Mengenal Bisnis Ritel dan Prospeknya Sekarang Ini

Mengenal Bisnis Ritel dan Prospeknya Sekarang Ini

Mengenal Bisnis Ritel dan Prospeknya Sekarang Ini

KONSULTAN RITEL: Menganalisis Peluang Bisnis Ritel | Konsultan Bisnis Dan  ManajemenJogja One Solution – Pertumbuhan industri ritel modern sampai tahun depan diproyeksi kembali melempem lantaran masih harus menghadapi sejumlah hambatan, salah satunya adalah ancaman perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) yang tak kunjung usai. Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) periode 2015—2019 Tutum Rahanta mengatakan apabila perang dagang antara AS dan China masih terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan produk-produk China akan makin membanjiri Indonesia pada 2020. Terlebih, saat ini produk-produk tersebut dapat dengan mudah dipasarkan melalui platform dagang-el atau e-commerce yang belum diatur sepenuhnya oleh pemerintah.

 

 

Pengertian Bisnis Ritel

Bisnis ritel atau retail adalah aktivitas jual beli barang dan jasa yang dilakukan secara langsung kepada konsumen akhir. Para konsumen yang membeli pada toko ritel akan mempergunakannya untuk keperluan pribadi, keluarga dan rumah tangga, bukan lagi untuk dijual kembali.

Dalam alur distribusi barang dan jasa, bisnis ritel ini berada pada posisi paling bawah. Ritel berperan sebagai pemasar yang mempertemukan barang dan jasa dari produsen atau grosir kepada konsumen langsung.

Dalam penjualan barang, usaha ritel biasanya membeli barang dari kelompok bisnis yang lebih besar seperti grosir, distributor bahkan produsen langsung. Untuk menjual barang, bisnis ritel menjualnya dengan cara satuan kemudian menambahkan margin keuntungan dari harga modal.

Fungsi dan Tujuan Bisnis Ritel

Agar Anda tidak bingung, berikut kami berikan apa sebenarnya tujuan dari bisnis ritel dalam pemasaran:

  • Memudahkan konsumen dalam mendapatkan barang

Tanpa adanya retail, Anda akan kesulitan dalam mendapatkan barang. Karena untuk membeli langsung kepada produsen tidak bisa dalam hitungan satuan, harus dalam jumlah banyak.

  • Memberikan pilihan kepada konsumen

    Diferensiasi produk

Bisnis ritel dalam menjual produknya tidak hanya satu macam saja, melainkan ada beberapa macam produk sejenis dengan produsen yang berbeda. Tentu ini menjadi keuntungan kepada konsumen dalam menentukan pilihan produk mana yang terbaik dengan harga yang paling ekonomis.

  • Sebagai ujung tombak distribusi

Bisnis ritel berfungsi menjadi perantara distribusi paling akhir dalam bisnis penjualan. Sehingga produsen bisa fokus dalam produksi barang tanpa perlu memikirkan penjualan barang.

  • Penyimpanan stok

Pengecer produk berfungsi sebagai penyimpan stok barang yang siap didistribusikan langsung kepada konsumen. Dengan begitu produsen bisa mengatur jumlah produksinya  secara update agar sesuai dengan kondisi pasar.

  • Memberikan keuntungan pada produsen

Bisnis ritel tidak hanya memberikan keuntungan kepada produsen saja, melainkan memberikan keuntungan kepada pemiliknya langsung. Selain itu bisnis ritel memberikan kemudahan dalam mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

  • Sebagai media promosi produk

    Promosi Online

Para pebisnis retailer biasanya akan melakukan promosi terhadap produk yang dijual kepada konsumen. Promosi produk ini bertujuan agar barang dagangan bisa cepat berputar sehingga menghasilkan keuntungan lebih.

  • Observasi pasar

Karena bisnis ritel berhubungan langsung dengan konsumen, maka suatu produk bisa dilihat apakah bisa diterima oleh pasar atau tidak. Jika tidak bisa segera dilakukan evaluasi dan revisi produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar sekarang apakah menaikan harga atau menurunkan harga produk.

Prospek Bisnis Ritel Sekarang

Nah jika berbicara masalah prospek bisnis ritel, sampai sekarang ini bisnis ritel masih sangat menjanjikan untuk digeluti. Terbukti sekarang ini banyak muncul retail modern dengan konsep baru sehingga menarik minat konsumen untuk membeli.

Dalam membangun bisnis ritel, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup untuk membeli produk yang akan dijual dan sewa lokasi. Pastikan Anda sudah menentukan akan menjual produk atau jasa apa kepada konsumen. Setelah itu tugas Anda adalah mencari lokasi untuk memulai bisnis ritel pertama Anda.

Jangan lupa juga Anda harus mulai mencari karyawan yang siap membantu Anda dalam membangun bisnis ritel sesuai dengan visi misi yang sudah ditetapkan. Setelah itu Anda bisa melakukan promosi melalui website, social media atau menggunakan media berbayar untuk mendongkrak penjualan bisnis.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat