Mengenal Apa Itu Docker dan Fitur-Fitur yang Dimilikinya

Mengenal Apa Itu Docker dan Fitur-Fitur yang Dimilikinya

Mengenal Docker dan Software Architecture | by Hanif Pratama | PsychoTeam |  MediumJogja One Solution – Menjalankan bisnis di dunia teknologi informasi berarti Anda perlu beradaptasi dengan perkembangan yang sangat cepat. Kecenderungan ini mendorong banyak developer untuk mengembangkan suatu sistem yang fleksibel dan bisa menjadi wadah bagi berbagai jenis aplikasi. Salah satu sistem yang bisa Anda manfaatkan adalah Docker, sehingga pada artikel Docker tutorial ini saya akan menjelaskan mengenai Docker.  Jika kalian belum tahu docker, yuk kita mengenal apa itu docker dan fitur-fitur yang dimilikinya.

 

Apa itu Docker?

Apa itu Docker? Docker adalah aplikasi open source yang digunakan untuk menyatukan berbagai macam file dalam pengembangan sebuah program perangkat lunak. File-file pendukung itu disebut dengan image. Kumpulan berbagai image tersebut nantinya disatukan dalam sebuah wadah yang disebut dengan Container.

Nah, Docker ini bisa dikatakan sebagai platform yang dibangun dengan teknologi Container sebagai dasarnya.

Docker pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 pada acara PyCon US oleh Solomon Hykes. Pada saat pertama kali diperkenalkan ini, para developer yang datang pada acara tersebut sudah menaruh perhatian yang besar pada Docker.

Tahun berikutnya, tepatnya pada bulan Juni tahun 2014, Docker akhirnya dirilis ke publik. Solomon Hykes menggandeng dua rekannya, yaitu Andrea Luzzardi dan Francois-Xavier Bourlet untuk mengembangkan platform ini menjadi lebih baik.

Usaha tersebut tidak sia-sia karena Docker kini telah menjadi salah satu platform populer yang digunakan oleh hampir seluruh developer di berbagai belahan dunia. Kepopuleran Docker sebagai sebuah platform berbasis teknologi Container membuat sebagian orang sering menganggap Docker merupakan istilah lain dari Container.

Fitur-fitur yang Ada Pada Docker

Setelah mengetahui apa itu Docker dan sejarah singkat mengenainya, sekarang saatnya Anda mengetahui fitur-fitur yang ada pada Docker. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai 6 fitur yang ada pada Docker, yaitu:

a. Docker Engine

Yaitu digunakan untuk membuat Image dan Container

b. Docker Hub

Yaitu registry yang berisi sekumpulan Image

c. Docker Compose

Yaitu fitur yang digunakan untuk menjalankan multi-Container sekaligus

d. Docker yang digunakan pada Mac

Dengan fitur ini, memungkinkan Anda menjalankan Container Docker pada Mac OS.

e. Docker yang digunakan pada Linux

Fitur yang memungkinkan Anda menjalankan Container Docker pada OS Linux

f. Docker yang digunakan pada Windows

Sesuai namanya, digunakan untuk menjalankan Container pada Windows

Keunggulan Docker

Kepopuler Docker telah membuat banyak perusahaan besar dengan lebih dari 500 hosts menggunakan platform ini sebagai arsitekturnya. Hal ini juga tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Docker. Apa saja keunggulan Docker? Berikut ulasannya.

1.  Konfigurasi Pada Docker Sangat Sederhana

konfigurasi

Agar sebuah aplikasi bisa dijalankan di berbagai lingkungan, tentunya membutuhkan konfigurasi yang cukup rumit. Namun dengan menggunakan Docker, konfigurasi yang dibutuhkan sangat sederhana karena hanya membutuhkan beberapa baris kode dan aplikasi bisa menyesuaikan diri di berbagai environment yang ada.

2. Docker Bisa Berjalan Pada Platform Multi-Cloud

cloud host

Docker juga terbukti memiliki fleksibilitas yang tinggi karena bisa berjalan di berbagai platform multi-Cloud. Tidak hanya fleksibel, Docker juga dikenal memiliki ukuran yang ringan sehingga tidak memerlukan banyak memori.

3. Keamanan yang Baik

Keamanan

Docker juga menawarkan sistem keamanan yang baik karena aplikasi tidak akan bisa mempengaruhi kontainer. Juga tidak ada yang bisa mengubah konfigurasi yang ada kecuali Anda memiliki akses penuh.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat