Macam-macam Kabel LAN

Macam-macam Kabel LAN

Macam-macam Kabel LAN

Kabel LAN – LAN atau Local Area Network adalah media transmisi Ethernet yang berfungsi menghubungkan piranti dalam jaringan komputer. Kabel LAN yang paling sering kita jumpai adalah kabel UTP, yang banyak tersedia di warnet atau lab komputer. Namun, taukah kalian kalau kabel juga dibagi menjadi beberapa jenis?

Macam-macam kabel LAN

1. Kabel Coaxial

kabel jaringan

Kabel Coaxial adalah kabel yang terdiri dari dua penghantar, salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikelilingi oleh penghantar satunya lagi dengan pola lilitan melingkar. Kabel coaxial memiliki prinsip kerja dengan cara menghantarkan arus listrik dari sumber listrik ke tujuannya.

Pada masa kini kabel jenis coaxial sudah jarang digunakan dan mulai ditinggalkan, hal ini diakibatkan karena port konektor BNC sudah jarang di temukan pada perangkat komputer ataupun perangkat jaringan lain. Selain itu instalasi jaringan dengan kabel coaxial ini sulit dan butuh ketelitian dalam memasang konektor.

2. Kabel UTP

kabel jaringan

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah sepasang kabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari 2 atau lebih pasang kabel. Dalam penerapannya kabel UTP sangat rentan akan intervensi terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel ini banyak digunakan untuk jaringan telepon dan juga jaringan LAN Kecil.

3. Kabel STP

Kabel STP (Shielded twisted pair) ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari pada kabel UTP. Pada kabel STP memiliki kabel perlindungan di dalam lapisannya untuk melindungi kabel twisted pairnya. Dengan lapisan tersebut membuat kabel STP memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan kabel UTP dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.

4. Kabel Fiber Optic

kabel jaringan

Kabel jenis ini sangat berbeda dengan jenis kabel yang sudah disebutkan diatas, kabel jenis fiber optic tidak menggunakan tembaga sebagai penghantar. Kabel fiber optic terbuat dari serat kaca yang amat tipis. Oleh karena terbuat dari serat kaca maka sinyal yang dikirim berupa cahaya dari sumber ke tujuan.

Itu sebabnya kabel jenis ini lebih cepat dalam mentransmisikan data dibanding dengan jenis kabel yang lain. Namun kabel ini memiliki kelemahan jika tertekuk akan timbul noise yang mengganggu pengiriman data.

Itulah ulasan mengenai macam-macam Kabel Jaringan Komputer Semoga bermanfaat yaaa….. Terimakasih 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat