Kami Penyedia IT Profesional

Kami Penyedia IT Profesional

Kami Penyedia IT ProfesionalKAMI PENYEDIA IT PROFESIONAL

Jasa Pembuatan Website Jogja – Dalam Dunia Kerja ,banyak orang orang yang masih bingung untuk menjadi pekerja yang sukses.Terutama Pekerjaan di Bidang IT .Dalam Bekerja di Bidang IT kita harus menjadi IT yang Professional ,dalam hal ini banyak cara ,langkah , sifat yang harus dirubah dalam menjadi IT yang Professional .

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara kita menjadi IT yang Professional ,Ada beberapa hal untuk menjadi IT yang Professional :

1. Fokus pada Prioritas

Terkadang Ketika anda sangat membutuhkan fokus banyak hal-hal yang tidak terlalu penting yang menghilangkan fokus anda seperti membuka email, facebook, browsing untuk hal yang tidak relevan terhadap pekerjaan anda, chatting, dan banyak lagi.Hal -hal tersebut dapat anda hindari dengan melatih fokus anda dan menjadwalkan apa yang anda kerjakan di kantor.

2. Tetap Konsisten

Hal ini sangat penting namun di abaikan oleh banyak orang, yang di maksud tetap konsisten di sini adalah tetap konsisten pada hal-hal yang baik, bukan berarti ketika datang pagi ke kantor selalu konsisten membuka facebook. youtube, dan hal-hal yang tidak relevan terhadap pekerjaan.

3. Tulislah ToDo list dan Jadikanlah Pedoman

Agar Pekerjaan Anda lebih teratur dan meminimalisir waktu yang terbuang di kantor anda ada baiknya anda mengerjakan sesuai dengan list yang anda buat. Buatlah list yang masuk akal dan dapat anda capai, buatlah sesuai dengan kapasitas Anda.

4. Carilah Mentor atau Teman Diskusi

Biarpun anda sudah bekerja jangan lupa bahwa kodrat manusia adalah membutuhkan orang lain. Jadi ada saat di mana google tidak bisa membantu anda 100%. Hal ini pernah menjadi pengalaman saya. Ada baiknya anda mempunyai mentor atau teman diskusi sebagai rencana pamungkas ketika rencana anda yang lain sudah gagal.

5. Termotivasi di saat Tertekan

Memotivasi diri sendiri pada saat senang sangatlah mudah dilakukan oleh setiap orang akan tetapi memotivasi diri pada saat kita sendang tertekan tidaklah semudah yang anda bayangkan. Seorang proffesional  di bidang apapun di tuntut untuk memotivasi dirinya ketika sedang genting dan tertekan.

6. Mengerti Prosedur dan Peran Masing-masing.

Ada baiknya ketika anda mengerjakan project anda mengetahui peran masing-masing. Hal ini kecil akan tetapi sangat memegang peran besar dalam keberhasilan suatu project. Memahami hal ini sangat di butukan untuk mengurangi kesalahpahaman dan kesalahan dalam pengerjaan project agar project selesai tepat waktu.

7 . Jangan Menjadi Yes Man

Hal ini sangatlah penting. Ketika anda menerima suatu project usahakan meminta kertas approval karena bisa jadi pekerjaan yang di berikan kepada anda belum fix, atau belum di setujui. Ambillah pedoman “Don’t work for Nothing”. Jadi jika anda menerima pekerjaan usahakan anda mengetahui secara jelas dari hulu sampai hilir karena anda yang mengerjakan jika ada kesalah anda bisa dijadikan kambing hitam. Jadi berhati-hatilah.

8. Carilah Informasi Terbaru Tentang Bidang Anda

Jika anda ada waktu cobalah mencari info terbaru didalam bidang anda. Ada istilah “Be The Smartest Guy in The Room”. Anda tidak perlu menguasai secara detail, anda hanya perlu memahami dan bisa menyampaikan ke client, karena tidak semua client mengerti detail. Hafalkan data-data yang menjual seperti pengunna android berapa banyak di dunia khususnya di indonesia, data ini bisa anda gunakan jika anda bergerak di bidang mobile khususnya Android.

9. Ikuti Kursus yang Cocok untuk Masa Depan Anda

Banyak pola pikir ketika anda sudah bekerja maka anda akan berhenti belajar, tanggapan ini sangat salah karena dunia kerja sekarang sangat cepat berubah terutama di bidang IT jadi anda harus menyesuaikan diri. Jika anda ingin menjadi professional maka tidak ada salahnya and mengambil sertifikasi, karena sertifikasi biasa dijadikan bukti agar orang baik client maupun bos percaya dengan anda, selain itu sertifikasi dapat menaikkan gaji anda.

10. Anda berada di ujung dari proses Jadi berhati-hatilah

Ini adalah hal yang sering di lupakan oleh para programmer. Anda berada di ujung proses jadi anda harus berhati-hati baik dalam menerima dan mengerjakan project. Jika ada kesalahan anda bisa dijadikan bulan-bulanan, tentu anda tidak suka disalahkan ketika anda benar maka berhati-hatilan. Sebagai contoh, deadline project satu minggu , tiga hari digunakan untuk desain sendangkan website yang anda buat kompleks, sebaiknya anda komunikasikan kepada atasan agar deadline di tambah dengan penjelasan yang mereka mengerti.

11. Cerdik dalam menangani project

Sebagai IT Professional ekspektasi baik client maupun atasan anda sangat besar kepada anda. Oleh sebab itu anda harus cerdik dalam menangani project anda. Jika anda bisa menyelesaikan dalam waktu satu minggu tidak ada salahnya anda mengatakan dua minggu. Karena jika ternyata selesai satu minggu maka ekspektasi terhadap anda akan meningkat. sedangkan jika anda mengatakan satu minggu ternyata selesai lebih dari satu minggu maka kepercayaan baik client maupun atasan akan berkurang terhadap anda. Karena ada saatnya di mana project anda tidak berjalan mulus, anda harus membuat spare waktu untuk membereskannya.

12. Improvisasi dan Perubahan

Improvisasi dan perubahan dibutuhkan dalam dunia IT, bayangkan jika anda membuat website dan ada masalah serius maka di butuhkan perubahan yang cepat. Anda juga perlu improvisasi agar masalah yang sama tidak terjadi untuk kedua kalinya.

13. Rencana Cadangan untuk factor X

Sebagai pekerja ada saatnya segala sesuatu tidak sesuai dengan rencana anda. Jika anda memiliki keluarga yang sedang sakit dan tidak boleh di tinggal maka jadwal anda untuk hari itu berubah, jika anda Seorang suami atau Istri dan anak anda sedang sakit maka anda akan mengorbankan waktu bekerja anda di kantor. Dalam situasi seperti ini anda harus cerdik dalam menghadapi situasi seperti ini.

14. Periksa Email di saat Tertentu

Membuka email saat di kantor sangatlah penting namun jika anda terlalu sering maka hal ini bisa jadi penganggu fokus anda maka anda perlu membuat jadwal untuk membuka email.

15. Selalu Mempunyai Rencana Cadangan

Ketika anda sedang mengerjakan project tidak ada salahnya anda memiliki rencana cadangan terakhir yang biasa di sebut senjata pamungkas jika sudah tidak ada jalan lagi.

16. Mencoba hal baru di Luar Pekerjaan Kantor

Tidak ada salahnya jika anda mencoba hal baru di luar kantor.  Usahakan hal-hal tersebut berhubungan dengan apa yang anda suka seperti hobi. Hal ini bagus untuk menghilangkan stress serta menambah keahlian di bidang yang lain.

17. Dokumentasikan Apa yang di Kerjakan

Selalu dokumentasikan apa yang anda kerakan. Hal ini sangat berguna karena jika anda tidak membuat dokumentasi maka kesalahan yang sama akan terulang kembali ke project-project yang lain. Membuat dokumentasi bagi sebagian orang adalah pekerjaan yang merepotkan akan tetapi tanpa dokumentasi anda tidak tau secara detail apa kendala-kendala project anda serta anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diperlukan.

18. Hindari menerima Telefon, Sms, atau Email di saat anda bekerja

Jika anda ingin menjadi professional anda harus memiliki waktu tertentu untuk menelefon, mengirim email atau sms karena tiga hal di atas sangat berbahaya untuk fokus anda. Jika telefon tidak darurat anda bisa menemukan cara

19. Buatlah Menejement Project untuk Mencatat proses Project Anda

Gunakanlah Project management seperti Trello atau software yang lain. Hal ini berguna untuk membuat anda teratur dan memecah project menjadi bagian-bagian kecil sehingga anda lebih mudah untuk mencapainya.

20. Kerjakanlah Pekerjaan Kantor di Kantor

Jika anda baru di terima di suatu perusahaan pasti anda sering mengalami hal ini anda akan sering membawa pekerjaan anda ke rumah, berusaha bekerja 24 jam agar bos ada terkesan. Percayalah anda tidak bisa lama bekerja di perusahaan tersebut karena kondisi kesehatan anda. Anda harus bisa membagi waktu dalam pekerjaan anda. Jangan membawa pekerjaan anda kerumah kecuali dalam keadaan darurat.

21. Hargai Semua Pencapaian Anda

Ada baiknya di setiap anda berhasil mencapai target anda memberi waktu kepada diri anda untuk relax akan tetapi tidak boleh terlalu berlebihan. Penghargaan kepada diri sendiri berguna agar tingkat stress berkurang dan kita tetap konsisten  pada pekerjaan kita.

22. Ambilah waktu untuk Relax

Satu hal yang anda harus ingat bukan berarti anda bekerja di bidang IT lalu anda menganalogikan diri anda robot yang tidak butuh istirahat, rekreasi,dan tidak memiliki stress. Setelah anda mengerjakan project besar usahakan mengambil cuti untuk rekreasi atau izin satu hari untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

23. Ambilah Project Kecil di Luar Kantor

Mengambil pekerjaan kecil di luar kantor sangat berguna untuk carier anda. Jika di dalam project besar anda dituntut tidak boleh salah maka sebaliknya di project kecil anda dapat melakukan kesalahan. dengan mengambil freelance untuk project kecil bisa membantu anda menyelesaikan masalah untuk project besar. Perusahaan besar seperti google memberikan waktu kepada karyawannya untuk mengerjakan project di luar kantor.

24.  Setelah Anda Project Anda Selesai,Sempurnakanlah.

Ada baiknya ketika project anda sudah selesai anda menyempurnakannya, Pertanyaannya kenapa tidak ketika di kerjakan? sebenarnya dalam dunia IT yang sangat penting adalah deadline. Jika anda menyempurnakan project anda seiring dengan anda mengerjakannya maka project tersebut tidak akan selesai tepat pada waktunya. Jadi untuk menyelesaikan project kantor gunakan metode, bahasa pemerograman yang anda kuasai jangan yang sedang anda pelajari. Karena jika anda menguasainya maka anda tau pasti kapan project tersebut akan selesai.

25. Perbaharui CV Anda

Perbaharui curriculum vitae anda dalam periode tertentu. hal ini bisa memudahkan anda untuk mendapatkan project di luar kantor dan jika anda ingin pindah kantor.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat