Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku

Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku

Pentingnya Google My Business untuk Bisnis AndaJogja One Solution Google terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dan tetap menjadi pilihan yang terdepan. Salah satu cara untuk menyempurnakan pengalaman para pengguna online adalah melalui Google Bisnisku atau Google My Business. Google Bisnisku sendiri merupakan platform dimana konsumen dapat mencari bisnis dan layanan terdekat dengan posisi mereka melalui Google Penelusuran dan Maps. Sangat penting bagi para pelaku bisnis lokal saat ini untuk membuat akun Google Bisnisku dan mengoptimalkannya. Karena dengan cara ini maka bisnis mereka akan mudah dicari, ditemukan, dipilih dan dipromosikan. Pelanggan yang semula tidak mengetahui bahwa bisnis Anda ada, dapat menemukan bisnis Anda dengan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda. Berikut ini membuat website gratis dengan google bisnisku.

Website Gratis di Google Bisnisku

Apakah kamu pernah mendengar tentang Google My Business (GMB) atau Google Bisnisku? Jika belum tahu, Google Bisnisku adalah sebuah tools dari Google yang dibuat khusus untuk membantu bisnismu mendapat informasi atau “biodata” di Google secara gratis. Informasi ini akan muncul jika ada orang yang mencari bisnismu atau kata kunci terkait di Google Search dan Google Maps. Saat ini, Google Bisnisku juga menawarkan layanan untuk membuat dan mengelola website dengan mudah bagi para pebisnis pemula.

Inilah fitur website gratis yang akan membantumu mempunyai website tanpa berbayar yang dapat dikelola melalui dasbor Google Bisnisku. Melalui format website builder, kamu bisa dengan mudah membuat website bisnis dengan detail yang sudah kamu tambahkan mengenai bisnismu.

Meski tak banyak pilihan untuk mendesain halaman, tapi ini menjadi salah satu cara paling mudah bagi pebisnis pemula atau jika kamu ingin mencoba membuat website untuk bisnismu. Selain tak perlu mengeluarkan biaya, website-mu secara otomatis juga lebih mudah masuk dalam daftar kepemilikan bisnis (listing) di Google sehingga kamu bisa mengetahui jika ada perubahan atau pembaruan informasi dari Google Bisnisku, walaupun sebenarnya masih ada pilihan yang lebih baik untuk membuat website.

Cara Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku

Mengingat website gratis ini merupakan bagian dari Google Bisnisku, maka kamu perlu memiliki akun Google Bisnisku terlebih dulu sebelum membuat website gratis milikmu. Pelajari cara membuat akun Google Bisnisku pada artikel Panduan Lengkap Google Bisnisku. Jika sudah memiliki akun Google Bisnisku, ikuti langkah berikut untuk membuat website gratis dari Google Bisnisku.

  1. Kunjungi halaman Google Bisnisku lalu login untuk masuk ke dashboard dengan mengklik Kelola Sekarang.
    website gratis kelola sekarang
  2. Setelah berada di halaman dashboard, klik “Situs” di menu sebelah kiri seperti pada gambar.
    website gratis situs
  3. Tentukan nama yang ingin kamu gunakan untuk nama website gratis milikmu dari Google Bisnisku. Namun, karena nantinya kamu akan mendapatkan website gratis, mau tak mau kamu harus mengikuti aturan Google untuk menambahkan ekstensi domain “.business.site”.
    website gratis edit tampilan
  4. Kamu bisa mengostumisasi bagaimana tampilan website-mu terlebih dulu dengan mengklik icon yang berada di sebelah kiri dalam kotak pada gambar.
    website gratis menuKeterangan:
    1. Tema. Kurang lebih, ada 10 tema dasar dengan font berbeda yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan suasana seperti apa yang ingin kamu tampilkan di website gratis milikmu.
    2. Edit. Di “Edit”, kamu bisa menambahkan informasi lebih lengkap terkait bisnismu yang nantinya akan ditampilkan di Google Search da Google Maps.
    3. Foto. Pilih gambar apa yang ingin kamu gunakan sebagai header untuk website gratis milikmu.
    4. Lainnya. Pada menu ini, kamu bisa mengatur nama domain, verifikasi nama domain di Google Maps dan Google Search hingga membaca tips untuk mendapatkan pelanggan melalui Google Ads.
  5. Jika sudah selesai, klik Publish di sebelah kanan atas seperti pada gambar berikut.
    website gratis publikasi

Website gratis milikmu dari Google Bisnisku sudah jadi. Saat ini, kamu dapat mengunggah beberapa gambar atau foto produkmu di menu “Foto”. Selain itu, pengunjung website-mu juga dapat mengetahui secara spesifik di mana lokasi bisnismu dalam peta Google serta meninggalkan testimoni terkait bisnismu.

Namun, saat ini kamu tidak dapat menambahkan menu untuk menaruh katalog atau mengedit tampilan website seperti warna, font, bahkan tema yang khusus untuk toko online. Jika memutuskan untuk membeli domain di Google, kamu akan dipatok kurang lebih Rp165 ribu untuk domain saja.

Optimasi Website Google Bisnisku

Ada beberapa proses yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan tampilan website gratis di Google Bisnisku, berikut caranya.

Mengubah desain dengan tema yang sesuai. Fitur tema akan mengubah desain dan tampilan website-mu. Desain website memang menjadi salah satu faktor penting dalam pembuatan website. Pastikan bahwa tema yang kamu pilih sudah sesuai dengan branding bisnismu. Tema juga akan berpengaruh pada font di website-mu. Jadi pastikan pula kamu suka dengan tampilan headline dan description di website-mu.

Unggah foto berkualitas tinggi. Pastikan kamu menggunakan foto dengan kualitas yang baik. Foto sampul di website-mu tentunya sangat penting karena ini juga akan dilihat oleh para pengunjung di Google listing. Ubah foto sampul di website gratismu dengan mengklik Sampul di menu Foto seperti pada gambar.website gratis ubah sampul

Pilih Call-to-Action (CTA) yang baik. Setelah mengedit, kamu dapat memilih dari beberapa tombol utama yang banyak digunakan, pilih yang sesuai dengan tujuan dan bisnismu. Misalnya, jika bisnismu bergerak di bidang layanan, kamu bisa memilih tombol Get Quote yang akan meminta pengunjung website untuk mengisi formulir yang nantinya akan dikirimkan ke akun emailmu. Ada beberapa CTA yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa di antaranya:

  • Get directions. Menunjukkan jalan ke lokasi bisnismu melalui Google Maps.
  • Call now. Pengunjung bisa langsung menelepon bisnismu.
  • Find table. Jika bisnismu bergerak di bidang Food & Beverages (F&B), ini bisa berguna untuk mereservasi tempat di restoran atau tempat makanmu.
  • Place order. Tautan yang mengarahkan ke toko dan halaman order-mu.
  • Make appointment. Membuat janji jika layanan yang kamu tawarkan adalah jasa tatap muka atau melalui video call.
  • Message us (WhatsApp). Pengunjung website bisa menghubungi kamu melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Menggunakan Domain Sendiri pada Website Google Bisnisku

Website gratis dari Google Bisnisku memang cocok digunakan jika bisnismu tidak memerlukan pembaruan informasi. Tapi, jika bisnismu terus melakukan pembaruan katalog, perubahan harga, lokasi toko, dll, berarti kamu memerlukan hosting dan domain dengan fitur yang lebih dapat diandalkan.

Menurut penelitian Search Engine Journal, 22% konsumen selalu mengecek website sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan layanan atau produk dari bisnis pada website tersebut. Artinya, kredibilitas bisnismu juga perlu diperhatikan ketika membentuk sebuah kepercayaan dari pelanggan.

Jika memutuskan untuk membuat website-mu sendiri, kamu bisa mengunjungi halaman hosting Dewaweb. Setelah itu, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin mendapatkan tema dan plugin premium sekaligus domain gratis seumur hidup, kamu bisa melakukan pembelian minimal paket Warrior selama setahun.

Setelah mempunyai domain dan hosting sendiri, kamu bisa mengganti nama domain tersebut di Google Bisnisku. Ikuti cara berikut:

  1. Di halaman dashboard, pilih Info di menu sebelah kiri seperti pada gambar berikut.
    website gratis situs 2
  2. Scroll hingga kamu menemukan alamat situs yang hendak diganti lalu klik Edit yang ditandai dengan ikon pensil seperti pada gambar.
    website gratis pensil edit domain
  3. Ubah nama domain berekstensi “.business.site” menjadi nama domainmu.
    website gratis ganti ekstensi
  4. Selesai!

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat