Kunci Sukses Strategi Pemasaran Produk dan Jasa

Kunci Sukses Strategi Pemasaran Produk dan Jasa

7 Tips Sukses Menjadi Seorang Marketing - Lifestyle Liputan6.comJogja One Solution – Suksesnya pemasaran suatu produk atau jasa menjadi indikator suksesnya bisnis yang Anda jalankan. Untuk memenangkan pasar, diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Selain itu, pastikan kualitas produk menjadi poin penting dalam menyusun strategi pemasaran. Setelah itu, rancanglah strategi pemasaran yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan secara terkontrol, dinamis, dan kreatif. Berikut ini kunci sukses strategi pemasaran produk dan jasa

 

 

 

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah sebuah cara yang digunakan oleh perusahaan untuk meraih target yang telah ditentukan. Biasanya target ini merupakan target penjualan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca juga: Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis

Penetapan cara penjualan akan didasari oleh berbagai logika pemasaran yang sejalan dengan visi misi sebuah perusahaan. Hal ini akan mencakup dasar pengambilan keputusan untuk menentukan bagaimana cara memasarkan produk dengan efektif sehingga target perusahaan dapat tercapai.

Kemampuan persaingan sebuah perusahaan juga wajib diperhatikan dalam menentukan cara pemasaran produk atau jasa. Agar perusahaan memiliki daya saing yang tinggi, cara pemasaran harus benar-benar diperhitungkan supaya hasil pemasaran mencapai target yang optimal.

Trik Penjualan yang Efektif

strategi penjualan

Berbicara mengenai cara pemasaran, tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Mulai dari proses planning hingga pada proses penjualan, harus ada target atau objectives yang harus dicapai. Dari setiap poin tujuan tersebut, pihak pemasaran wajib memenuhi poin tersebut satu per satu.

Dengan membuat strategi pemasaran efektif, hasil yang dicapai lebih optimal dengan target yang telah ditentukan. Cara pemasaran tidak harus selalu berpatok pada target penjualan. Namun, dengan melakukan pemasaran secara efektif, target penjualan akan lebih mudah untuk dicapai.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai langkah awal untuk melakukan pemasaran. Berikut ini adalah contoh strategi pemasaran barang atau jasa yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan.

1.The Power of Social Media

Dimasa seperti saat ini, tidak ada yang meragukan kemampuan dari sosial media. Banyaknya pengguna sosial media membuat sosial media sangat efektif untuk dijadikan sebagai salah satu cara pemasaran produk barang atau jasa dengan efektif dan cepat.

2.Key Opinion Leaders

Key opinion leaders merupakan cara pemasaran yang menggunakan jasa influencer atau orang yang dianggap berpengaruh untuk melakukan promosi. Setiap produk membutuhkan influencer yang berbeda dan telah disesuaikan dengan spesifikasi produk yang akan dijual.

3.Affiliate Program

Berbicara mengenai affiliate program, cara ini sebenarnya tidak jauh dari sistem kerjasama dengan jasa iklan perorangan atau dengan perusahaan lain. Dengan sistem kerjasama tersebut, kedua belah pihak akan saling mempromosikan produk yang akan dijual.

4.SEO dan Blog

Mesin pencari atau search engine telah menjadi salah satu media penting untuk melakukan pemasaran. Dengan mengoptimalkan posisi sebuah iklan atau artikel pada mesin pencari, tingkat penjualan akan mengalami peningkatan karena target pasar dapat dipenuhi dengan cepat.

Strategi Pemasaran Produk

pemasaran produk

Strategi pemasaran produk merupakan cara untuk memasarkan produk yang tepat sasaran dan efektif untuk dilakukan. Pemasaran produk erat kaitannya dengan cara menjual produk untuk kalangan yang lebih luas. Penentuan pangsa pasar, kuantitas dan target penjualan menjadi kunci utama.

Dalam memasarkan produk, perusahaan tidak bisa hanya memperhatikan kuantitas dari produk tersebut, namun kualitas dari produk yang akan dipasarkan juga  harus selalu ditingkatkan.

Agar pemasaran produk lebih efektif, ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Berikut adalah contoh strategi pemasaran produk untuk meningkatkan daya saing sebuah produk sehingga target pemasaran dapat tercapai dengan baik.

1.Penentuan Target Pasar

Pemasaran produk diawali dengan proses penentuan strategi pasar. Tahap ini adalah penilaian untuk menentukan segmen pasar seperti apa yang akan dijadikan sebagai target utama penjualan. Penentuan target yang tepat dapat mengoptimalkan hasil penjualan.

2.Optimalkan Promosi

Bila target pasar telah ditentukan, proses promosi harus dioptimalkan. Promosi akan menghasilkan output yang tinggi bila dilakukan dengan cara yang tepat. Penentuan cara promosi juga membantu untuk mencapai target penjualan.

3.Tingkatkan Kualitas Produk

Strategi pemasaran efektif dan cepat menuntut pihak produsen untuk meningkatkan kualitas produk. Konsistensi dan peningkatan kualitas dapat membantu memperbaiki hasil penjualan sebuah produk.

Contoh Strategi Pemasaran

strategi

Cara pemasaran bisa dilakukan dengan beberapa metode, seperti penggunaan sosial media, penggunaan affiliate marketing dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, dan pengoptimalan posisi pada mesin pencari seperti Google atau Bing.

Di era teknologi seperti saat ini, promosi melalui sosial media bisa dilakukan secara langsung dengan membuat iklan dari akun perusahaan. Iklan bisa ditampilkan pada platform sosial media ternama seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Selain dengan melakukan pembuatan konten promosi melalui sosial media, langkah efektif lain bisa dilakukan dengan membuat website e-commerce untuk kebutuhan promosi dan transaksi jual-beli. Dari website, produk juga bisa diiklankan atau dipromosikan melalui Google Ads.

Kesimpulan

Pemasaran sebuah produk seharusnya dilakukan secara efektif sehingga seluruh target dapat tercapai dengan cepat dan tepat. Strategi pemasaran juga bisa terus ditingkatkan dengan peningkatan kualitas produk sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan cara-cara digital branding, misalnya seperti membuat website dengan nama domain populer dan hosting murah, membagikan konten inspiratif di media sosial, atau melakukan endors ke selebgram terkenal.

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Iklan di YouTube

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat