Mengenal Apache: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Mengenal Apache: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Mengenal Apache: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Hasil gambar untuk Mengenal Apache: Pengertian, Kelebihan, dan KekurangannyaJogja One Solution – Bagi orang yang masih awam pastinya akan berpikir apa itu Apache? Apache adalah software web server yang gratis dan bersifat open source. Server ini telah menjadi platform bagi 46% website di seluruh dunia. Nama resminya adalah Apache HTTP Server, dan software ini dikelola dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Apache memudahkan pemilik website untuk mebuat konten di web – dan karena itulah software diikuti dengan kata ‘web server’. Apache adalah salah satu web server tertua dan dapat diandalkan. Versi pertamanya telah dirilis lebih dari 20 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1995. Yuk kita mengenal apache: pengertian, kelebihan dan kekurangannya.

 

 

Apa itu Apache?

Apache, atau juga dikenal dengan Apache HTTP Server, merupakan web server software tertua di dunia yang dirilis pertama kali pada tahun 1995. Nama web server ini sendiri terinspirasi dari nama suku Apache asli Amerika yang dikenal karena kegigihan dan daya tahannya.

Nah saat ini, Apache adalah web server terpopuler yang digunakan oleh hampir 40% website dunia. Yang menarik, Apache dibekali dengan modul yang komplit. Mulai dari modul keamanan, cache, hingga otentikasi kata sandi, semuanya memudahkan Anda mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai fungsionalitas sesuai kebutuhan Anda. Di samping itu, web server ini juga menyediakan configuration files—seperti httpd.confsrm.confaccess.conf, dan mime.types—yang membuat proses konfigurasinya semakin mudah.

Kemudian bagaimana sebenarnya cara kerja Apache? Seperti web server lain, Apache mempunyai peran menerima dan merespon request dari pengguna.

Sebagai contoh, Anda membuka halaman sebuah situs melalui browser. Nah, request Anda tadi kemudian dikirimkan browser ke Apache dan direspon olehnya dengan mentransfer data website berupa teks, gambar, video, serta files lainnya.

Apa Kelebihan Apache?

Setelah mengetahui apa itu Apache dan bagaimana cara kerjanya, sekarang mari kita ulas beberapa kelebihan dari platform web server ini.

1.  Open Source dan Gratis

Apache adalah open source software. Artinya, Anda mendapatkan kebebasan dan fleksibilitas untuk memodifikasi, kustomisasi, atau meningkatkan source code-nya agar sesuai dengan keinginan Anda. Dan kabar baiknya, Anda pun dapat menggunakannya secara gratis tanpa membutuhkan lisensi.

2.  Kompatibilitas

Apache kompatibel dengan berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Solaris, macOS, dan sebagainya. Begitu pula dengan content management system (CMS). Baik itu WordPress, Joomla, hingga Drupal, semuanya dapat dijalankan dengan baik di web server ini.

3.  Ramah Pengguna

Tak lupa, Apache juga menawarkan kemudahan proses instalasi dan konfigurasi, sehingga tidak akan menyulitkan Anda ketika menggunakannya. Dan kalau nantinya Anda membutuhkan bantuan teknis, software ini juga menyediakan halaman FAQ, dokumentasi, serta komunitas aktif yang bisa Anda andalkan setiap waktu.

4.  Reliabilitas 

Apache dikenal dengan stabilitasnya yang mengesankan. Dan hebatnya lagi, web server ini secara teratur dipelihara dan ditingkatkan performanya oleh komunitas, sehingga memiliki reliabilitas yang tinggi. Selain itu, Apache juga dibekali dengan fitur-fitur yang mumpuni seperti gzip compression, konfigurasi .htaccess, hingga koneksi FTP.

Apa Kekurangan Apache?

Nah sebelum Anda menentukan apakah Apache adalah opsi yang tepat bagi Anda, ketahui dulu beberapa kekurangannya berikut ini.

1.  Keamanan

Kemudahan untuk memodifikasi konfigurasi di satu sisi malah rawan menyebabkan munculnya ancaman keamanan, bugs, maupun errors. Pada akhirnya, Anda harus mengorbankan waktu dan sumber daya yang lebih untuk mengatasi kendala tersebut.

2.  Efisiensi 

Karena ketidakmampuannya untuk memproses banyak request secara bersamaan, Apache cenderung memiliki performa yang lebih lambat—terutama bagi website yang mempunyai traffic tinggi. Di samping itu, Apache juga dinilai kurang efisien dalam memuat konten statis jika dibandingkan dengan Nginx maupun LiteSpeed.

Kesimpulan  

Apache adalah open-source web server software yang memberikan Anda kemudahan untuk menjalankan website. Tersedianya modules hingga configuration files memungkinkan Anda untuk menambah fungsionalitas serta mengatur konfigurasi sesuka hati Anda. Ditambah lagi, software ini didukung oleh pusat bantuan mumpuni yang bisa diandalkan setiap waktu ketika menghadapi kendala teknis.

Namun apakah Apache opsi yang tepat bagi Anda? Selalu perhatikan beberapa poin krusial seperti tinggi atau tidaknya traffic situs Anda, hingga pertimbangan mengenai jenis halaman website Anda apakah itu statis atau dinamis.

Jika Anda menginginkan akses penuh dan lebih leluasa mengelola server, maka dedicated server dari GoldenFast Network adalah pilihan yang tepat. Atau, Anda juga dapat memanfaatkan layanan colocation server agar server Anda dapat dimonitor dan dijaga dengan baik.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat