Kumpulan Istilah Dalam Web Hosting Untuk Pemula

Kumpulan Istilah Dalam Web Hosting Untuk Pemula

Kumpulan Istilah Dalam Web Hosting Untuk Pemula

Panduan Web Hosting Bagi Pemula - IDwebhostJogja One Solution – Hosting adalah jasa pelayanan tempat(space) buat menaruh data text, gambar, audio & video yg kemudian file-file tersebut dapat terakses dari mana saja (online). Hosting serta terlengkapi bersama sarana protokol seperti FTP & HTTP buat memudahkan dalam terhubung data, tidak cuma itu hosting pun mampu dipakai buat mengelola email. Berikut ini kumpulan istilah dalam web hosting untuk pemula.

 

 

 

 

 

Istilah Dalam Web Hosting

Dalam dunia web hosting, ada banyak istilah-istilah yang kurang familiar  telingga terutama untuk para pemula yang akan membuat website pertama kali. Selain itu untuk Anda yang sudah paham dalam dunia web hosting bisa membaca ulang agar tidak salah dalam penafsiran makna. Berikut penjelasannya.

1.  Hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan file berupa text, gambar, audio dan video yang nantinya akan terakses oleh para pengguna internet lewat website. Ini memiliki banyak jenisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

2. Shared hosting

Shared hosting adalah paket layanan hosting paling murah jika dibandingkan yang lainnya. Ini ibarat rumah kostan yang pada dalamnya terdapat kamar-kamar yang tersewakan secara terpisah. Inilah alasan mengapa shared hosting bisa murah. Nah shared hosting adalah server yang didalamnya digunakan oleh lebih dari satu pengguna.

3. WordPress hosting

WordPress hosting adalah layanan hosting yang dikhususkan untuk pengguna WordPress. Fitur yang menjadi pembeda adalah adanya optimasi khusus untuk WordPress, cloud based hosting, SSD ultrafast, Cloudflare support, HTTP2, SSL, Litespeed API, bebas set PHP, Brotli image compression dan lain sebagainnya.

4. VPS

VPS (Virtual Private Server) adalah layanan server bersifat pribadi/private yang  keseluruhan resource servernya tergunakan khusus untuk satu pengguna saja tidak tergabungkan dengan pengguna lain. Ibarat rumah, Anda menyewa rumah sendiri tidak ada penyewa lain dalamnya, sehingga Anda bebas mengelola rumah tersebut mau menggunakan untuk apa.

5. Disk space

Disk space adalah kapasitas ruang penyimpanan yang disediakan oleh provider hosting. Beberapa data yang sering disimpan seperti text, gambar, audio, video, program, software dan lain sebagainnya. Biasanya besaran disk space berbeda setiap paketnya, makin mahal maka makin besar disk space yang akan Anda dapatkan.

6. Bandwidth

 

Test Kecepatan di Bandwidth Place
Test Kecepatan di Bandwidth Place

Bandwidth adalah besarnya volume data yang bisa diakses pada website setiap bulannya. Umumnya bandwidth diberikan dalam hitungan GB, ada juga provider hosting yang memberikan layanan unlimited/unmetered bandwidth untuk para pengguna hosting. Nah agar aman Anda bisa memilih layanan web hosting dengan bandwidth unlimited.

7. Addon domain

Fitur pada hosting yang memunginkan Anda untuk menambahkan lebih dari satu domain sekaligus. Jika Anda membutuhkan banyak website, pastikan hosting yang Anda beli memiliki unlimited addon domain.

8. Parked domain

Parked domain adalah fitur pada hosting untuk menambahkan domain baru untuk mengakses domain utama website. Domain parked bisa juga domain redirect yang ditambahkan dan diarahkan menuju website utama, fitur seperti ini berguna saat Anda mengganti domain baru tanpa takut kehilangan pengunjung atau keperluan SEO.

9. DNS

DNS (Domain Name Server) adalah fitur yang digunakan untuk merubah alamat IP Address ke alamat URL domain website. Tanpa menggunakan DNS, Anda akan kesulitan dalam membuka website karena harus menghafalkan IP Address website.

10. RAM

RAM (Random Acces Memory) adalah tempat penyimpanan sementara pada server hosting. Semakin besar RAM maka maka website semakin cepat diakses dan memproses banyak request dari pengunjung dan juga bisa menerima traffic yang tinggi.

11.  CPU core

CPU Core pada hosting sebenarnya sama saja dengan yang ada di komputer. Ini berfungsi menerima instruksi dan melakukan tindakan berdasarkan perintah dari pengguna website. Semakin besar core pada server maka semakin cepat pula instruksi dikerjakan, jadi pastikan hosting yang Anda beli memiliki core yang besar.

12.  SSL

SSL atau Secure Sockets Layers adalah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi website dengan enkripsi data yang canggih sehingga aman dari tindak kejahatan dunia maya. Website yang sudah menggunakan SSL ditandai dengan logo gembok pada URL dan menggunakan HTTPS.

13.  CMS

 

CMS WordPress

CMS atau Content Management System adalah software yang tergunakan untuk membuat website otomatis tanpa perlu keahlian pemrograman. Anda cukup install saja pada hosting, otomatis website Anda sudah jadi secara otomatis. CMS yang terkenal dengan banyak pengguna saat ini contohnya adalah WordPress.

14.  Data center

Data center merupakan fasilitas yang dalamnya terdiri dari server sebagai penyimpanan semua file website dengan jaringan komputer yang tinggi. Di Indonesia saat ini, biasanya gedung data center berada pada kota-kota besar dengan akses koneksi yang cepat.

15.  Uptime server

Uptime server adalah hitungan waktu server dalam membuat website Anda selalu online tanpa adanya down sama sekali. Dalam memilih hosting pastikan memiliki uptime server yang bagus. Contoh saja Qwords memiliki uptime server 99.99%, berarti prosentase server downtime hanya sedikit sekali.

16.  CPanel

cPanel adalah software yang ada pada hosting dan server fungsinya untuk pengelolaan website. Pada cPanel terdapat banyak aplikasi dan software yang berguna untuk membantu para webmaster mengelola website.

17.  FTP

FTP atau File Transfer Protocol adalah fitur yang ada pada server hosting untuk melakukan transfer file atau data dengan cepat dengan jaringan  internet.

18.  IP Address

IP Address adalah nomor yang tergunakan untuk identifikasi alamat komputer server dalam jaringan internet. Ibaratnya IP Address ini seperti alamat rumah, satu dengan lainnya memiliki alamat yang berbeda. Untuk Anda pengguna shared hosting menggunakan IP Address yang sama dengan pengguna lain, tetapi untuk VPS Anda sudah menggunakan IP Address sendiri.

19.  MySQL

 

MySQL

MySQL adalah sistem manajemen database yang tergunakan pada hosting untuk melakukan proses CRUD (Create, Read, Update, Delete).

20. Softaculous

Softaculous adalah aplikasi auto installer CMS yang ada pada hosting. ini menyediakan berbagai script CMS yang bisa Anda pilih, termasuk pada dalamnya WordPress.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat