Masalah Pada PC Yang Sering Dialami Dan Cara Mengatasinya

Masalah Pada PC Yang Sering Dialami Dan Cara Mengatasinya

MASALAH PADA PC YANG SERING DIALAMI DAN CARA MENGATASINYA

Arsitek Indo Kontraktor–  Bagaimana kalau PC sedang digunakan dan tiba tiba hang?, PC sedang dibutuhkan tapi mengalami masalah?, mungkin beberapa cara mengatasi masalah yang sering dialami PC dibawah ini bisa membantu anda.

PC Tidak Menyala Sama Sekali

Seluruh kabel listrik sudah terpasang dengan benar, namun ketika menekan tombol power seperti biasa, PC tidak bereaksi sama sekali alias seperti masih dalam keadaan mati? Ini berarti ada 3 kemungkinan:

  1. Mati lampu
  2. Kabel tidak terpasang sempurna
  3. Power Supply Unit rusak

Kalau kerusakan yang terjadi adalah poin 3, maka  mau tidak mau, harus membeli PSU baru.

Sumber: fthmb

Sumber: fthmb

 Tidak Bisa Masuk Windows

menghidupkan PC, tapi layar hanya menampilkan layar BIOS seperti di bawah alias tidak langsung menuju layar loading Windows.  kalau begini  artinya Windows kalian mengalami kerusakan. Solusinya? Well, sebenarnya kalian bisa mencoba terlebih dahulu melalui safe mode (tekan F8 atau yang sesuai dengan model BIOS bro sis). Tapi masalahnya, kalau menggunakan cara tersebut, resikonya cukup besar. Salah pengaturan sedikit, kacau semua. Oleh karenanya solusi paling aman, adalah meng-install ulang program Windows tersebut.

Sumber: hubstatic

Sumber: hubstatic

PC Menyala, Tapi Tidak Keluar Gambar

PC sudah menyala seperti biasa. Tapi monitor tidak kunjung menampilkan gambar (blank/hitam). Gampang, ini Cuma antara 2 masalahnya.

  1. Kabel monitor ke VGA rusak atau bermasalah.
  2. Kartu VGA rusak

Nah, biasanya Poin 1  yang lebih sering menjadi penyebabnya. Kalau demikian, pemecahannya ada 2. Pertama pastikan posisi serta sekrup kabel yang berwarna biru itu sudah benar-benar kencang.

Sumber: Lifewire

Sumber: Lifewire

Atau kalau masih bermasalah, berarti  harus membeli kabel monitor baru. Kabel monitor yang bagus adalah yang permukaan tali dan “kepala” kabel terasa benar-benar tebal kalau dipegang. Warnanya pun biasanya hitam semua (tidak berwarna biru seperti kebanyakan) dan tentunya, harganya pun berada di atas kisaran 100-150k.

PC Mati Tiba-Tiba

Sumber: Jonooit

Sumber: Jonooit

Well, selain (obviously) mati lampu yang tidak kita sadari, permasalahan ini biasanya juga dikarenakan Power Supply yang tiba-tiba rusak. Solusinya tentu kita harus mengganti PSU tersebut.

Blue Screen

hampir seluruh pengguna PC pasti pernah mengalami masalah super menyebalkan ini.  Dan yang lebih bikin darah tinggi lagi, kemunculannya sangatlah tiba-tiba/random. Lalu apa yang menyebabkan kerusakan ini?  Bisa dari Hard Disk, RAM atau VGA. Nah untuk mengetahui pastinya, anda harus membaca tulisan yang berada di atas tulisan Contact your system administrator.

Pasalnya, tulisan tersebut adalah pemberitahuan perangkat yang sedang mengalami masalah. Sekarang kita ambil saja contoh dari yang ada di foto ini. Kalau kalian lihat di foto tersebut tertulis “Beginning dump of physical memory” dan “Physical memory dump complete”

Sumber: windowsreport

Sumber: windowsreport

Nah, tulisan ini memiliki arti bahwa kerusakan terjadi di bagian RAM. Kalau memang demikian, tentunya bro sis, harus mengganti RAM. Kalau misalkan tulisannya “visual memory” atau ada kata “visual” saja, ini artinya VGA  yang bermasalah dan tentunya harus diganti juga.

Freeze/Hang Tiba-Tiba

Sumber: fwallpapers

Sumber: fwallpapers

Nah, inilah tipikal tanda komputer yang sedang hang/freeze. Penyebabnya pun beragam. Tapi pada umumnya, kerusakan ini disebabkan 3 hal.

  1. Aplikasi / Windows yang sedang dijalankan corrupt
  2. RAM mulai lemah
  3. Hard Disk mulai rusak

Akan tetapi, terkadang kerusakan juga disebabkan “sampah”/cache di hard disk sudah sangat penuh.

Kalau memang demikian, maka kalian harus segera melakukan Disk Cleanup (klik kanan di partisi HD utama lalu pilih Disk Cleanup) atau melalui aplikasi CCleaner.

PC Lemot/Lambat

 

Sumber: How To Make Computer Faster

Sumber: How To Make Computer Faster

Bisa karena RAM/memori berkapasitas rendah, VGA berkapasitas rendah, terlalu banyak “sampah”/cache atau yang paling umum membuka banyak aplikasi/program sekaligus. Kalau misalkan lambat yang terjadi berasal dari loading web browser atau salah satu halaman situs, maka kalian bisa me-refresh  atau membuka ulang web browser/ situs tersebut.

Tapi kalau masih lambat juga, ini artinya lalu lintas (traffic) di situs atau provider internet andamemang sedang padat sekali. Jadi sabar-sabar saja ya.

Nah , itulah tadi masalah pada PC yang sering dialami dan cara mengatasinya, kalau mengalami masalah diatas, jangan panik dulu ya!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat