Jenis Media Pemasaran

Jenis Media Pemasaran

sumber : baruoi.blogspot.com

JENIS MEDIA PEMASARAN

Jogja One Solution – Dari beberapa pembahasan kita tentang pemasaran sebelumnya. Bahwa pemasaran tersebut membutuhkan beberapa media sebagai sarananya. Perlu Anda ketahui bahwa, sarana pemasaran atau yang biasa kita sebut dengan media pemasaran. Itu terdapat macam-macamnya. Diantaranya berikut ini :

Baca juga : Evolusi Konsep Pemasaran

  1. Media Pemasaran Konvensional

Dalam menerapkan taktik ini, biasanya dibutuhkan jasa profesional yang khusus bergerak pada bidang marketing yang menguasai teknik berhubungan dengan pihak media. Media pemasaran konvensional sendiri meliputi :

  • Radio

Ada 3 jenis radio yang kita kenal, yaitu konvensional (AM/FM), internet, dan satelit. Banyak perusahaan marketing yang beranggapan bahwa interview di radio menjadi nilai tertinggi dalam membentuk sebuah brand. Studi yang dilakukan oleh XAPPmedia pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa pendengar radio konvensional terus mengalami peningkatan dan diprediksi akan mencapai angka 183 juta orang pada tahun 2018.

  • Televisi

Keberhasilan mengiklankan suatu produk di televisi masih dianggap oleh sebagian besar orang sebagai sebuah ‘kemenangan bagi suatu brand’. Mengingat persaingan untuk dapat tampil di televisi sangatlah sengit dan memakan biaya besar.

  • Media cetak

Menampilkan bisnis kita di dalam suatu media cetak, entah koran atau majalah, dapat menjadi sebuah keuntungan besar. Sekarang telah banyak media cetak yang tersedia dalam versi online sehingga akan mempermudah kita untuk menautkan website bisnis kita ke dalam sebuah terbitan artikel yang dibaca oleh banyak orang.

  • Blog dan publikasi online

Jika bisnis kita berhasil masuk ke dalam sebuah blog atau publikasi online, akan banyak sekali keuntungan yang bisa kita rasakan. Keuntungan tersebut adalah ruang lingkup audiens yang lebih luas, ada fitur link untuk terhubung ke dalam website kita, akses yang lebih mudah, dan memiliki keyword yang diasosiasikan langsung kepada bisnis kita.

Baca juga : Weebly dan Blogging

  1. Penerbitan

Salah satu taktik yang paling efektif untuk memperkuat sebuah bisnis adalah melakukan penerbitan. Macam-macam terbitan yang dapat digunakan antara lain :

  • Menulis sebuah buku

Salah satu taktik publikasi yang efektif untuk membangun sebuah bisnis adalah dengan menulis buku. Apalgi sekarang buku dapat dibaca dalam versi digital melalui eBook, sehingga tentu kemungkinan orang untuk mengakses dan membaca akan lebih tinggi. Buku dapat digunakan untuk membangun kredibilitas, pemasaran bisnis, serta branding dengan cara membagi eBook secara gratis melalui website kita.

  • Menulis artikel

Memiliki artikel yang dipublikasikan dalam koran atau majalah dapat meningkatkan kredibilitas bisnis kita agar diketahui oleh semakin banyak orang.

Baca juga : Tips Penempatan Kata Kunci Pada Artikel

  • Newsletter

Mengirimkan email newsletter secara berkala adalah cara yang efektif untuk tetap mendapatkan perhatian dari audiens Anda saat ini dan menarik audiens baru. Banyak bisnis yang mulai menawarkan fitur newsletter pada website mereka dan banyak yang memanfaatkannya untuk memberikan promo tertentu.

  1. Speaking

Salah satu faktor yang membuat speaking menjadi sangat kuat adalah kita dapat berhadapan langsung dengan audiens dalam jumlah besar. Adalah sebuah kesempatan besar dapat berbicara di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan klien potensial untuk meningkatkan kredibilitas Anda. Kesempatan berbicara melalui kegiatan seperti konferensi, workshop, dan seminar, tentu berpeluang besar menarik minat audiens, karena audiens langsung bisa mendengarkan penjelasan mengenai sebuah produk langsung dari sumbernya.

  1. Social Media

Saat ini social media adalah suatu bagian yang penting dari sebuah proses  pemasaran dan branding dimana setiap bisnis harus memasukkannya sebagai bagian dari strategi mereka secara keseluruhan. Kuncinya adalah fokus pada maksimal tiga platform social media yang menurut Anda dirasa paling sesuai dengan konten bisnis Anda, kemudian fokus untuk mengembangkannya.

Baca juga : Tips Bisnis Online di Media Sosial

Dari empat macam media pemasaran dan strateginya yang telah disebutkan di atas, sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan semuanya sekaligus. Anda cukup memahami mana media pemasaran yang paling cocok diterapkan untuk bisnis Anda, kemudian fokus untuk mengembangkan strateginya, karena tentu akan jauh lebih efektif dan efisien daripada Anda memaksakan menjalankan semuanya tapi hasilnya tidak maksimal.

sumber artikel : https://blog.jejualan.com/

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat