Kenapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Kenapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Penyebab Toucpad Tidak Berfungsi

Arsitek Indo Kontraktor – Pada saat kita menggunakan laptop pasti sering sekali kan tidak menggunakan mouse. Kita hanya memanfaatkan touchpad yang ada untuk mengoperasikan laptop. Karena touchpad merupakan yang paling praktis tanpa kita harus membawa perangkat lain ketika kita berpergian dan kita hanya perlu membawa laptop dengan baterai penuh.

Namun ketika kita menggunakan laptop tak jarang tiba-tiba touchpad kita tidak bisa berfungsi, kursor tidak bisa jalan dan akhirnya kita tidak bisa menggunakan laptop tanpa bantuan mouse. Tidak berfungsinya touchpad bisa terjadi karena beberapa hal.

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab touchpad tidak berfungsi :

 

1. Touchpad di-disabled (dinon-aktifkan)

Pada beberapa laptop, terdapat fungsi untuk men-disable (menon-aktifkan) fungsi dari touchpad, coba perhatikan pada laptop Anda apakah ada tombol khusus (bukan tombol pada keyboard dan bukan pula tombol power) yang bergambar (icon) mirip bentuk touchpad.
Atau pada beberapa laptop terdapat fungsi untuk men-disabled touchpad melalui shortcut pada tombol keyboard. Jika tidak ada, maka kemungkinan selanjutnya adalah adanya suatu aplikasi (software) yang men-disable (menon-aktifkan fungsi touchpad). Coba Anda periksa di system tray, pojok kanan-bawah layar laptop Anda, sebelah kanan jam (digital), apakah ada icon aplikasi yang “mencurigakan”? Aplikasi seperti Synaptic Touchpad atau sejenisnya memang memiliki fitur untuk (alasan keamanan) men-disabled touchpad.

2. Driver touchpad belum ter-install atau belum ter-update.

Saat sistem operasi Anda baru saja diinstall ulang (memformat partisi sistem operasi yang lama lalau menginstall sistem operasi yang baru) atau sistem operasi Anda di-update, besar kemungkinan terjadi ketidak-sesuaian antara driver yang terinstall dengan sistem operasi dan hardware (dalam hal ini touchpad), sehingga untuk mengimbangi kondisi sistem operasi yang ter-update maka driver touchpad (dan driver lain) pun harus di-update pula, hal tersebut mungkin saja terjadi. 
Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencari  CD/DVD driver laptop Anda, lalu install driver touchpad. Atau jika Anda tahu merek touchpad pada laptop yang Anda gunakan, download driver terbaru dari website resminya.
Anda juga dapat menggunakan aplikasi “driver scanner” seperti Driver Genius untuk membantu Anda mengenali merek hardware touchpad yang Anda gunakan.

3. Permukaan Toucpad Kotor

Tak jarang kita memegang laptop sambil makan yang membuat tangan kita kotor atau berminyak, lalu dengan tak sadar kita memegang touchpad tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dan membuat toucpad kita menjadi kotor. Belum lagi kita jarang membersihkannya bahkan tidak pernah. Touchpad yang kotor bisa membuat dia tidak bisa berfungsi dengan baik karena terhalang kotoran.

4. Virus komputer

Virus komputer memang yang paling berbahaya karena selain beresiko menginfeksi/merusak file system (yang dapat menyebabkan kegagalan system misalnya system tidak dapat booting) juga menyebabkan kegagalan sistem operasi dalam mengendalikan perangkat keras (seperti touchpad), langkah paling umum yang diambil dalam menangani kerusakan sistem operasi yang disebabkan oleh virus komputer adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus, pilihlah antivirus yang “top rated” misalnya AVG, Bitdefender, Avira dan lain sebagainya, jangan gunakan antivirus yang di crack atau di patch, gunakanlah antivirus versi gratisnya, hal tersebut lebih aman karena antivirus akan bebas dari virus, jika antivirus yang Anda gunakan di-crack atau di patch, besar kemungkinan file crack atau patch tersebut mengandung virus sehingga menginfeksi antivirus yang diinstall.

5. Kerusakan Hardware

Kemungkinan terakhir adalah kerusakan pada hardware touchpad tersebut, hal itu dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya adanya komponen yang over-heat (terlalu panas) sehingga merusak socket pada motherboard atau kabel fleksibel dari touchpad atau elemen lain pada touchpad tersebut. Apapun itu jika masalahnya adalah hardware maka tidak ada pilihan lain selain memperbaikinya (bila memungkinkan) atau menggantinya, jika Anda tidak yakin maka konsultasikan dengan teknisi komputer yang Anda percaya apakah kerusakannya (jika memang hardware touchpad-nya yang rusak) masih bisa diperbaiki, atau harus diganti dengan hardware yang serupa.
Itulah beberapa penyebab touchpad yang tidak berfungsi pada laptop (dengan sistem operasi Windows), perlu diingat bahwa perawatan software sangatlah penting setidaknya dengan rutin (minimal satu minggu sekali) meng-update antivirus dan melakukan full-scanning untuk menghindari kerusakan pada sistem operasi, selain itu perawatan hardware pun tidak kalah penting, hindari penggunaan laptop secara berlebihan (terus menerus) hingga suhu laptop sangat tinggi, gunakan cooling pad bila perlu untuk membantu men-stabilkan suhu laptop, over-heat (panas berlebih) dapat menyebabkan kerusakan hardware pada laptop.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat