Mengenal Arti Domain

Mengenai Arti Domain

Mengenai Arti DomainMENGANL ARTI DOMAIN

Domain – Jika kita akan berkunjung disuatu tempat, dimanapun kita berada, kita harus mengetahui terlebih dahulu alamat yang akan kita tuju. Sama halnya juga dengan website, kita harus memiliki alat yang bisa orang-orang akan tuju. Yang sering kita sebut dengan domain. Untuk pengertian domain yang lebih lengkap, simak ulasan berikut ini.

IP address terdiri dari 4 bagian, yang mana setiap bagian dipisah dengan menggunakan tanda titik, dengan range nilai 0 sampai 255. Setiap server masing-masing memiliki nomor IP address yang berbeda, misalnya pada website nesabamedia memiliki IP address 104.27.185.67.

Lalu pertanyaannya bagaimana anda dapat mengakses website nesabamedia tanpa harus menuliskan alamat IP tersebut di dalam kolom pencarian di browser anda? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai pengertian domain beserta fungsi domain dan contoh domain.

Baca juga : Keutamaan Domain Untuk Toko Online

Mengenal Domain

Domain adalah sebuah string pengenal yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah server seperti web server atau mail server pada sebuah jaringan komputer ataupun internet agar mudah untuk diakses oleh user. Dengan menggunakan domain anda tidak perlu lagi untuk mengingat alamat IP dari server yang akan anda tuju, sebab semuanya telah diatur oleh Domain Name Server (DNS) sehingga domain yang anda tulis akan terhubung lansung dengan alamat IP server.

pengertian domain

Singkatnya domain digunakan untuk berkomunikasi antara manusia dengan komputer, dan alamat IP digunakan untuk berkomunikasi antar komputer. Pada hirarki Domain Name System (DNS), domain terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu: Top level domain, Second level domain dan yang lebih rendah, masing-masing tingkatan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Top Level Domain (TLD) sering juga disebut sebagai ekstensi domain, merupakan bagian yang paling akhir dari nama domain yang dapat anda temukan setelah tanda titik. Contohnya ialah .com, .org, .net, .gov, .mil.

Top Level Domain juga dibagi menjadi beberapa kategori, salah satu kategorinya ialah Country Code Top Level Domain (ccTLD), yaitu sebuah domain dengan panjang dua karakter yang digunakan pada setiap negara dengan masing-masing kode yang berbeda berdasarkan standar ISO yang telah ditetapkan. Contoh dari ccTLD adalah Indonesia dengan domain “.id”, Singapura “.sg”, Malaysia “.my”, Jepang “.jp” dan masih banyak lagi.

Baca juga : Resiko Domain Gratis

Pengertian Domain dan Cara Kerja Domain

Skema Cara Kerja Domain

Pada hirarki selanjutnya dari domain name system terdapat second level domain, yaitu bagian dari domain yang memiliki posisi disebelah kiri tanda titik atau top level domain. Contoh misalnya website nesabamedia.com, dimana “nesabamedia” merupakan second level domain dan “.com” adalah top level domainnya.

Pada second level domain juga terdapat kode negara atau yang disebut country code second level domain (ccSLD) yang merupakan bagian dari ccTLD. Bagian dari ccSLD dari suatu domain terletak diantara SLD dan ccTLD. Contohnya pada domain indonesia.go.id, “.go” merupakan ccSLD yang terletak diantara SLD (indonesia) dan ccTLD (.id).

Seluruh penggunaan nama domain tersebut diatur oleh lembaga internasional bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), dan untuk penggunaan domain dengan kode negara diatur oleh negaranya sendiri, contoh misalnya indonesia untuk domain .id diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat