Mengatasi Error “Cannot Modify Header Information”

Mengatasi Error “Cannot Modify Header Information”

Mengatasi Error “Cannot Modify Header Information”

Mengatasi Error “Cannot Modify Header Information” - QwordsJogja One Solution – Mungkin Anda pernah (atau malah sedang) kesulitan karena menemui error pada website yang Anda kelola dengan menampilkan pesan “Cannot modify header information – headers already sent by …“. Jika anda bingung, yuk simak artikel ini cara mengatasi error “cannot modify header information” .

Penyebab Error Cannot Modify Header InformationIlustrasi penyebab error cannot modify header information

Sebelum masuk ke tutorial, penting rasanya untuk mengetahui alasan-alasan mengapa error cannot modify header information muncul di situs WordPress Anda.

Sebenarnya, karena WordPress menggunakan skrip PHP, alasan paling umum dari error ini adalah white spaces atau ekstra spasi yang ada pada file PHP Anda.

White spaces ini biasanya tidak sengaja ditambahkan saat Anda mengedit atau mengubah file WordPress Anda secara manual. Bahkan, satu spasi saja juga bisa menyebabkan error ini lho,

Nah, untuk memudahkan Anda memahami error cannot modify header information in, yuk kita lihat contoh dari error di bawah ini:

Warning: Cannot modify header information – Header already sent by (output started at /blog/wp-config.php line 14)

Di sini Anda dapat melihat bahwa pesan error ini sebenarnya juga menunjukkan lokasi dari error itu sendiri. Dalam kasus ini, white spaces ada di file wp-config.php pada baris 14.

Error cannot modify header information juga mungkin terjadi karena Anda memasang plugin yang berisi php skrip dengan white spaces atau ekstra spasi. Oleh karena itu, ada beberapa metode berbeda untuk troubleshoot dan memperbaiki kesalahan ini.

Cara Mengatasi Error Cannot Modify Header Information 

Ilustrasi mengatasi error cannot modify header information

Yang Anda butuhkan sebelum memulai tutorial ini adalah akses File Manager di kontrol panel akun hosting Anda. Jika Anda ingin melakukannya secara manual, Anda juga bisa menggunakan FTP client seperti FileZilla.

FileZilla biasanya digunakan untuk mengakses file WordPress tanpa harus masuk ke akun hosting Anda.

Nah, jika sudah menentukan metode yang paling pas untuk Anda, ikuti langkah langkah dibawah ini untuk mengatasi error cannot modify header information.

1. Edit Corrupted File

Metode pertama untuk mengatasi error cannot modify header information adalah mengedit file php yang rusak pada situs WordPress Anda.

Untuk mengetahui file mana yang rusak, perhatikan pesan error yang Anda dapatkan di situs Anda. Nama dari file yang rusak sebenarnya ditampilkan pada pesan error tersebut.

Setelah Anda tahu file mana yang rusak, begini cara mengakses dan mengedit file yang korup dari kontrol panel akun hosting Anda.

Disini kami menggunakan cPanel  sebagai contoh.

  1. Masuk ke akun hosting Anda dan temukan File Manager untuk mengakses root directory atau direktori root dari situs Anda.kontrol panel cPanel
  2. Biasanya direktori root situs Anda bernamakan public_html. Jika Anda tidak bisa menemukannya, tanyakan pada penyedia hosting Anda.
  3. Buka public_html direktori dan cari folder website Anda. Lalu, cari dan buka corrupted file yang menyebabkan error cannot modify header information.
  4. Klik kanan pada file yang rusak dan pilih Edit. Dalam kasus ini, file yang rusak adalah wp-config.php.direktori root di file manager
  5. Cari dan hapus white spaces atau ekstra spasi yang ada pada file php yang Anda buka.
  6. Setelah menghapus semua ekstra spasi yang ada pada file, pastikan untuk Save changes untuk menyimpan perubahan pada file tersebut.

Jangan lupa juga pastikan bahwa tag pembuka dan penutup PHP tidak menyisakan spasi setelah tag <?php dan ?>,

2. Menonaktifkan Plugin

Seperti yang tadi sudah dibahas, plugin yang baru diinstall juga mungkin membawa skrip php yang korup dan menyebabkan error cannot modify header information pada situs Anda.

Jika Anda baru-baru in mengunduh dan mengaktifkan plugin baru, cobalah untuk deactivate atau mematikan plugin tersebut dan lihat apakah error tadi akan tetap muncul.

Jika error cannot modify header information masih saja ada, coba matikan semua plugin di situs Anda untuk sementara dan lihat plugin mana yang menjadi penyebab error ini untuk terus muncul.

3. Instal Ulang WordPress

Jika kedua metode di atas tidak berhasil mengatasi error pada situs WordPress Anda, pertimbangkan untuk menginstal ulang WordPress Anda. Penginstalan ulang WordPress akan mengganti semua file yang rusak pada WordPress Anda.

Meskipun penginstalan ulang akan mengatasi error ini dengan instan, jangan lupa untuk melakukan WordPress backup sebelum menginstal ulang WordPress

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat