Arkeolog menemukan sisa-sisa kuil kuno dewa Zeus di Mesir

Sebuah tim arkeolog telah menemukan sisa-sisa kuil Mesir kuno yang dibangun untuk menghormati dewa Zeus dan Kasios. Bagaimana kuil untuk menyembah dewa-dewa orang Yunani datang ke Mesir?

Seperti dilansir Suara.com, tim arkeolog menemukan reruntuhan selama penggalian di situs arkeologi Tell el-Farama di barat laut Semenanjung Sinai.
Baca juga

7 Fakta Tentang Planet Jupiter Dan Mengapa Bisa Menjadi Planet Terbesar Di Tata Surya
Tes misi Artemis I berhasil, NASA siapkan peluncuran roket ke bulan
5 Fitur Utama Bespoke AirDresser Samsung, Menampilkan Fitur Khusus Kain Tie-Dye Indonesia
Klaim Primogem Gratis, Redeem Genshin Impact Redemption Code pada 24 Juni 2022
Klaim Item Gratis Raid Kode Penukaran CODM 24 Juni 2022

Pada zaman Graeco-Romawi (332 SM hingga 395 M) daerah ini dikenal sebagai kota dan pelabuhan Pelusium, terletak di ujung timur muara sungai Nil.

Karena letaknya yang strategis, Pelusium dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai fungsi.

Antara lain sebagai benteng pada zaman firaun Mesir dan artefak dari zaman Yunani-Romawi, Bizantium, Kristen dan Islam menunjukkan bahwa itu juga digunakan dalam banyak hal.
Penemuan reruntuhan kuil kuno dewa Zeus. [Livescience/Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir]

Tim arkeologi fokus pada candi setelah menggali di sekitar sisa-sisa dua pilar granit merah muda yang tergeletak di tanah.

Menurut Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala, pilar-pilar itu pernah membentuk gerbang depan kuil tetapi runtuh di zaman kuno ketika gempa bumi yang kuat melanda kota.
arrow_forward_iosBaca selengkapnya
Didukung oleh GliaStudio

Sebelumnya, para ilmuwan telah menduga bahwa sebuah kuil Zeus-Casios dapat ditemukan di situs tersebut.

Ahli Mesir Kuno Prancis Jean Cledat menemukan prasasti Yunani di situs yang menunjukkan bahwa sebuah kuil untuk Zeus-Casios telah dibangun di sana pada zaman Yunani-Romawi.

Namun, para arkeolog belum pernah melakukan penggalian resmi di situs yang dekat dengan benteng kuno dan gereja itu.
Penemuan reruntuhan kuil kuno dewa Zeus. [Livescience/Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir]

Sekarang tim telah menemukan sisa-sisa candi, termasuk balok granit yang mungkin merupakan bagian dari tangga menuju pintu masuk candi di sisi timur bangunan.

Laporan dari Live Science, Jumat (6/5/2022), para ahli saat ini sedang mendokumentasikan sinar yang baru dianalisis dengan fotogrametri.

Teknik yang menggunakan citra digital untuk membuat gambar virtual 3D yang membantu tim membuat ulang kuil secara virtual.

Inilah penemuan reruntuhan kuil kuno dewa Zeus di Mesir yang menjadi sorotan para arkeolog. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Sumber :