Macam Masalah Pada Monitor Komputer

Macam Masalah Pada Monitor Komputer

Macam Masalah Pada Monitor KomputerMACAM MASALAH PADA MONITOR KOMPUTER

Monitor Komputer – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tips mengatasi layar komputer terbalik atau menyamping. (Baca juga : Tips Layar Komputer Menyamping). Perlu Anda ketahui juga, bahwa masalah pada layar atau monitor ini terdiri dari beberapa macam. Kami akan mengulasnya!

1. Monitor LED sering berkedip

5 Masalah Utama Monitor LED dan Cara Menanganinya
Monitor LED sering berkedip (Sumber: Flat Panels HD)

Salah satu masalah yang biasanya muncul pada monitor LED yaitu layar yang tiba-tiba sering berkedip. Apabila hal ini terjadi, kamu tidak perlu khawatir. Komputer memiliki kemampuan maksimal monitor menampilkan frame dalam satu detik yang disebut refresh rate. Jika layar tiba-tiba sering berkedip, bisa saja ada masalah pada pengaturan refresh rate tersebut sehingga menyebabkan frekuensi gambar terlalu rendah.

Cara menanganinya cukup mudah. Pertama, klik display properties, lalu klik setting. Kedua, klik advanced, pilih tab monitor. Ketiga, akan muncul pilihan refresh rate. Cobalah refresh rate yang cocok sampai monitormu berhenti berkedip. Namun, jika penanganan ini telah dicoba dan monitor LED milikmu masih berkedip, sebaiknya kamu segera membawanya ke tukang servis, ya.

2. Tampilan monitor LED buram

5 Masalah Utama Monitor LED dan Cara Menanganinya
Tampilan monitor LED buram (Sumber: Samsung)

Masalah lain yang sering muncul yaitu tampilan monitor LED buram. Meski hal ini bukan masalah serius, namun tentunya tampilan monitor LED yang buram akan mengganggu kenyamanan kamu. Hal ini biasanya terjadi pada monitor LED yang memiliki umur lebih dari tiga tahun. Penggunaan monitor LED dalam waktu lama dapat menyebabkan masalah pada sirkuit amplifier.Cara memperbaikinya yaitu dengan membuka casing monitor LED kemudian mengencangkan board video amplifier dengan board raster.

Baca Juga : 5 Virus Komputer Berbahaya

3. Monitor LED tidak bisa menyala

5 Masalah Utama Monitor LED dan Cara Menanganinya
Monitor LED tidak bisa menyala (Sumber: LG)

Masalah selanjutnya dan paling mudah dideteksi adalah saat LED Monitor tidak bisa menyala. Jika kamu sudah menekan tombol power namun monitor LED tetap tidak mau menyala, ada beberapa solusi yang bisa kamu coba. Hal yang terpenting adalah kamu harus memastikan tombol powerdalam posisi on.

Pertama, solusi apabila lampu indikator monitor hidup. Kamu bisa memastikan kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU sudah dipasang dengan benar. Jika setelah itu monitor LED belum menyala, masalahnya mungkin pada sinyal video board adapter CRT. Bawalah pada ahlinya untuk penanganan lebih lanjut.

Kedua, solusi apabila lampu indikator tidak menyala. Kamu bisa memastikan kabel power ke arah outlet listrik dan kabel power pada monitor sudah dipasang dengan benar. Jika setelah itu monitor LED belum menyala, gantilah dengan kabel power lain.

Baca Juga : Jenis Komputer Dunia

4. Ukuran tampilan tidak sesuai

5 Masalah Utama Monitor LED dan Cara Menanganinya
Ukuran tampilan tidak sesuai (Sumber: YouTube)

Masalah keempat, yaitu ukuran tampilan pada monitor LED tidak sesuai. Tidak sesuai yang dimaksud adalah ukuran huruf, ikon, menu, atau semua tampilan yang muncul pada monitor LED. Ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar tentunya akan membuat kamu merasa tidak nyaman saat menggunakan monitor. Penyebabnya biasanya terletak pada resolusi monitor LED.

Kamu bisa menangani masalah tersebut dengan cara berikut ini. Pertama, klik kanan pada desktop. Kedua klik properties. Ketiga klik setting. Kemudian kamu bisa mengubah resolusi monitor LED sesuai kebutuhan, jika gambar tampilan terlalu kecil, maka kamu hanya perlu memperbesar resolusi monitor LED kamu.

Baca Juga : Kenali Cara Kerja Komputer

5. Warna monitor LED berubah

5 Masalah Utama Monitor LED dan Cara Menanganinya
Warna monitor LED berubah (Sumber: YouTube)

Masalah terakhir yang sering muncul pada monitor LED adalah berubahnya warna. Hal ini mungkin muncul karena perangkat elektronik yang ada menghasilkan medan magnet sehingga munculah perubahan warna. Kadang bisa muncul bercak biru pada monitor LED. Cara untuk menangani masalah semacam ini adalah dengan mencoba mendekatkan magnet pada sudut monitor LED. Kamu juga bisa mencoba menggunakan fitur degaussing pada menu kontrol monitor.

Itulah 5 masalah yang sering muncul pada monitor LED. Cara menanganinya cukup mudah dan dapat kamu coba terapkan. Namun, jika monitor LED kamu yang rusak tidak kunjung kembali normal, segeralah ke ahlinya untuk mendapat penanganan yang lebih serius. Seringkali masalah monitor dikarenakan hardware yang rusak, sehingga butuh penanganan khusus. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu, ya!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat