Macam-macam Media Transmisi dan Pengertian

Macam-macam Media Transmisi dan Pengertian

Macam-macam Media Transmisi dan Pengertian

JOS – Saat ini sudah banyak sekali ang menggunakan media komunikasi  modern dan internet, mulai dari anak-anak sampai manula. Asalkan kalian tahu, saat kita mengirim pesan ke orang lain ada media yang berperan dibalik itu semua. Kali ini kita akan membahas babarapa macam-macam media transmisi dan pengertiannya.

Media transmisi adalah media yang membawa informasi dari pengirim ke penerima. Menggunakan berbagai jenis kabel atau gelombang untuk mentransmisikan data. Proses transmisi data dapat dengan cara normal yaitu melalui sinyal listrik ataupun elektromagnetik.

Macam-macam Media Transmisi

  1. Guided Transmisin Media

Guided Transmissin Media merupakan sistem transmisi jaringan yang menggunakan sistem kabel. Berikut adalah media transmisi kabel, antara lain :

  • Twisted Pair Cable

Merupakan transmisi yang terdiri dari 2 buah konduktor yang di hubungkan dengan tujuan mengurangi interferensi elektromaknetik dari luar. Twisted pair cable terbagi menjadi 2 macam, antara lain :

A.Kabel STP

Berisi dua pasang kabel yang dipilin tiap pasangan dan lebih rentan terhadap gangguan. Kekurangannya pada biaya yang mahal dan kesulitan saat instalansi. Jarak jangkauan hanya 100m.

B.Kabel UTP

kabel UTP Lebih banyak digunakan karena biaya lebih murah dan mudah dalam penginstalasian. Kekurangannya lebih rentan terhadap gelombang elektromaknetik. Jarak jangkauan hanya 100 m.

  • Coaxial Cable

Merupakan jenis kabel yang banyak digunakan untuk mentransmisi signal frekuensi tinggi 300Hz keatas.  Contohnya pada LAN (Local Area Network), Kabel antena TV. atau disebut juga sebagai kabel BNC. Memiliki perlindungan terhadap derau yang tinggi, murah dan mampu mengirim data dengan kecepatan standar(10Mbps-1000Mbps).

  • Optical Media

Merupakan saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lainnya. Terdapat 2 jenis serat optik berdasarkan mode transmisinya.

A.Single mode berfungsi mengantarkan data berkapasitas 8.3 sampai 10 mikrometer. Memiliki 1 jenis transmisi berkecepatan tinggi untuk mengantarkan data berkapasitas besar berjarak jauh. 50 kali lebih cepat dari multi mode.

B. Multi Mode yakni diameternya lebih besar 50-100 mikrometer. Digunakan untuk mengatar data besar kecepatan tinggi untuk jarak menengah

  1. Unguided transmission media

    Merupakan transmisi media jaringan gelombang. Jenis-jenis dari unguided transmission media antara lain :

  • Gelombang mikro adalah gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (UHF,SHF dan EHF)
  • Satelit yakni menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lainnya.
  • Gelombang radio adalah gelombang transmisi yang digunakan untuk mengirim data atau suara. Dapat mengirimkan gelombang dengan posisi sembarang dan memungkinkan dalam keadaan bergerak.
  • Infra merah digunakan untuk komunikasi jarak dekat dengan  kecepatan 4Mbps. Contohnya pada penggunaannya bisa berupa remote control televisi.

Itulah beberapa macam media transmisi beserta pengertiannya, Semoga Bermanfaat :))

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat