Manfaat Internal Link untuk Blog atau Website

Manfaat Internal Link untuk Blog atau Website

Internal link atau biasa disebut tautan internal adalah hyperlink yang mengarahkan pengunjung ke halaman web lainnya di blog atau website yang sama. Internal link adalah salah satu teknik SEO on-page yang masih banyak digunakan. Berikut adalah beberapa manfaat dari keuntungan internal link untuk blog atau website.

Meningkatkan Waktu Kunjungan Blog

Internal link menjadi salah satu cara agar visitor bisa betah berlama-lama di blog atau website. Waktu kunjungan lebih lama di blog adalah salah satu metrik yang digunakan mesin pencari menentukan kelayakan peringkat situs. Kalian perlu menyajikan konten tang berkualitas dan sarat informasi karena hal itu akan membuat pengunjung berlama – lama di website kalian, sedangkan bila artikkel yang kalian sajikan dangkal, pengunjung akan meninggalkan blog atau website klaian dengan cepat bahkan sebelum artikel selesai dibaca.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Internal link yang ditambahkan di artikel dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Internal link meniadakan perlunya pengunjung menggunakan menu navigasi atau kotak pencarian untuk menemukan artikel terkait lainnya. Internal link memberi kemudahan mendapatkan artikel terkait yang dicari. Dengan internal link, pengunjung cukup mengklik link untuk mendapatkan artikel terkait.

Membawa Lalu Lintas Pengunjung ke Artikel Lama

Artikel yang sudah dirilis lama biasanya akan terpendam dan jarang mendapat kunjungan, terlebih lagi bila artikel kurang dioptimasi ketika dibuat. Cara membawa lalu lintas pengunjung ke artikel lama adalah dengan menjadikan artikel tersebut link di artikel lain. Bila pengunjung selesai membaca artikel baru, diharapkan pengunjung akan menggali informasi lebih banyak lagi dengan mengunjungi artikel lama melalui internal link.

Mengurangi Rasio Pentalan (bounce rate)

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan blog atau website setelah membuka satu laman web saja. Semakin besar persentase bounce rate, semakin tidak bagus sebuah blog atau website, sebaliknya, semakin kecil persentase bounce rate, semakin bagus sebuah blog atau website. Internal link dapat mengurangi rasio pentalan dengan menampilkan informasi tambahan. Dengan mengklik internal link yang disediakan, pengunjung akan membaca artikel lain kembali dan tetap terlibat untuk berinteraksi dengan blog lebih lama.

Menyebarkan Ekuitas Tautan (link equity)

Sebagian dari kalian mungkin asing dengan frase atau istilah (term) “link equity” atau ekuitas tautan. Link equity yang juga disebut link juice adalah istilah yang digunakan di SEO yang merujuk pada nilai atau ekuitas yang diteruskan dari satu halaman web atau situs ke halaman web lainnya. Nilai atau ekuitas ini diteruskan melalui link (tautan). Link equity dapat membantu banyak halaman web lain untuk mendapat peringkat lebih baik. Link yang meneruskan nilai atau ekuitas menjadi salah satu dari sekian banyak sinyal yang digunakan mesin pencari untuk menentukan peringkat halaman.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat