Kalian Gamer PC atau Laptop?

Kalian Gamer PC atau Laptop?

KALIAN GAMER PC ATAU LAPTOP?

Gamer – Gamer masa kini sudah berbeda, jika dulu menggunakan PC untuk bermain game  sekarang di laptop pun bisa. Kini, laptop gaming mampu membawa game ke luar ruangan, sehingga gamer dapat dengan mudah bermain bersama teman tanpa membawa komputer yang besar.

Namun, apakah benar laptop gaming telah menyisihkan PC desktop gaming sebagai mesin gaming? Berikut beberapa perbandingan antara laptop gaming dengan pc gaming.

1. Ukuran

Ukuran adalah kelebihan utama yang diberikan oleh PC desktop. PC dekstop mungkin susah dibawa kemana-mana namun besarnya ukuran juga memiliki keuntungan. Besarnya casing PC desktop memungkinkan panas bisa terbuang dengan baik. Apalagi bila pada posisi yang tepat di casing dipasang kipas pendingin, terutama di bagian depan, belakang, bahkan terkadang di atas dan sampingnya.

Panas tersebut memang tidak sampai merusakkan komponen seperti pada overclocking, tetapi akan berpengaruh pada kinerja ketika bermain game, membuatnya menjadi patah-patah dan lambat.

Sedangkan pada laptop, ruang badannya sangat kecil dan sempit, sehingga komponen bisa langsung bersentuhan dengan casingnya. Hal ini membuat panasnya bisa langsung terasa di permukaan badan laptop gaming.

Padahal di beberapa merek laptop, penempatan komponen penghasil panas terbesar, yaitu graphics card, ada tepat di bawah keyboard. Artinya ketika kamu bermain game, jarimu akan disiksa dengan panas yang tinggi dan bisa pula mencederaimu.

digitaltrends.com

Desktop gaming memiliki banyak ruang untuk menambahkan komponen, terutama graphics card. Itu sebabnya beberapa gamer menggunakan laptop gamingnya sebagai CPU, sama seperti pada PC desktop, kemudian menghubungkannya ke monitor, keyboard, dan mouse yang terpisah.

2. Komponen

Komponen pada laptop gaming memiliki harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan PC desktop gaming dengan kemampuan sebanding. Hal ini terjadi karena proses pengecilan (miniaturisasi) komponen tersebut memiliki biaya yang lebih besar bila dibandingkan dengan komponen berukuran standar.

Meningkat ke kemampuan komponennya sendiri, pada prosesor memang tidak terlalu kentara, tetapi tidak demikian dengan graphics card. Ketika dibandingkan langsung, kemampuan kartu grafis dengan kode nama yang sama, misalnya GeForce GTX 1060, versi desktopnya masih lebih baik bila dibandingkan dengan laptop.

Untuk meminimalisir perbedaan kinerjanya, produsen graphics card mulai memperkuat chipnya dengan proses manufakturing terbaru, tetapi tentu saja dengan biaya yang lebih tinggi.

blog.nzxt.com

Masalah pendinginan komponen bukan masalah untuk desktop, karena banyak opsi cooling yang tersedia.

Bahkan ada pula versi graphics card laptop yang berbanding 1:1 kemampuannya dengan versi desktop, melalui teknologi Max-Q, dan seperti yang mungkin bisa kamu tebak, harganya ikut naik.

Jadi bila kamu mengincar kekuatan murni dari mesin gaming, maka PC desktop lebih unggul bila dibandingkan dengan laptop gaming.

3. Harga

Dari sisi harga, desktop juga lebih unggul karena komponennya lebih murah, dan juga lebih mudah diganti ketika ingin melakukan upgrade.

Sementara kelebihan utama dari laptop gaming adalah kemampuannya untuk dibawa ke mana saja; walaupun untuk beberapa laptop gaming kelas atas memiliki bobot yang berat sehingga sulit untuk dibawa.

Beberapa produsen telah berhasil menekan berat dari laptop gamingnya, dan tentu saja dengan harga yang meningkat pula.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bila kamu ingin bermain game yang berat dan terbaru, maka biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membangun mesin gaming desktop lebih murah bila dibandingkan laptop.

Apalagi bila kamu ingin bermain di rumah saja, tanpa perlu bergerak ke luar rumah sambil membawa mesin gamingmu.

Namun, bila kamu adalah gamer sosialita yang suka melakukan LAN Party atau bermain bersama teman supaya mudah berkomunikasi, maka laptop gaming bisa menjadi pilihanmu.

Laptop gaming menawarkan kemudahan untuk dibawa ke manapun, terutama untuk gamer yang suka bersosialisasi. Keuntungan lain dari laptop gaming adalah kamu tidak perlu memiliki banyak pengetahuan mengenai komponen komputer. Karena laptop gaming telah memasukkan semuanya dan siap untuk digunakan tanpa dipasang terlebih dahulu seperti pada desktop.

Meski demikian, sudah ada pula produsen yang menawarkan PC desktop gaming siap pakai, dan juga memiliki layanan upgrade yang mudah. Semua tentu saja kembali ke uang yang siap kamu keluarkan dan juga seleramu.

Tetapi perlu diingat bahwa teknologi desktop gaming lebih cepat langkahnya bila dibandingkan dengan laptop.

Artinya, komponen yang kuat dan unggul lebih cepat tersedia di PC gaming dan developer game selalu berpatokan pada teknologi desktop ketika membuat game terbarunya.

Nah dengan mengatahui keunggulan dan kelebihannya, kalian sudah bisa menentukan menggunakan yang mana? Semoga bermanfaat . . .

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat