Mengenal Apa Itu Permalink dan Cara Settingnya

Mengenal Apa Itu Permalink dan Cara Settingnya

Wordpress Tutorial | Cara Setting Permalink WordPressJogja One Solution – Permalink muncul secara otomatis ketika kita sedang membuat halaman baru maupun melakukan posting di website sebab elemen ini dihasilkan oleh CMS (Content Management System) sesuai dengan setting yang telah ditetapkan. Bentuk dari permalink berupa ID unik permanen sehingga membuat permalink dari masing – masing website berbeda. Yuk kita mengenal apa itu permalink dan cara settingnya.

Apa Itu Permalink

Sebelum membahas mengenai apa itu permalink, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang URL. URL kepanjangan dari Uniform Resource Locator atau biasa kita sebut alamat website.

Menurut Wikipedia, Permalink merupakan kependekan dari permanen link kalau dalam bahasa indonesia disebut tautan permanen. Permalink adalah alamat URL yang diberikan untuk halaman pada website.

Jadi setiap halaman memiliki URL permalink yang berbeda-beda. Untuk Anda pengguna WordPress, saat membuat halaman atau post Anda akan mendapatkan alamat permalink secara otomatis, tetapi Anda bisa melakukan custom permalink sesuai dengan keinginan.

Fungsi Permalink

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama permalink adalah untuk memudahkan masuk pada halaman atau post dari website. Untuk itu dalam pembuatan permalink juga harus mudah diingat dan jangan terlalu panjang sehingga memudahkan saat mengaksesnya.

Fungsi permalink yang kedua adalah permalink memiliki dampak yang besar terhadap SEO website. Dengan memberikan permalink yang mengandung keyword, maka Google bisa mengetahui relevansi dari halaman tersebut. Untuk itu gunakan keyword-keyword pada setiap halaman menjadi nama permalink agar lebih mudah ditemukan oleh robot Google.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat