Membangun Code Repository Bitbucket

Membangun Code Repository Bitbucket

MEMBANGUN CODE REPOSITORY BITBUCKET

Teknologi – Setiap layanan git pasti mempunyai code repository, Begitu pula pada bitbucket.

Yang belum tahu mengenai code repository dan bagaimana cara membangunnya. Disini kita akan membahas tentang itu.

Apa itu Code Repository?

Apa itu Code Repository? Dalam arti kata Code Repository berarti tempat penyimpanan kode. Arti kata itu ada benarnya juga, sebab Code Repository merupakan tools manajemen kode program dimana kita dapat mengerjakan rangkaian program secara bersama-sama dalam sebuah tim. Kemudian kode program yang kita buat di lokal komputer masing-masing dapat dipush ke penampungan code untuk kemudian di merge dengan hasil kerja programmer lainnya, melihat history lengkap perubahan program, membuat branch penampung program untuk menangani bugs, dan keuntungan lainnya.
Beberapa Code Repository yang terkenal adalah github.com dan bitbucket.org. Cobalah versi gratis dari bitbucket.org yang menyediakan code repo gratis dengan maksimal tim user adalah 5 orang. Jika Anda memiliki tim lebih dari 5 orang tentunya Anda harus menggunakan versi berbayar.

Langkah Membuat Code Repository

Langkah pertama adalah sign up di bitbucket.org. Lalu pilih Personal Account atau bisa juga pilih 5 users team karena itulah versi gratisnya.
Contoh tampilan signup bitbucket
Setelah Anda Sign up catat user dan password Anda baik-baik karena user dan password akan sangat diperlukan kemudian. Masuklah ketampilan Dashboard bitbucket Anda, Anda dapat membuat Repository, Membentuk Tim Programming dan sebagainya.

 

Tampilan Dashboard Bitbucket

Apabila Anda membuat Tim, maka pastikan salah satu anggota tim mem push data utama aplikasi web terlebih dahulu untuk kemudian di clone oleh masing-masing anggota tim lainnya. Kemudian dengan asumsi bahwa pada komputer Anda telah terinstall web server dan database server, cobalah membuat file php sederhana untuk contoh kasus code repository ini. Misal mesin Anda adalah Xampp, maka buatlah file php pada folder htdocs dan subfolder namaproject Anda. Kemudian cobalah edit file tersebut langkah per langkah. Kemudian pada cmd prompt atau git bash Anda ketik dahulu git remote add origin https://useranda@bitbucket.org/useranda/urlrepoanda.git (Url ini tinggal di copas dari akun bitbucket Anda).

Apabila Anda bekerja sebagai tim maka cobalah edit aplikasi yang sudah Anda clone sebelumnya lalu kemudian push data ke repo. Setiap langkah Anda dapat push data Anda ke Server Repository untuk dapat melihat perkembangan file tersebut. Pola pekerjaan Coding pada server repository memiliki prosedur yang berulang, yaitu :

Contoh tampilan pull data pada git bash
  1. Lakukan git pull origin nama_branch (Untuk memastikan Anda mendapatkan akses program yang teraktual dan mencegah file yang Anda pull nanti tidak di reject)
  2. git add namafile atau git add -A (Untuk memasukan semua file)
  3. git commit -m “Keterangan Jenis Perubahan” (Keterangan dalam tanda kutip akan tampak pada repo server nantinya)
  4. git push origin nama_branch (Untuk menaikan data ke branch tujuan pada Server Repo)
Contoh tampilan data commit pada Bitbucket

 

Demikian sekilas pembahasan mengenai code repository, semoga dapat membantu Anda memahaminya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat