Mengasah Kemampuan Copywriting

mengasah kemampuan copywriting

mengasah kemampuan copywritingMENGASAH KEMAMPUAN COPYWRITING

Kemampuan Copywriting – Menurut Anda, perlukah kita melakukan tes kemampuan copywriting? Dalam suatu perusahaan di jaman yang modern digital ini tentunya membutuhkan tenaga ahli dalam segi pembuatan content. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan kemampuan copywriting.

Asah Skill Copywriting

Seorang copywriter pasti akan mengalami yang namanya titik jenuh atau berada disituasi stuck. Ia akan merasa kemampuannya dalam membuat content seperti itu saja, tidak ada perkembangan.

Walaupun Anda mungkin bukan seorang copywriter, tapi bisa Anda bayangkan situasi tersebut? Ya, sangat menjengkelkan.

Sebenarnya copywriting itu bisa dipelajari dan dikembangkan oleh semua orang, baik dari yang awam sekalipun sampai yang ahli.

Untuk mempelajari, ok. Bisa! Tapi bagaimana dengan mengembangkan dan mengasah skill copywriting saat situasi sedang stuck? Nah, ini nih!

Kebanyakan orang mencari tahu dan terus berpikir sampai akhirnya mereka menyerah mencari informasi yang dibutuhkan.

Jika terus dibiarkan, skill yang telah dimiliki menjadi tumpul dan bisa tidak terpakai lagi. Berbahaya!

Lalu adakah informasi atau tips untuk mengembangkan dan mengasah skill copywriting? Jika Anda bertanya demikian, maka Anda telah berada di artikel yang tepat.

Kali ini Anda akan diberikan banyak tips yang berguna untuk mengembangkan dan mengasah skill copywriting Anda.

Bagian istimewanya adalah semua tips ini pernah diulas oleh ahli copywriting yang telah menerapkannya selama 30 tahun.

Semakin penasaran? Mari kita mulai pembahasannya…

Mengasah Skill Copywriting? Simak Tips Berikut!

Pendiri Feldman Creative, Barry Feldman yang juga seorang ahli copywriting mengatakan bahwa dalam 30 tahun ini ia telah mengasah skill copywriting menjadi pro. Bagaimana ia melakukannya?

Seperti seni dan kerajinan apa pun itu, peningkatan akan terjadi jika melakukan hal ini :

  • Belajar dari yang terbaik, bagaimana mereka melakukan sesuatu.
  • Melatih diri.
  • Mengembangkan style dan kebiasan kerja Anda.

Berikut ada tips yang mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya, tapi Barry juga tidak mengklaim bahwa ini adalah ide miliknya, kebanyakan tips mengasah skill copywriting ini berasal dari orang-orang yang terbaik dalam bidangnya (copywriter sukses yang memilih untuk berbagi rahasia sukses mereka).

Inspirasi dan Pembelajaran

inspirasi

Mari kita membahas cara mengasah skill copywriting dari seni menulis dimulai – dengan inspirasi.

  • Sebut diri Anda penulis. Katakan. Saya seorang penulis. Tulis dan percaya hal itu. Penulis tidaklah istimewa. Penulis bukan hanya dilahirkan tapi dipelajari. Anda menjadi seorang penulis dengan mengaku menjadi salah satunya.
  • Membaca. Anda perlu membaca setiap hari. Baca karya dari penulis yang paling Anda nikmati dan kagumi. Bacalah tentang seni menulis dan segala buku. Untuk menjadi copywriter yang besar, Anda harus memiliki skill untuk menyatukan berbagai genre.
  • Mengambil kursus. Temukan beberapa guru online atau di mana saja dan serap pelajaran dari mereka. Jadikan belajar hal-hal baru sebagai top priority Anda setiap hari.
  • Copy bahan. Bentuk latihan yang mengejutkan ini sering direkomendasikan. Carilah pekerjaan yang bisa membuat Anda menulis dan mulailah tuangkan semuanya dengan mengetik. Ini akan membantu Anda agar dapat berpikir tentang topik apa yang baik untuk ditulis, bahkan akan membantu Anda dalam mengembangkan style Anda sendiri.
  • Membuat jurnal. Jurnaling tidak hanya memaksa Anda untuk menulis, dan juga memberikan Anda ruang untuk menangkap ide-ide Anda.
  • Menulis. Para penulis itu menulis. Tidak peduli apakah Anda payah atau berpikir Anda tidak bisa. Yang perlu dilakukan adalah berlatih. Teruslah berlatih dan Anda tidak akan menjadi payah dalam jangka waktu yang panjang.

Melakukan Penelitian

research

Menulis dan meneliti berjalan secara berdampingan. Anda mungkin berpikir melakukan penelitian hanya akan menjadi hambatan. Tapi tunggu dulu, posisi Anda akan mengalami perubahan yang positif. Aktivitas penelitian ini mungkin bisa menjadi bagian favorit dalam pekerjaan Anda.

  • Buat daftar pertanyaan. Tentukan tujuan dalam penelitian Anda dengan membuat daftar item yang ingin Anda ketahui lebih jauh.
  • Mendengar. Mendengarkan di sini maksudnya adalah sebuah proses penelitian yang di dalamnya terdapat unsur membaca, mengamati, menggali, dan sudah pasti, mendengarkan. Cari dan ikutlah berpartisipasi
  • Menyesuaikan diri dengan expert. Temukan siapa yang terbaik dalam copywriting dan pelajari bagaimana cara mereka berpikir. Ambil quotesnya, catat, dan buat teman-teman baru.

Mengorganisir dan Memulai

bigstock_Staying_Organized_1849701

Bagian tersulit dari semuanya adalah memulai. Tidak terkecuali copywriting, semua ide akan membantu Anda untuk berjalan. Daya tarik adalah segalanya.

  • Deskripsikan pembaca Anda. Apakah Anda tahu dengan siapa Anda berbicara? Bisakah Anda menjelaskan secara rinci? Jika Anda tidak tahu secara persis, bagaimana Anda akan membantu mereka? Jawabannya sudah jelas, tidak bisa.
  • Review sudut pandang Anda. Merangkaklah ke dalam pikiran pembaca Anda sekarang. Rasakan apa yang mereka rasakan. Lihatlah dunia dari sudut pandang mereka dan bersiaplah untuk terhubung.
  • Mengembangkan proposisi nilai Anda. Bersiap untuk menjawab 2-3 pertanyaan ‘mengapa’ berturut-turut sehingga Anda dapat mengartikulasikan secara tepat bagaimana Anda dapat memberikan nilai yang mengubah hidup.
  • Buat list. Garis besar akan sangat membantu. Daftar poin yang Anda butuhkan untuk mencakup semua ide yang ingin Anda sampaikan dan order yang akan dilakukan.
  • Prioritaskan. Sekarang order semua pesan Anda dalam gaya piramida terbalik. Susun dan ikuti dengan rinci urutan kepentingan. Isi bagian bawah dengan informasi latar belakang. Jika Anda perlu meng-cut, Anda bisa melakukannya dari bawah ke atas.
  • Menulis di dalam kepala. Ide bisa muncul begitu saja saat Anda melakukan suatu hal, seperti waktu berjalan, berkendara, atau mandi. Simpan semua yang muncul di kepala Anda.
  • Menulis bagian yang mudah. Apa yang membuat Anda menjadi lambat? Headline? Atau lead? Lompati dulu bagian yang sulit. Lakukan pemanasan dengan mengerjakan bagian yang mudah terlebih dahulu.
  • Muntahkan! Paralis yang menuntut kesempurnaan akan muncul ketika Anda mencoba untuk mengedit satu kalimat pada suatu waktu. Biarkan draft pertama Anda tertulis secara kasaran dan terlihat payah. Muntahkan kata-kata pada sebuah halaman. Anda akan membersihkannya nanti.
  • Menulis untuk teman. Apakah Anda merasa kaku? Tidak perlu khawatir, Anda bisa sharing cerita Anda dengan teman baik.
  • Menyusun sesuai kebutuhan. Tokoh legenda copywriting Eugene Schwartz menulis, “copy itu tidak ditulis. Copy itu disusun.” Jadi temukan potongan-potongan penting pada page dan susun semuanya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat