhadap aturan yang terbuat oleh franchisor
  • Pembeli franchise kurang memiliki kendali terhadap bisnis
  • Pembeli franchise terikat dengan supplier dari franchisor

Contoh Waralaba

Sebelum menutup berikut beberapa contoh waralaba sukses yang ada pada sekitar Anda:

  • Franchise Indomaret

Indomaret

Siapa yang tidak mengenal franchise minimarket Indomaret? Nampaknya Indomaret ini banyak menemuinya  pinggir jalan utama dengan jarak yang dekat-dekat. Minimarket Indomaret memang wajar banyak ditemui  berbagai wilayah karena barang yang terjual adalah kebutuhan sehari-hari.

  • Franchise Apotek K24

Kebutuhan masyarakat akan obat-obatan tidak bisa memprediksi waktunya, kadang saat malam pun Anda harus menemukan obat yang tercari. Nah dari sinilah muncul ide untuk membuat apotek buka selama 24 jam. Inilah yang melakukan oleh dr. Gideon Hartono, pemilik Apotek K-24.

K-24 memiliki arti “Komplit 24 jam”, sehingga jika orang mencari obat kapanpun akan selalu tersedia dan buka. Bagaimana tertarik untuk membuka bisnis Apotek K-24 sekitar rumah Anda?

  • Jco Donuts

J.Co Donuts

Banyak yang mengira kalau Jco Donuts adalah franchise asing, tetapi ternyata salah besar. Jco Donuts adalah murni berasal dari Indonesia buatan dari Johnny Andrean seorang pebisnis salon terkenal di Indonesia. Tidak hanya donat, Jco menjual donat, yogurt, burger, kopi dan minuman lainnya. Dalam proses membangun Jco ini tidaklah mudah, perlu waktu untuk melakukan riset pasar, survey tentang donat yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia.

  • Franchise KFC

Siapa yang tidak mengenal KFC? Restoran fast food yang menjual menu utama fried chicken yang renyah dan lezat ini selalu membuat orang tertarik membelinya. Franchise ini berasal dari luar negeri, jadi untuk masalah brand tidak perlu khawatir karena semua orang sudah tahu. Jadi tertarik untuk menjadi mitra franchise KFC  kota Anda?

Selain franchise yang Kami sebutkan tersebut sebenarnya masih banyak waralaba lain dengan skala besar hingga kecil  Indonesia saat ini. Anda bisa mencarinya langsung untuk beberapa jenis waralaba yang sedang memiliki potensi saat ini.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat