Macam Macam Malware Pada Website

MACAM MACAM MALWARE PADA WEBSITE

Jos– Malware adalah singkatan dari Malicious Software, Artinya sendiri adalah sebuah software yang dirancang dengan tujuan untuk membahayakan, menyusup, atau merusak sebuah komputer.Nah kali ini kita akan membahas macam macam malware pada website, Simak baik baik ya.

Backdoor

Backdoor adalah salah satu jenis malware yang bersarang pada website, biasanya backdoor ini menggunakan script shell-backdoor. Backdoor ini ditanam oleh hacker yang sudah menyusupi website Anda.

PopUp Ads Malware

Jika Anda menggunakan CMS WordPress dan sering menggunakan theme atau plugins yang nulled (free) yang didownload dari website yang tidak resmi, maka pasti Anda pernah merasakan ada Ads yang menempel di website. Ads Malware ini adalah termasuk malware injected, jadi dari scriptnya tersendiri sudah terinfeksi malware, ketika dideploy di website maka malware tersebut akan berjalan otomatis.

Ads ini bekerja jika Anda membuka website yang terinfeksi kemudian akan diredirect ke website asing.

Phishing

Ini juga termasuk salah satu bentuk malware, jenis ini termasuk berbahaya karena biasa digunakan untuk scamming. Yaitu bentuk penipuan atau seakan-akan menyamakan dengan yang asli. Halnya seperti halaman login ke Internet Banking, menampilkan form login tetapi sebenarnya bukan dari Bank resmi. Jika Anda tidak waspada, maka data-data yang Anda masukkan dapat masuk ke log Hacker dan dapat menyalahgunakan data-data Anda.

Spamming

Jenis ini menjadi salah satu ancaman terbanyak pada pengguna website di Internet, bagaimana tidak. Salah satu email account yang terdaftar di account hosting Anda dapat digunakan untuk mengirim email masal dan bertubi-tubi ke alamat yang berbeda, biasanya Hacker menyisipkan email scam untuk mendapatkan data yang di-inginkan dari target mereka.

Ransomware

Beberapa tahun lalu sempat viral berita tentang ada Ransomware yang menyerang hampir 200ribu komputer di 150 negara di Dunia. Yaitu Wannacry, yang mengakibatkan kerugian jutaan dollar, jenis ini melakukan deny access atau menolak akses ke komputer yang terkena Ransomware. Biasanya, korban diminta memberikan sejumlah uang dalam bentuk dollar, bitcoin untuk menebus data-data komputer mereka yang di-lock.

Botnet Attack

Jenis ini sangat berbeda dari beberapa jenis diatas, karena cara kerjanya ini melakukan attack seperti DDoS, menyebarkan malware ke website lain, bahkan spam dan scam. Botnet attack bekerja dengan sebuah script yang tertanam di server, dengan menggunakan cronjob maka botnet tersebut bisa berjalan otomatis sesuai waktu yang di-set pada Cronjob.

Nah, Itulah macam macam malware pada website yang perlu kita antisipasi, Semoga bermanfaat.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat