Manfaat Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

Manfaat Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

Manfaat Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

6 Manfaat Instagram Bisnis Sebagai Cara Promosi | Infodigimarket | Tips  Strategi Digital Marketing | Info Digital MarketJogja One Solution – Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pemasaran Online Shopping Kehadiran sosial media di jaman modern seperti sekarang ini telah membawa banyak perubahan untuk dunia komunikasi. Sosial media tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi, tetapi juga menjadi sarana untuk mencari teman, berbagi foto bahkan sebagai sarana promosi bagi suatu bisnis toko online. Media sosial juga adalah alat yang telah tersedia sebagai sarana untuk meningkatkan target penjualan dan bisa juga sebagai sarana untuk mengetahui jangkauan dari semua kegiatan promosi yang dilakukan. Semua hal yang menguntungkan bisa saja terwujud, asalkan para pelaku usaha toko online bisa memanfaatkan media sosial dengan cara dan aturan yang tepat agar bisa menjalankan perannya sebagai tempat dan alat yang tepat untuk promosi dengan efektif. Berbagai macam sosial media populer seperti Twitter, Facebook hingga Twitter mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Dan salah satu sosial media lainnya yang mempunyai banyak manfaat jika digunakan secara optimal adalah Instagram. Simak yuk Manfaat Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

Di bawah ini, kami telah merangkum enam manfaat Instagram yang bisa membantu bisnis Anda berkembang. Sehingga nantinya, Anda bisa mengeksplor keuntungan Instagram di bawah ini untuk mempromosikan bisnis Anda dengan cara yang paling efektiff.

1. Platform yang populer

Seperti yang kita tahu, Instagram sangat populer karena penggunanya yang begitu banyak. Kebanyakan dari pengguna tersebut, menghabiskan waktu rata-rata 28 menit sehari untuk menjelajahi app ini di tahun 2020. Dan sudah jadi hal yang lumrah, jika mayoritas pengguna Instagram mengikuti akun toko online atau brand favorit mereka di Instagram. Tidak hanya itu, fitur yang paling digemari, yaitu ‘Stories’ digunakan oleh lebih dari 500 juta orang dalam sehari! Faktanya, generasi Millennial dan Gen-Z gemar mencari Stories dari produk dan layanan yang mereka ingin beli. Sekarang, Anda tentu paham kenapa platform ini bisa jadi cara ampuh untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnis Anda ke konsumen.

2. Plattform yang sangat visual

Sekitar 65% populasi penduduk merupakan pembelajar visual (visual learners), itulah mengapa platform seperti Instagram punya banyak penggemar. Instagram memang terbukti unggul untuk urusan memamerkan dan menjelaskan produk. Dengan bantuan Instagram, sebuah bisnis dapat mem-branding dan membangun karakter bisnisnya. Sehingga, bisnis tersebut bisa menyasar target pasarnya.

Contohnya, sebuah toko online yang menjual pakaian menggunakan fitur Stories untuk memamerkan koleksi terbaru mereka. Dari Stories itu, follower mereka jadi tahu apa saja produk yang baru saja rilis. Dengan begitu, nantinya akan banyak orang yang kemudian tahu tentang produk Anda. Anda juga punya kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari cara itu.  Namun, jangan lupa untuk menuliskan link website atau kontak bisnis Anda di bio. Atau, jika Anda memiliki follower lebih dari 10.000, Anda bisa menggunakan fitur ‘Swipe Up’. Dengan fitur ini calon pelanggan akan lebih mudah melihat produk Anda dan melakukan pembelian.

3. Memiliki jangkauan yang luas

Instagram memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia. Tentu saja, hal itu bisa terjadi karena app ini digunakan oleh orang-orang di berbagai negara di dunia.  Apalagi, kini Instagram memiliki fitur tab explore khusus untuk toko online. Dengan fitur ini, toko online memiliki jangkauan yang lebih besar ke para penggunanya. Karena jangkauannya yang luas, bisnis Anda tentu jadi punya kesempatan untuk menarik pelanggan dari luar negeri.    Nah, untuk memudahkan pelanggan dari negara mana pun untuk melakukan pembelian produk atau layanan Anda, website bisa jadi solusi. Di bawah ini ada sedikit  tips yang bisa Anda gunakan dalam berbisnis lewat website dan Instagram.

Pro tip: Untuk memperkuat akun Instagram bisnis Anda, pastikan untuk menggunakan username yang sama dengan nama domain bisnis Anda. Caranya? Tinggal daftarkan nama domain Anda dengan ekstensi domain baru seperti: .store, .tech, .site, .online, .fun, .space, dan lain-lain. Contohnya, nama domain Anda adalah www.yourkitchen.com. Jadi, Anda bisa menggunakan yourkitchen.site untuk username Instagram Anda.

4. Memungkinkan Anda beriklan ke pelanggan potensial

Manfaat lain dari Instagram untuk bisnis Anda yaitu Instagram Stories Ads. Fasilitas ini bisa jadi cara terbaik untuk mengiklankan produk Anda. Kami ambil satu contoh, yaitu brand The North Face.  Merek pakaian dan perlengkapan outdoor ini meluncurkan kampanye iklan di Instagram dengan cara yang keren. Iklan mereka berisi tiga gambar backpack yang berbeda. Dilengkapi dengan kalimat yang berbeda pula di tiap gambar.

5. Memberikan dukungan pada bisnis lokal

Meskipun merupakan platform populer di dunia, Instagram tetap mendukung bisnis lokal lho! Instagram memberikan fasilitas untuk menargetkan iklan Anda ke lokasi geografi yang spesifik. Bagaimana caranya? Anda bisa melihatnya di bawah ini:

  • Langkah ke-1

Siapkan halaman Facebook lengkap dengan lokasi Anda di sana, lalu sambungkan ke Instagram.

Langkah ke-2

Tandai lokasi Anda di gambar dan iklan yang Anda unggah. Dengan begitu, orang akan tahu bahwa bisnis Anda berada di dekat mereka.

cara mengatur lokasi geografis anda di facebook
  • Langkah ke-3

Perbarui pengaturan lokasi Anda dalam aplikasi Instagram untuk memberikan izin agar lokasi Anda bisa dilacak. Cara ini memastikan iklan Anda dapat dilihat oleh orang lain yang berada di lokasi yang sama dan yang layanan lokasinya (location services) aktif.

cara mengatur lokasi geografis di instagram

6. Memberikan komisi kepada pengguna

Masih ada satu lagi manfaat Instagram untuk bisnis Anda! Iklan Instagram ternyata bisa juga jadi kesempatan untuk memberikan komisi ke pengguna. Tujuannya tentu agar banyak orang tertarik dengan bisnis Anda.

Ada dua cara memberikan komisi yang terbukti efektif menarik lebih banyak pelanggan. Yaitu:

  • Undian Giveaway

Anda bisa memberikan giveaway menarik untuk mereka yang membeli produk Anda. Untuk memilih siapa yang pantas mendapat giveaway, Anda bisa mengundinya.

contoh undian giveaway instagram untuk bisnis
  • Kode kupon di Stories Ads

Anda juga bisa memasukkan kode kupon di Stories Ads Anda. Anda tentu setuju bahwa tidak ada orang yang tidak suka diskonan, kan? Dengan dua cara di atas, Anda tidak hanya akan mendapat pelanggan baru. Bisnis Anda tentu bisa mendapat lebih banyak pelanggan setia. Sehingga, nantinya dapat menciptakan brand bisnis dengan loyalitas yang kuat.

Saatnya Promosi di Instagram!

Dari manfaat Instagram untuk bisnis di atas, bisa disimpulkan bahwa Instagram bisa jadi salah satu strategi bisnis yang menjanjikan di tahun 2021. Selain itu, jika Anda ingin bisnis Anda sukses, tentu Anda perlu menggunakan platform yang diminati dan digunakan oleh banyak orang. Selama bertahun-tahun, Instagram telah menjadi platform yang kuat untuk sebuah bisnis. Baik untuk mengeksplorasi maupun menciptakan ikatan dengan target pasar.

Instagram merupakan sebuah platform yang tepat untuk promosi bisnis, membangun ikatan dengan pengguna, serta meningkatkan trafik dan penjualan.  Oh ya, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari Instagram, jangan lupa untuk belajar juga tentang strategi instagram marketing, ya! Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang mencari platform untuk memasarkan bisnis secara online. Tetap semangat dan sukses selalu!

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat