Mengenal Apa Itu Endorse dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Endorse dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Endorse dan Cara Kerjanya

4 Trik Rahasia Melakukan Endorse Untuk Bisnis AndaJogja One Solution – Semua pengguna akun media sosial pasti memahami apa itu endorse. Banyak artis atau selebgram berhasil mendulang uang dengan model promosi ini. Namun pernahkan kamu bertanya-tanya seberapa besar dampaknya endorsment untuk bisnis yang kamu jalankan?. Endorsment menjadi metode pemasaran produk yang berkembang dan semakin populer seiring dengan makin banyaknya pengguna Instagram. Cara ini memang jadi metode baru untuk mempromosikan produk dan mengenalkan produk lewat akun Instagram. Sebagian besar pemilik online shop paling tidak pasti pernah mencoba cara ini untuk meningkatkan penjualan. Kita perlu mengenal apa itu endorse dan cara kerjanya supaya produk yang kita jual semakin banyak dibeli.

 

Pengertian Endorse

Endorse adalah salah satu istilah tren saat ini yang berasal dari kata Bahasa Inggris “endorsement”, yang berarti tindakan memberikan dukungan kepada seseorang atau suatu brand. Biasanya, endorsement menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki banyak follower atau sedang hits karena suatu alasan.

Dengan kata lain, orang-orang ini mengiklankan suatu produk / layanan dengan meminjamkan nama atau fotonya. Tujuan utama dari endorse tentu saja adalah mempengaruhi target pasar dan meningkatkan penjualan. Semakin terkenal seorang endorser, semakin tinggi kemungkinan produk tersebut terjual dan semakin mahal pula tarifnya.

Cara Kerja Endorse

Cara kerja endorsement

Jika Anda adalah seorang pengguna Instagram dengan ribuan atau bahkan jutaan follower, maka Anda bisa membuka jasa endorse untuk menambah pemasukan. Jika Anda sebagai pihak yang memiliki produk/jasa, maka Anda bisa menjadi endorsement. Tapi sebelumnya, Anda harus tahu dulu nih bagaimana cara kerja endorse, yang dirangkum dalam lima poin berikut ini:

1.  Bersifat Publik dan Positif

Endorsement selalu bersifat publik. Artinya, siapa pun dapat mendengar, melihat, atau membacanya. Saat Anda di endorse, maka Anda harus mempromosikan produk / layanan tersebut di akun media sosial yang tidak di private, bukan hanya menyebarkannya di grup keluarga atau teman kantor.

Anda juga harus memberikan komentar pribadi tentang produk / layanan tersebut dengan pernyataan positif yang bisa menggaet banyak pembeli. Jika pernyataan Anda negatif, tentu saja Anda telah melanggar kontrak dengan pihak endorsement.

Namun, hal ini juga tergantung pada jenis endorse Anda sendiri. Ada endorser yang selalu mengikuti teks dari pihak yang memberikan endorse, tapi ada juga endorser yang ingin mengeluarkan opini pribadi secara jujur. Tipe kedua biasanya menyebutkan kekurangan dari produk tersebut namun juga tetap menjelaskan kelebihan-kelebihannya.

Paid promote atau biasa disingkat PP adalah promosi yang dilakukan oleh endorser (seleb/influencer) mengenai suatu produk / tempat / jasa dengan cara memposting materi di akun media sosialnya. Materinya sendiri sudah disiapkan oleh pihak endorsement, mulai dari foto hingga captionnya, jadi Si seleb hanya perlu memposting.

Karena effort iklan ini tidak banyak, maka tarifnya juga tidak mahal. Tapi tergantung juga pada seberapa banyak follower atau seberapa terkenalnya Si seleb tersebut. Sedangkan Paid Endorse atau disingkat PE adalah bentuk iklan yang foto produk dan captionnya dipikirkan / dibuat sendiri oleh pihak endorser.

Pihak endorsement akan mengirimkan barang, barang tersebut dipakai oleh Si Seleb, kemudian difoto dan diposting ke media sosial. Karena effortnya lebih banyak, maka harga untuk PE juga lebih mahal. Apalagi jika selebnya sangat terkenal atau sedang sering diberitakan. Durasi dari kedua postingan ini bisa bermacam-macam tergantung dari perjanjian kedua pihak, tapi umumnya mulai dari 2 jam sampai 24 jam.

3 . Tidak Mengikat

Endorse adalah bentuk iklan yang tidak mengikat. Pihak endorser hanya perlu memposting satu kali dengan durasi tertentu dan tidak ada kewajiban untuk terus menggunakan produk tersebut. Bahkan, endorser boleh memposting produk / jasa yang berbeda di hari yang sama. Misalnya, hari ini Anda memposting lipstik merk A, besok Anda merekomendasikan B, dan lusa Anda memposting merk C.

4.  Tanpa Kontrak

Perjanjian endorse bahkan tidak membutuhkan bicara tatap muka, karena semua proses bisa dilakukan via online atau by phone. Perjanjian juga tanpa tanda tangan kontrak, kecuali brand-brand besar. Sedangkan produknya bisa dikirim lewat jasa kurir / ekspedisi, jadi tidak perlu diambil atau diantarkan sendiri. Intinya, sistem kerja endorse jauh lebih mudah daripada iklan jaman dulu.

5.  Tricky

Jika Anda sebagai pihak yang memberikan produk, maka Anda harus tricky dalam memilih endorser. Berikut adalah beberapa tips endorse untuk pemula:

  • Target Pasar

Pertama, tentukan dulu siapa target pasar Anda. Apakah anak-anak, remaja, pekerja kantor, mahasiswa, atau yang lainnya? Selanjutnya, pilihlah endorser yang tepat, karena follower dari endorser Anda sama dengan target pasar Anda.

Jika produk Anda adalah pakaian bayi, maka pilihlah selebgram / artis wanita yang baru saja melahirkan atau memiliki balita. Jika produk Anda adalah makeup, pilihlah artis berusia muda yang memiliki kulit bagus dan terbiasa menggunakan makeup sendiri.

  • Cek Jumlah Komentar dan Like

Setelah menemukan selebgram/artis yang tepat, jangan buru-buru mengajak kerjasama. Cek dulu nih berapa banyak like dan komen yang ia dapat dari setiap postingannya. Jika jumlahnya sangat jauh dengan jumlah followernya, kemungkinan besar followernya adalah akun bodong. Begitu juga sebaliknya.

  • Cek Balasan Komen dari Si Seleb

Sebelum benar-benar bekerjasama, cek dulu bagaimana hubungan Si Seleb dengan followernya. Apakah interaksinya bagus? Atau justru sering beradu argumen? Ingat, tidak semua follower adalah fans, bisa juga haters. Jika interaksi keduanya tidak bagus, kemungkinan produk Anda diminati akan sedikit, begitu juga sebaliknya.

Nah demikianlah pembahasan mengenai endorsement dan cara kerjanya. Jika Anda sudah memahami semuanya, langkah selanjutnya Anda bisa langsung menghubungi selebgram untuk mencoba endorse pertama Anda. Itulah kenapa kita perlu mengenal apa itu endorse dan cara kerjanya.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat