Keunikan Mesin Pencari Google

jasa pembuatan website jogja

jasa pembuatan website jogjaKEUNIKAN MESIN PENCARI GOOGLE

Jogja One Solution – Siapa sih yang tidak kenal dengan Google? Google merupakan suatu perusahaan teknologi tersukses. Jika pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai asal usul terciptanya nama Google, pada artikel kali ini kami ingin mengulas mengenai fakta unik dibalik Google.

Nama Google terlahir karena “kecelakaan”

Image: zdnet.com

Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh 2 orang pascasarjana Oxford University, yaitu Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu mereka berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Pada 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi “Googol” yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini digunakan untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan terlanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya mentok menggunakan nama “Google” untuk mesin pencari mereka.

Google merupakan salah satu perusahaan yang gencar mengakuisisi startup yang berpotensi

Image: fastcompany.com

YouTube, Android, Motorolla, Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth merupakan beberapa dari sejumlah start up yang diakuisisi oleh Google. Pada tahun yang sama, Google membeli Global Solutions IP, yaitu perusahaan yang berbasis di Norwegia yang menyediakan telekonferensi berbasis web dan layanan terkait lainnya. Pada Mei 2010, Google juga mengumumkan bahwa ia telah mengakuisisi jaringan iklan mobileAdMob, dilanjutkan dengan mengakuisisi Android, Motorola Mobility, Quickoffice dan banyak lagi lainnya. Sejak 2010, jika dihitung-hitung, setiap minggunya Google telah mengakuisisi lebih dari 1 perusahaan.

Halaman muka Google tampil bersih sejak pertama kali

Image: google.com

Karena kedua pendirinya tak begitu menguasai HTML, alhasil halaman muka Google selalu tampak bersih. Selain itu, Brin dan Page juga menginginkan mesin pencari dengan user interface yang simple dan mudah digunakan. Makanya, mesin pencari Google dibuat sesederhana mungkin untuk memudahkan pengguna. Cukup menekan tombol “search” dan memasukkan kata kuncinya.

Indeks pencarian Google memiliki ukuran raksasa

Image: wonderfulengineering.com

Indeks pencarian google yakni memiliki lebih dari 100 juta gigabyte. dengan kata lain, butuh lebih dari 100.000 hard disk berukuran 1 terrabyte untuk menyimpan indeks pencarian itu. Kebayang, nggak?

Google ternyata memiliki slogan mulia

Image: sites.psu.edu

Pernyataan misi Google sejak awal adalah “untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan berguna”, dengan slogan resmi adalah “Don’t be evil” atau “Jangan jahat”.

tahukah kamu?

Mengapa Android dinamai dengan makanan penutup atau permen?

Image: techtechnik.com

Seperti kita ketahui, sistem operasi Android menggunakan nama-nama makanan seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean dan baru-baru ini KitKat. Mengapa Google menggunakan nama makanan penutup atau permen untuk versi Androidnya? Google tidak mau menjelaskan mengapa, tetapi Randall Sarafa, juru bicara Google mengatakan, “Ini untuk memudahkan tim internal mengingat versi Android dengan nama makanan penutup sesuai dengan urutan abjad”.

Pusat data hijau Google

Image: dailysignal.com

Di dalam Council Bluffs, pusat data Google memiliki ruang dengan ukuran lebih dari 115.000 kaki persegi. Ada lebih dari 9 pusat data yang dimiliki oleh Google. Pusat-pusat data tersebutlah yang digunakan untuk menjalankan layanan internet Google seperti Google Search, Google, Gmail dan masih banyak lagi. Di pusat data yang terletak di Georgia, Google membangun sistem pendinginan evaporatif yang menggunakan kedua lubang udara dari luar dan air yang disemprotkan ke server. Proses pendinginan ini menggunakan ratusan ribu galon air dalam sehari. Untuk mengatasi limbah air yang sedemikian besar, Google menggunakan sistem penyadapan air limbah untuk mendinginkan pusat data di Douglas County, Georgia. Hal tersebut pertama kalinya Google menggunakan air limbah daur ulang untuk pusat data di Amerika Serikat dengan sistem yang dibiayai oleh Google dan dimiliki oleh otoritas air setempat.

Well, ternyata ada begitu banyak fakta unik tentang Google yang ternyata masih belum kita ketahui. Kalau kamu tau fakta-fakta menarik lainnya dari Google, jangan lupa kasih komentarmu dibawah ya!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat