Komponen Processor dan Fungsinya

Komponen Processor dan Fungsinya

Komponen Processor dan Fungsinya

Jogja One Solution – Prosesor adalah komponen utama dalam sebuah komputer. Tanpa adanya processor komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Dalam sebuah processor juga ada bagian-bagiannya. Nah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagian processor beserta fungsinya.

BAGIAN – BAGIAN PROSESOR

1 CONTROL UNIT (CU)

Control unit merupakan bagian prosesor yang bekerja mengontrol jalanya tugas komputer. Bagian ini memiliki peranan penting dalam mengontrol seluruh perangkat yang terhubung dengan komputer. Selain itu, control unit juga berfungsi melakukan sinkronisasi antar perangkat.
Control Unit (CU) memiliki tanggung jawab dalam menentukan bagaimana memproses perintah. Contoh kasus Control Unit mengambil perintah arithmetic dari register dan diberikan kepada ALU untuk diproses. Setelah ALU selesai memproses perintah, hasilnya diambil oleh CU lalu dikirimkan kembali pada Register untuk ditampilkan kepada user.
Kesimpulan Tugas-Tugas Control Unit (CU)
  • Mengontrol jalannya komputer
  • Mengontrol antara perangkat satu dengan perangkat lainya
  • Mengambil Intruksi di memori utama
  • Mengirimkan perintah ke ALU, apabila ada perintah perhitungan aritcmetic
  • Mengawasi kerja ALU
  • Mengirimkan hasil proses dari ALU ke Register

2 ARITHMETIC LOGIC UNIT (ALU)

ALU merupakan bagian prosesor yang berfungsi sebagai otak penghitung operasi komputer. ALU dapat mengerjakan tugas perhitungan aritmatika dan logika, Oleh karena itu ALU dibagi menjadi 2 bagian yaitu Unit Arithmetic dan Unit Logic. ALU melakukan perngerjaan berdasarkan perintah yang diterima terlebih dahulu.
Tugas – Tugas Arithmetic Logic Unit (ALU)
  • Melakukan perhitungan aritmatika (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian)
  • Melakukan perhitungan kode biner (Konversi)
  • Melakukan perbandingan (Lebih dari, kurang dari, sama dengan, lebih dari sama dengan, kurang dari sama dengan)

3 REGISTER

Register merupakan alat penyimpanan yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Register berfungsi untuk menyimpan perintah yang sedang diproses. Register hampir sama dengan RAM yaitu bersifat sementara, yang membedakan adalah jika Ram menyimpan perintah yang hendak dikerjakan, sedangkan register menyimpan perintah yang sedang dikerjakan.
Agar mudah memahaminya kita bisa mengibaratkan register sebagai ingatan dan CPU sebagai otak yang menyimpan ingatan. Hasil proses otak akan berpengaruh ke seluruh organ tubuh. Sama halnya komputer, prosesor menjadi satuan untuk menjalankan seluruh perangkat yang terhubung dengan komputer.
Kesimpulan Tugas Tugas Register
  • Menyimpan perintah yang sedang diproses
  • Menampilkan hasil proses ke interface
  • Apabila ada perintah aritmatika atau logika, perintahnya diberikan kepada ALU terlebih dahulu dengan bantuan CU.

4 CPU INTERCONNECTION

CPU Interconnection adalah bagian prosesor yang menghubungkan Control Unit (CU), Arithmetic Logic Unit (ALU), Register dan Bus-bus yang menghubungkan dengan sistem lainya. Register juga menghubungkan prosesor dengan piranti input dan output.
Itulah beberapa tentang bagian bagian prosesor beserta fungsinya, semoga bermanfaat 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat