Langkah-Langkah Submit Website

jasa pembuatan website jogja

jasa pembuatan website jogjaLANGKAH-LANGKAH SUBMIT WEBSITE

Jasa Pembuatan Website Jogja – Apa yang kalian ketahui tentang submit website? Seberapa perlukah dilakukannya submit website? Selain itu, bagaimana cara atau langkah submit website? Mungkin yang menjadi pertanyaan utama saat ini, apa sih submit website itu? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Submit Website

Sebelum melakukan submit website ke search engine, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui arti dari submit website. Definisi “submit” sebenarnya cukup bervariasi tetapi secara harfiah arti “submit” adalah “menyampaikan” atau “menyerahkan”. Submit website ke search engine artinya menyampaikan atau menyerahkan suatu website ke suatu direktori, dalam kasus ini disampaikan (didaftarkan) ke direktori mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Ketika melakukan submit website, URL (alamat website) didaftarkan ke mesin pencari tadi untuk meminta mereka agar website tersebut untuk selanjutnya masuk dalam absensi mereka, dengan kata lain “di-indeks searh engine”.

Manfaat Submit Website

Meskipun submit website ke search engine tidak wajib dilakukan oleh pemilih website, tetapi banyak keuntungan yang dapat diperoleh apabila hal ini dilakukan dengan bijak. Tanpa submit URL ke search engine (mesin pencari) pun pengunjung dapat mengakses suatu website dengan menulis langsung alamat website tersebut melalui browser internet seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera. Bagaimana jika website tersebut baru dibangun dengan nama domain yang baru pula? Apakah mereka dapat mengetahu alamat website tersebut?

Ketika pengunjung (pengakses) internet melakukan pencarian di search engine untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, mereka biasanya menulis kata kunci (keyword) melalui kotak pencarian, bukan dengan cara menulis alamat website di browser. Hasil pencarian tersebut akan menampilkan semua situs yang memiliki kata kunci yang dicari tadi. Semua situs tersebut adalah situs yang telah terdaftar (terindeks) di mesin pencari yang bersangkutan. Salah satu teknik untuk mempercepat proses indeks adalah dengan cara submit website ke search engine tersebut.

Minimal Submit Website ke Search Engine Besar

Banyak sekali search engine di dunia maya yang telah mengindeks banyak URL tetapi sebaiknya website di-submit pada search engine besar seperti Google, Yahoo, dan Bing. Cara submit-nya pun cukup beragam, bisa secara manual, melalui penyedia jasa, atau menggunakan software khusus. Untuk mencegah spamming, sebaiknya submit website dilakukan sekai saja, tetapi kalau dirasa belum terindeks, sebaiknya jangan dilakukan setiap hari. Ada yang merekomendasikan seminggu sekali bahkan ada pula yang merekomendasikan cukup sebulan sekali.

Cara Sumbit Website Ke Google

  1. Buka URL http://www.google.co.id/add_url.html
  2. Tulis URL yang akan di-submit, biasanya cukup URL halaman depan (Home page) misalnya http://kang-soerip.blogspot.com
  3. Kolom Tambahkan Komentar dapat dikosongkan.
  4. Klik “Tambah URL”, jika diminta untuk login, silakan login dulu dengan akun Google Anda.
  5. Tulis kembali URL website yang akan di-submit, Isi kode keamanan (Captcha) kemudian klik “Submit Request”
  6. Tunggu sebentar sampai muncul tulisan “Your request has been received and will be processed shortly.” maksudnya URL telah berhasil di-submit.

Cara Submit Website Ke Yahoo

  1. Buka URL http://add.yahoo.com/fast/add?54397758 kemudian pilih cara submit website sesuai kriteria yang Anda inginkan yaitu submit berbayar atau submit gratis. Jika yang Anda pilih adalah cara submit gratis, pilih “Standard” dengan mengklik tombol “Standar Consideration”. Untuk langkah ini sebaiknya Anda login dulu ke Yahoo!
  2. Di halaman berikutnya tulis URL website kemudian klik tombol “Yahoo! Directory Search”.
  3. Sampai langkah ini proses submit website ke Yahoo! sudah selesai.

Cara Submit Website Ke Bing

  1. Login ke Bing kemudian buka http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url.
  2. Tulis URL Website Anda, tulis kode keamanan kemudian klik “Submit”`
  3. Tunggu sebentar sampai proses selesai. Jika Anda sudah mempunyai akun Webmaster Bing, Anda dapat langsung login, kalau belum, Anda dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Submit Website ke Alexa (Claim)

  1. Login ke Alexa.com kemudian buka http://www.alexa.com/siteowners/claim.
  2. Tulis URL website kemudain klik “Claim Your Site”
  3. Jika Anda memilih yang gratis (Free), Anda harus daftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol “Sign Up”
  4. Di halaman berikutya Anda dapat memilih salah satu dari dua opsi untuk mengklaim website yaitu: Pertama, dengan cara men-download kode verifikasi Alexa ke komputer, upload kode verifikasi website tersebut ke root directory tempat hosting website Anda, kemudian klik tombol “Verify the file on your site”.
  5. Cara kedua adalah dengan menyimpan kode verifikasi Alexa di antara tag dan kemudian klik tombol “Verify my ID”.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat