Kebiasaan Ini Memberi Dampak Negatif Pada Gadget

Kebiasaan Ini Memberi Dampak Negatif Pada Gadget

Kebiasaan Ini Memberi Dampak Negatif Pada Gadget

Jogja One SolutionGadget seperti menjadi perpanjangan dari diri kita yang selalu kita bawa ke mana-mana. Tapi sayangnya, cara kita menggunakan gadget itulah yang terkadang kurang tepat. Nah kebiasaan ini bisa memberi dampak negatif pada gadget.

Kebiasaan buruk yang dengan atau tanpa sadar seringkali kita lakukan

Membuat password yang terlalu mudah ditebak

Sampai sasat ini masih banyak orang membuat password dengan pola “Nama + tanggal lahir”, “Nama + 123”,  atau dengan kalimat-kalimat nyeleneh yang sebenarnya sudah banyak yang memakainya, seperti “hmmapayah” atau “adadeh” atau “nggaktau”,  yaitu pola yang sering digunakan sebagai password Wi-Fi di tempat ramai. Kebiasaan membuat password yang mudah ditebak itu bahaya, lho. Seseorang bisa membobol akun kamu.

Jadi, biasakanlah membuat password yang benar-benar hanya kamu yang tahu. Lalu, variasikan jenis password yang kamu pakai untuk akun-akun lainnya. Jangan sampai semua akun yang kamu miliki punya password yang sama.

Memang butuh usaha lebih untuk menghafal passwords tersebut, tapi anggaplah itu tantangan seru yang membuatmu merasa seperti agen rahasia yang jago menghafal banyak kode!

Terlalu lama bermain gadget

Coba hitung, berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk scroll layar linimasa media sosial, lalu menonton video-video di YouTube dan push rank di game online? Jangan-jangan, kamu sudah menghabiskan lebih dari setengah hari, tuh.

Terlalu lama menekuri layar gadget dapat memunculkan dampak negatif gadget dan hal tersebut tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental kita. Luangkan waktu untuk bertemu dengan teman-temanmu, ngobrol dengan keluarga, atau berolahraga.

Tidak biasa mengunci gadget saat meninggalkannya.

Kita menyimpan banyak sekali data penting serta informasi personal di PC atau smartphone. Bayangkan, gadget kita tertinggal dan ada orang yang iseng untuk membukanya lalu mengacak-acak data di dalamnya. Berbagai ancaman serius pun mesti kita hadapi. Kamu pasti tidak mau, ‘kan, adikmu membuka laptopmu lalu memainkan dan  mengacaukan game sulit yang sedang susah payah kamu mainkan.

Solusinya kamu hanya harus membiasakan aktifkan fitur autolock di laptop atau smartphone lalu gunakan password yang kuat dan hanya kamu yang tahu.

Malas backup data

Penyesalan pasti baru datang jika kehilangan sudah terjadi. Acer berharap itu tidak terjadi pada file penting yang ada di gadget-mu. file bisa hilang dari gadget. Entah karena harddisk yang bermasalah atau kamu tidak sengaja menghapusnya.

Karena itu, biasakan diri untuk backup file, terutama yang penting, ke harddisk lain atau manfaatkan cloud storage service seperti Dropbox atau GDrive sebagai gudang penyimpanan file kamu.   Backup data ini pun menjadi penting karena kapasitas harddisk kita tidak terlalu besar sementara semakin hari, ukuran file semakin tinggi.

Malas update software

Beberapa orang sengaja mengatur untuk tidak mengaktifkan fitur autoupdate di gadget mereka. Di satu sisi, itu adalah hal yang perlu, sih, untuk menghindari penggunaan internet yang tidak kita sadari. Tapi, kalau sampai kita malas mengecek perkembangan software dan update, kita juga yang rugi. Karena setiap update dari suatu software pasti menawarkan suatu kecanggihan baru. Jadi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin, ya.

Terlalu patuh pada notifikasi

Sebagian orang sangat mudah terdistraksi oleh notifikasi baru yang muncul dari gadget-nya. Kadang, walau sedang terlibat di obrolan penting pun, sebagian orang itu memilih untuk meladeni notifikasi dari gadget. Padahal, pesan yang masuk hanya pesan sebaran di chat group.

Nah, yang celaka adalah sekarang ini banyak sekali pesan yang masuk ke gadget kita! Kalau kita tidak pintar-pintar dalam mengaturnya, kita akan kewalahan. Jadi, sebaiknya  kamu melakukan pengaturan notifikasi pada gadgetmu. Pilih aplikasi mana dan pesan seperti apa yang perlu diberikan notifikasi dan atur bentuk notifikasi yang akan muncul pada layar gadget-mu. Pesan yang tidak terlalu penting bisa kamu mute notifikasinya.

Menggunakan software bajakan  

Wah, kebiasaan buruk ini adalah yang paling banyak dilakukan oleh pengguna komputer, termasuk para gamers. Tapi spAcer yang mengaku gamers sejati pasti tidak akan melakukannya, bukan?

Pasalnya, menggunakan software bajakan itu sebenarnya pelanggaran hukum, lho.  Selain itu, kita jadi tidak mendukung industri game. Kalau memang gamers sejati, hargai para pembuat software dengan membeli versi aslinya, ya. Membuat games atau software lainnya bukanlah hal yang mudah, spAcer.

Gini, deh, setiap kali kamu ingin membeli software bajakan, bayangkan kalau suatu saat kamu bisnis, dan ada oknum yang melakukan pembajakan pada produk kamu. Kamu yang usaha, tetapi orang lain yang lebih untung banyak. Tidak menyenangkan, bukan?

Penggunaan software bajakan juga dapat membawa masalah pada komputer kamu karena sejumlah software disertai malware dan spyware yang tidak kita sadari keberadaannya.

Jadi, itulah kebiasaan buruk yang dapat memunculkan dampak negatif gadget dan mesti kita hilangkan, ya. Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat