Keuntungan Blogging untuk Bisnis

Keuntungan Melakukan Strategi Blogging untuk Bisnis

Jogja One Solution – Biasanya untuk melakuakan suatu bisnis yang tepat, seringkali membuat bisnis Anda tidak berkembang dan bisa kalah dengan kompetitor yang melakukan bisnis yang tepat. Ada banyak cara untuk berbisnis, blogging merupakan salah satu strategi yang tepat untuk memasarkan dan meningkatkan penjualan bisnis.

Apa itu Blogging?

BloggingBlogging adalah kata kerja, berasal dari kata blog. Saya yakin Anda pernah mendengar kata “blog” bukan? Saya pertama kali mendengar istilah blog itu pada saat saya mulai menggunakan internet sekitar tahun 1996 (20 tahun yang lalu he..he..).

Tidak perlu terlalu dipusingin apa definisi kamus tentang apa itu blog, saya akan memberikan versi sederhana dan praktis.

Blog adalah sebutan untuk sebuah website yang diupdate/diisi secara teratur dengan konten yang bermanfaat bagi pembacanya. Konten itu bisa artikel, audio, video (makanya ada istilah VLog, Video Blog).

Keuntungan Strategi Blogging

1.   Meningkatkan Traffic ke Web Bisnis

keuntungan seo dan ppc

Setiap bisnis yang sudah memiliki web pastinya ingin meningkatkan jumlah traffic ke websitenya dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui Blogging merupakan salah satu strategi SEO, maka setiap kali Anda menerbitkan artikel atau konten baru di blog, hal itu akan semakin memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Terlebih lagi, mesin pencari umumnya lebih menyukai website dengan konten yang selalu diupdate secara kontinyu atau yang istilah teknisnya disebut freshness factor. Jadi apabila konten-konten yang Anda tampilkan pada blog selalu diperbarui secara berkala, Google atau mesin pencari lainnya akan lebih memprioritaskan website Anda untuk ditampilkan di hasil pencarian.

2.   Meningkatkan Leads

Setelah Anda memiliki traffic website yang tinggi, kesempatan Anda untuk meningkatkan leads (ketertarikan terhadap produk atau penawaran bisnis) tentunya juga akan semakin besar.

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah leads dari para pengunjung potensial yang berkunjung ke website Anda adalah dengan menambahkan call-to-action pada setiap tulisan blog. Call-to-action ini bisa berupa beberapa hal, seperti penawaran free trial, diskon, survei, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah proses singkat mengubah trafficmenjadi leads menggunakan call-to-action:

  • Pengunjung membuka website Anda
  • Pengunjung melihat penawaran call-to-action
  • Pengunjung mengklik tombol call-to-action dan berpindah ke landing page yang berisi formulir untuk diisi
  • Pengunjung mengisi formulir dan menerima penawaran

Namun, perlu Anda ingat, tidak setiap orang yang berkunjung ke web Anda dapat berubah menjadi leads, dan hal itu bukanlah suatu masalah. Untuk itu, sediakan call-to-action pada setiap tulisan Anda dan pasanglah peringkat konversi visitor-to-lead untuk mengawasinya.

3.   Mendukung Strategi Promosi di Media Sosial

7-Trik-Sosial-Media-Untuk-Bisnis-Anda

Promosi di media sosial merupakan strategi wajib yang harus dilakukan bisnis modern saat ini. Bagaimana tidak, kini hampir semua orang lebih banyak menghabiskan waktunya di sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram daripada menonton TV dan mendengarkan radio.

Namun, menjalankan strategi promosi di media sosial ini cukup sulit jika Anda tidak memiliki konten yang unik dan bermanfaat bagi pembaca. Keuntungannya jika Anda menjalankan strategi blogging, artikel yang Anda upload di website juga bisa menjadi bahan tulisan di akun media sosial bisnis Anda.

Jadi, setiap kali Anda memposting konten blog dan membagikannya di media sosial, hal itu bisa membantu menambah pengunjung website Anda dari orang-orang yang tidak terjangkau lewat mesin pencari.

4.   Membantu Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan

Menyajikan konten blog yang berkualitas juga dapat menjadi salah satu strategi yang tepat untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau brand Anda.

Sebab, saat Anda rutin memberikan informasi yang berkualitas, pembaca akan menilai bahwa brand Anda dapat dipercaya dan mereka akan lebih ingat dengan dengan bisnis Anda. Namun ingat, konten yang dibuat tentunya juga harus benar-benar memberikan manfaat kepada orang lain, bukan sekadar mempromosikan bisnis Anda saja.

5.   Meningkatkan Conversion Rate

ROI

Ketika bisnis atau brand Anda sudah memiliki tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang baik di mata pelanggan, maka otomatis conversion rate atau tingkat konversi bisnis Anda juga akan meningkat.

Sebab, pelanggan umumnya lebih suka membeli dari brand yang sudah mereka percaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

6.   Memberikan Hasil Jangka Panjang

SEO jangka panjang

Blog bisnis juga sangat berguna dan dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Misalnya sekarang Anda memposting sebuah konten di blog, dan Anda mendapatkan 10 view serta 10 lead dari konten tersebut. Kemudian, pembaca yang menyukai tulisan Anda menyebarkannya di akun media sosial mereka sehingga artikel blog Anda semakin tersebar luas. Dari sini, Anda tentunya juga akan mendapat lebih banyak view dan lead kedepannya.

Semakin website Anda sering dikunjungi, hal ini juga memengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari. Ini artinya, dalam hitungan beberapa hari, minggu, bulan, atau bahkan tahun ke depan, traffic website Anda bisa terus meningkat karena artikel tersebut.

Menurut Hubspot Blog, sekitar 70 persen traffic web mereka setiap bulannya datang dari artikel pada bulan sebelumnya. Sementara, sekitar 90 persen lead mereka setiap bulannya didapatkan dari artikel blog pada beberapa bulan sebelumnya. Kondisi inilah yang dalan dunia internet marketing sering disebut dengan “compounding post”.

7.   Membuat Bisnis Anda Lebih Manusiawi

Blog dapat memberikan peluang bagi Anda untuk menunjukkan siapa orang-orang atau tim di belakang bisnis Anda. Kalau bisnis Anda adalah jasa penulis, konsultan, speaker, atau trainer, orang akan tahu siapa orang yang ada di baliknya karena bisnis seperti ini pada dasarnya adalah personal branding.

Namun jika bisnis Anda menjual produk atau menggunakan nama usaha, blog dapat mebantu bisnis Anda terkesan lebih “manusiawi” dengan cara menampakkan orang di balik suatu konten atau tulisan. Hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang cerdas karena kredibilitas akan lebih mudah terbangun dari hubungan manusia dengan manusia, bukan hubungan manusia dengan brand.

8.   Lebih Mudah dalam Mendapatkan Feedback dari Customer

Blog juga memungkinkan Anda untuk membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan. Bisnis yang membuka komunikasi dengan pelanggan akan membuat kepercayaan dan loyalitas pelanggan semakin meningkat.

Selain itu, adanya komunikasi yang baik dengan pelanggan juga memudahkan Anda dalam mendapatkan feedback yang berguna bagi kemajuan bisnis Anda kedepannya.

Semoga Bermanfaat 😉

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat