Macam Macam USB Type

Macam Macam USB Type

Macam Macam USB Type MACAM MACAM USB TYPE

USB Type – Sebagian bersar komputer sudah mempunyai koneksi USB. Bahkan perlu Anda ketahui juga, bahwa USB ini memiliki jenis dan macam-macamnya. Nah agar Anda tidak bingung membedakan antara beberapa jenis USB, yuk simak ulasan berikut ini.

Maca USB

Seringkali kita bingung, mengapa USB yang merupakan “Universal Serial Bus” ternyata punya banyak jenis dan tak hanya diwakilkan secara universal oleh satu kabel saja. Apa perbedaannya dari jenis satu dengan jenis yang lain? Hal ini penting untuk Anda ketahui karena perbedaan jenis ini mengacu pada pengembangan teknologi USB dan perangkat yang menggunakan teknologi ini yang juga makin canggih. Jadi, kabel yang Anda pakai sekarang ini mungkin akan hilang dalam waktu dekat.

Type-A

Kebanyakan konektor USB yang kita pakai sekarang menggunakan USB type-A. Mulai dari keyboard dan mouse di PC, hingga kabel transfer data dan charging untuk smartphone kita.

Type-B

Konektor dengan bentuk hampir ‘persegi’ ini, sepertinya agak jarang dipakai. Kegunaannya biasanya sama dengan type-A di mana berbagai perangkat yang terhubung ke komputer, smartphone dan kamera digital menggunakan USB type-B.

Mini-USB

Mini-USB adalah konektor standar untuk perangkat-perangkat mobile. Mini-USB lebih kecil ketimbang USB reguler, dan digunakan di perangkat kecil seperti smartphone, atau kamera digital. Mini-USB kini sudah ditinggalkan dan sebagian besar kini menggunakan micro-USB.

Micro-USB

Pembenahan bentuk dari Mini-USB, dan telah disepakati oleh banyak pabrikan untuk memproduksi berbagai perangkat mobile-nya dengan USB tipe ini. Bentuk USB inilah yang terdapat pada charger smartphone kita. Sebagai tambahan, hanya Apple yang tak menggunakan USB tipe ini.

Type-C

USB jenis ini adalah yang terbaru, dengan bentuk lebih kecil serta bisa dibolak-balik. USB Type-C menjanjikan kecepatan transfer lebih tinggi dan punya daya yang lebih kuat ketimbang jenis USB sebelumnya. Saat ini, USB Type-C sudah mulai banyak digunakan untuk beberapa laptop dan sebagian kecil smartphone dan tablet terbaru.

Lightning

Lightning sebenarnya bukanlah standar USB, namun secara umum digunakan oleh Apple untuk konektor iPhone dan iPad. Ukurannya serupa dengan micro-USB dan hanya bisa digunakan oleh perangkat Apple yang diproduksi di atas bulan September 2012.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat