Lima Contoh Budaya Perusahaan yang Unik

Lima Contoh Budaya Perusahaan yang Unik

Lima Contoh Budaya Perusahaan yang Unik

5 Budaya Kerja di Amazon yang Bisa Anda Contoh di PerusahaanJogja One Solution –  Budaya kerja mencerminkan nilai-nilai sebuah perusahaan dan dapat membawa dampak positif bagi karyawannya. Oleh karena itu, banyak orang yang kini memilih untuk bekerja di perusahaan startup karena terkenal memiliki budaya kerja yang asyik dan modern. Selain memiliki dampak positif secara internal, budaya perusahaan yang baik dan mendorong semangat bekerja dapat membantu sebuah bisnis memenangkan persaingan. Dalam artikel ini akan di bahas lima contoh budaya perusahaan yang unik.

1. Google

Budaya perusahaan Google merupakan representasi dari prinsip sederhana “bagaimana membuat pelanggan bahagia, dengan cara membuat karyawan bahagia”. Nilai-nilai utama yang dianut berpusat pada fleksibilitas, komunitas, kreativitas dan pengembangan.

Karyawan Google bisa menikmati fleksibilitas berupa kebebasan untuk menata ruang kerja. Mereka juga disediakan fasilitas hiburan seperti video games. Selain itu, tersedia juga ruangan khusus untuk beristirahat tidur siang, yang bisa membantu memulihkan energi dan semangat karyawan.

Posisi nomor satu untuk perusahaan dengan budaya kerja terbaik adalah Google. Menobatkan diri sebagai raksasa internet tidak menjadikan Google kaku pada karyawan.Justru, dapat dikatakan bahwa Google adalah pelopor dengan gaya bekerja yang santai, bahkan terlalu santai menurut beberapa orang.

Tidak usah membayangkan jika para karyawan Google mengenakan seragam atasan dan celana yang sama antara satu pekerja dengan yang lain. Anda tidak akan menemukannya.Tidak ada dasi, jas, kemeja putih, dan seperangkat outfit formal lainnya. Para karyawan dibebaskan menggunakan pakaiannya, selama dirasa nyaman untuk bekerja.

Bukan hanya soal pakaian, karyawan sangat dimanjakan dengan banyak fasilitas yang ada. Mulai dari tunjangan jika memiliki prestasi bagus, makan siang gratis, pesta dan liburan, sampai layanan gym di dalam kantor.

2. Netflix

Perusahaan streaming film dan serial ini memberikan tunjangan yang bombastis bagi pegawai yang akan melahirkan atau menyambut kelahiran anak, yakni cuti tanpa batas. CEO Netflix Reed Hastings setiap tahun mengambil cuti selama 6 pekan dan mendorong para pegawainya untuk melakukan hal yang sama. Nilai-nilai utama yang dijunjung tinggi dalam Netflix adalah fleksibilitas, kejujuran dan keterbukaan. Budaya perusahaan Netflix sudah mulai ditanamkan, bahkan pada tahapan seleksi karyawan. Bagi Netflix, pribadi dengan moral yang baik adalah lebih bernilai, ketimbang pribadi dengan skill yang tinggi akan tetapi moralnya buruk.

Fleksibilitas dalam Netflix diterapkan dengan pemberian waktu liburan yang lama untuk karyawan untuk mendorong penjadwalan jam kerja yang fleksibel dan optimal.

Nilai utama lain yang dijunjung tinggi dalam Netflix adalah kejujuran dan keterbukaan. Para karyawan didorong untuk terbuka satu sama lain, jujur mengutarakan apa yang ada di pikirannya, termasuk dengan atasan.

3. Amazon

Fokus utama dari perusahaan Amazon adalah memberikan kesan dan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan. Untuk mencapai itu, Amazon menerapkan standar yang tinggi, yang kemudian menjadi budaya perusahaan.

Karyawan didorong untuk memberikan pelayanan terbaik mereka. Pelayanan terbaik bisa dicapai, menurut Amazon, adalah melalui tim-tim kecil. Dari pandangan itulah lahir prinsip “Aturan Dua Pizza” : Untuk menghasilkan output maksimal, sebuah tim tidak boleh lebih besar dari seberapa banyak orang bisa menikmati dua pizza.

4. Buffer

Budaya perusahaan Buffer dibentuk oleh pengembangan personal, kerendah-hatian, mendengar, dan transparansi. Buffer memiliki kebijakan untuk memberikan keterbukaan kepada karyawan dan pelanggan, dan mendorong mereka untuk melakukan hal yang sama.

Buffer juga mendorong peningkatan skill karyawan dan membuat lingkungan yang mendukung inovasi.

5. Zappos

Budaya Perusahaan ini memiliki budaya yang unik, yang bertumpu pada kepercayaan, kepribadian dan pelayanan kepada pelanggan. Menghargai ide-ide dari karyawan, sebuah budaya yang mendorong tumbuhnya kepemimpinan dan lingkungan kerja yang positif. Karyawan diberikan kelonggaran terkait pakaian, jam kerja, dan didorong untuk berbagi ide dengan supervisor.

Kesimpulan

Budaya adalah produk dari buah pikir dan akal budi manusia. Pada akhirnya, tidak ada budaya perusahaan yang sempurna. Akan tetapi kita bisa mengambil saripati-saripati positif dari budaya di perusahaan-perusahaan besar, dan bisa diterapkan dalam perusahaan kita. Dengan adanya budaya yang baik, akan mendorong tercapainya kesuksesan dalam waktu yang cepat dan berkesinambungan.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat