Mengapa Belajar Pemrograman Python?

Mengapa Belajar Pemrograman Python?

MENGAPA BELAJAR PEMROGRAMAN PYTHON?

Pemrograman – Bahasa pemrograman sekarang ini sudah sangat beragam salah satunya adalah python, mengapa kita perlu belajar tentang python?

Bahasa pemrograman yang ditawarkan Python memang pada dasarnya sangatlah sederhana. Ketika Java dan C++ membutuhkan barisan kode-kode yang menyulitkan dan tidak bisa dilakukan dengan mudah oleh pemula, Python sangatlah simpel karena menggunakan tata bahasa layaknya sedang berbicara dengan komputer.

Mengapa harus belajar Python?

  1. Python memiliki konsep desain yang bagus dan sederhana, yang berfokus pada kemudahan dalam penggunaan. Kode Python dirancang untuk mudah dibaca, dipelajari, digunakan ulang, dan dirawat. Selain itu, Python juga mendukung pemograman berorientasi objek dan pemograman fungsional.
  2. Python dapat meningkatkan produktivias dan menghemat waktu bagi para programmer. Untuk memperoleh hasil program yang sama, kode Python juga jauh lebih sedikit dibandngkan dengan kode yang ditulis menggunakan bahasa-bahasa pemograman lain seperti C, C++,C# maupun Java.
  3. Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll), termasuk untuk perangkat-perangkat mobile.
  4. Python memiliki banyak dukungan pustaka yang dikembangakan oleh pihak ketiga, misalnya pustaka untuk pengembangan web, pengembangan aplikasi visual (berbasis GUI), pengembangan permainan komputer (game), dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Melalui mekanisme tertenu, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.
  6. Terakhir, Python bersifat gratis atau bebas (free) dan open source, meskipun digunakan untuk kepentingan komersial.

Fitur Python

Banyak sekali fitur yang dimiliki Python sehingga menarik digunakan. Berikut fitur-fitur Python yang menjadi keunggulan darinya:

  • Berorientasi kepada objek.
  • Mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru. Modul tersebut juga bisa dibangun dengan bahasa Python.
  • Memiliki tata bahasa yang mudah dipelajari.
  • Didukung sistem pengelolaan memori secara otomatis sehingga membutuhkan kinerja saat coding.
  • Python juga memiliki banyak fasilitas pendukung sehingga ketika mengoperasikannya, terhitung mudah dan cepat.

Masih ada beberapa fitur Python yang menarik lainnya. Bagi yang ingin belajar coding, sebaiknya memulai terlebih dahulu di Python karena dibandingkan bahasa pemrograman yang lainnya, Python yang paling ramah dengan pemula.

Jadi, sekarang sudah tahukan mengapa perlu belajar python? Selain karena mudah dipahami untuk seorang pemula, sintax code nya juga sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat . . .

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat