Mengenal Apa Itu Purchase order dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Purchase order dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Purchase order dan Contohnya - QwordsJogja One Solution – Ketika penjual, pemasok, vendor, dan lainnya menerima PO, kontrak yang mengikat secara hukum terbentuk antara kedua pihak. Selain itu, pembeli harus mengkomunikasikan permintaan pembelian kepada penjual secara eksplisit dan jelas sehingga terhindar dari kesalahan dan kekeliruan ketika PO diterima penjual. Selain sebagai dokumen pemesanan, beberapa pemberi pinjaman atau kreditur komersial akan menggunakan PO sebagai referensi atau bahan pertimbangan untuk memberikan pinjaman kepada organisasi ataupun bisnis. Yuk mengenal apa itu purchase order dan contohnya.

Pengertian Purchase order

Arti Purchase order adalah dokumen yang dibuat oleh pihak pembeli guna menunjukkan barang-barang apa saja yang ingin membelinya. Dari pengertian ini dapat diketahui bahwa Purchase order adalah dokumen yang ditujukan kepada pihak penjual, dan Purchase order memiliki peran yang sangat penting dalam mengendalikan pembelian suatu usaha atau bisnis.

Selain itu, pengertian Purchase order yang lainnya ialah dokumen yang dalamnya memuat rangkuman barang yang hendak terbeli oleh pembeli dari supplier. Sebenarnya secara singkat Purchase order juga bisa terartikan sebagai konfirmasi pesanan secara resmi, yang umumnya dikirimkan oleh pihak pembeli kepada supplier yang mengesahkan pembelian.

Namun, Purchase order juga bisa dianggap sebagai dokumen yang di dalamnya terkandung permintaan terhadap kebutuhan suatu barang. Fungsi Purchase order ini sangat penting, sehingga pelaku bisnis disarankan untuk tidak mengabaikan dokumen ini.

Diantara fungsi tersebut seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu untuk megamankan stok barang sesuai dengan harga yang diinginkan serta meningkatkan rasa aman dari tindakan pelanggaran hukum seperti penipuan. Dengan kata lain, Purchase order termasuk dokumen yang akan menjaga supaya bisnis bisa berlangsung dengan lancar.

Dengan adanya Purchase order ini pula, pihak pembeli tidak perlu khawatir mengenai potensi terjadinya perbedaan harga yang besar. Pasalnya, Purchase order menyimpan catatan penawaran produk pada periode yang sebelumnya.

Purchase order juga bisa dijadikan sebagai komparasi dengan invoice bila nanti terdapat perbedaan harga antara kedua dokumen tersebut, Jadi, pembeli pun bisa lebih mudah mengajukan komplain pada penjual atau supplier karena seharusnya antara Purchase order dengan Invoice memiliki jumlah harga yang sama.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat