Manfaat Internet di Bidang Sosial

Manfaat Internet di Bidang Sosial

Manfaat Internet di Bidang Sosial

Manfaat Internet di Bidang Sosial – Manfaat internet yaitu menjangkau berbagai macam aspek kehidupan, dari psikologi sampai finansial, dari pendidikan sampai kesehatan. Manfaat internet yang akan dibahas kali ini merupakan manfaat umum yang ditemukan pada kehidupan sosial sehari-hari. Keberadaan internet dapat dilihat sebagai tanda datangnya era informasi dan jasa yang dominan dalam keseharian. Beberapa manfaat internet antara lain.

 

  • Internet membuka potensi terwujudnya well-informed society

Era internet artinya era keterbukaan informasi. Keluasan akses informasi yang beredar sangat berguna bagi kita pencari informasi. Hampir semua informasi tentang apa yang kita butuhkan ada di internet. Persoalan validitas memang kemudian muncul. Namun dengan luasnya akses, komparasi terhadap informasi yang datang dari berbagai sumber mestinya menjadi modal untuk menyeleksi informasi mana yang valid, mana yang tidak. Cita-cita mewujudkan well-informed society atau masyarakat yang kaya informasi lebih mudah tercapai. Sebagai contoh, kita ditawarkan sebuah mobil bekas dari seorang teman. Dengan adanya internet, kita bisa periksa harga pasaran mobil bekas yang ditawarkan. Dengan demikian kecil kemungkinan kita menjadi korban manipulasi harga. Potensi terwujudnya masyarakat yang kaya informasi merupakan harapan umum dari manfaat internet

  • Internet memfasilitasi perluasan relasi sosial

Manfaat internet salah satunya dapat memperluas relasi sosial penggunanya. Platform digital memfasilitasi kemudahan untuk membangun relasi sosial secara lebih luas. Melalui internet kita dapat dengan mudah mencari teman dari teman kita, kemudian menjalin relasi pertemanan dengannya. Facebook adalah contoh media sosial populer yang memiliki kemampuan ini. Fitur grup pada beberapa aplikasi media sosial juga membantu kita untuk menemukan jejaring pertemanan di luar lingkaran teman kita. Manfaat internet yang paling kentara tentu saja relasi sosial kita menjadi lebih luas. Perluasan relasi sosial ini tentu bukan semata-mata peran dari internet, melainkan kita sebagai penggunanya. Setidaknya terbuka peluang bagi kita untuk melakukan perluasan jejaring pertemanan.

  • Internet menyediakan potensi peningkatan intensitas interaksi sosial

Kita bisa mengambil manfaat internet untuk interaksi dan komunikasi intens jarak jauh sehingga relasi sosial kita tidak hanya bertambah luas tetapi juga intens. Platform media sosial mempermudah interaksi sosial online. Kita bisa bertukar pesan dengan orang-orang yang kita pilih kapanpun dimanapun selama ada koneksi internet. Intensitas relasi sosial tentu bisa meningkat secara drastis. Dampaknya, secara sosial dan emosional akan muncul kedekatan yang membuat kita tidak merasa terisolasi dan kesepian. Potensi peningkatan intensitas relasi sosial bisa dilihat pada kasus ibu dan anak, misalnya. Seorang ibu yang membekali anaknya handphone agar dapat dihubungi ketika jauh. Lokasi fisik tidak lagi menentukan keintiman emosional, tetapi interaksi sosial-lah yang kini lebih berperan.

  • Internet memperbanyak peredaran informasi alternatif

Manfaat internet dapat berperan sebagai sumber info alternatif. Sebagai laboratorium informasi, internet menjadi sumber pengetahuan dengan beragam versi. Informasi yang kita cari diinternet hampir selalu memiliki beragam sudut pandang. Sebagai contoh, kita bertanya-tanya tentang invasi Amerika Serikat ke Iraq. Informasi media mainstream mengatakan sebagai perang melawan terorisme. Internet menyediakan beragam informasi alternatif yang mencoba menjelaskan mengapa invasi Iraq terjadi. Kebenaran atas informasi mungkin akan selalu diperdebatkan. Namun keberadaan informasi alternatif membantu kita untuk selalu penasaran terhadap apa yang sebenarnya terjadi. Media mainstream tak lagi dominan. Peredaran informasi alternatif merupakan salah satu manfaat internet yang membuat pengguna tidak menelan informasi mentah-mentah.

  • Internet menjadi media presentasi identitas diri

Manfaat internet dapat dilihat sebagai media presentari identitas diri. Internet terutama melalui media sosial menjadi media baru dimana kita bisa mempresentasikan identitas sosial kita. Misal, seorang traveller ingin mengenalkan diri sebagai pelancong berpengalaman yang mengunjungi berbagai negara, ia bisa menulis biografinya di media sosialnya sebagai traveller, backpacker, flaspacker, pengembara, atau identitas pejalan mandiri lainnya. Laman media sosial kita akan mempresentasikan siapa diri kita bahkan ketika kita offline. Artinya, presentasi diri tidak harus dilakukan dengan masuk ke ruang kelas atau seminar, memasang foto dan bio di media sosial sudah cukup bisa mengenalkan kepada khalayak siapa diri kita. Postingan foto dan caption yang kita buat sebenarnya merupakan sebuah presentasi online. Tentunya audiens yang mengenal kita adalah mereka yang terhubung dengan laman media sosial kita. Kita jelas bisa mengambil manfaat internet untuk social branding tentang siapa kita.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat