Jenis Kabel USB

Jenis Kabel USB

sumber : merdeka.com

JENIS KABEL USB

Jogja One Solution – Kabel USB ini juga memiliki beberapa jenisnya dengan berdasarkan versi. Mungkin bagi orang awam akan sama saja apapun dari kabel USB. Nah agar Anda tidak salah beli, yuk perhatikan perbedaan antara macam kabel USB berikut ini ;

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Kabel USB OTG

Macam jenis dan versi kabel USB dibedakan Berdasarkan jenis kabel USB yaitu:

1. USB Type-A

USB Type A atau USB Standar A merupakan rancangan asli USB standar berbentuk persegipanjang yang rata. Salah satu ujungnya biasanya dicolokkan ke host yang mana port USB Type A sudah banyak terdapat pada PC, laptop. Bahkan sudah merambah pada game console dan media player.

Konektor USB Tipe-A

Hampir semua versi kabel USB yakni USB 1.1, USB 2.0 dan USB 3.0, menggunakan desain jenis kabel USB ini. Lihat pada gambar berikut.

Port Konektor USB Tipe-A pada Komputer

Dari gambar diatas,terlihat hanya 2 versi kabel USB yakni USB 2.0 dan 3.0 Untuk USB 1.1 tidak ada karena versi ini sudah tidak lagi digunakan. Namun yang membedakan yaitu pada versi 3.0 terdapat warna biru (jika kurang jelas baca lagi pada ulasan USB 3.0 & 2.0).

Ukuran standar pada USB Type-A memiliki ukuran Mini dan Micro. Seperti gamnar dibawah ini. Namun kedua ukuran ini sudah tak lagi digunakan.

USB Type-A Mini dan USB Type-A Micro

2. USB Type-B

Secara umum, pada sebuah kabel USB konektor USB Type-B ini berpasangan dengan konektor USB Type-A. Seperti yang sering kita temukan pada printer atau scanner.

Kabel USB Type-B ini memiliki 3 ukuran Standar, yaitu Standart, Mini dan Micro dengan ersi USB 2.0. Cek gambarnya dibawah ini!

Konektor USB Type-B
Apa perbedaannya?

  • USB Type-B Standar, pertama kali dibuat untuk digunakan pada versi USB versi 1.1 dan USB versi 2.0. Lebih sering jenis kabel USB iniSering digunakan pada perangkat yang cukup besar yang dihubungkan ke laptop atau PC.
  • USB Type-B Mini, memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran USB Type-B Standar. Biasanya digunakan pada kabel USB digital kamera, smartphone dan hardisk portabel.
  • USB Type-B Micro, memiliki ukuran yang lebih kecil dari USB Type-B Mini. Tapi untuk perannya USB B Micro ini juga banyak digunakan pada perangkat portabel.

Nama Micro USB dan Mini USB digunakan untuk nama USB Type-B Mni atau USB Type-B Micro, karena ukuran Mini dan Micro untuk USB Type-A tidak dipergunakan lagi.

Namun bila pada versi USB 3.0, ketiga ukuran jenis kabelUSB Type-B agak berbeda seperti pada gambar berikut ini.

Konektor USB Type-B Standard dan Micro

3. USB Type-C

Desain USB Type-C lebih mendukung pada versi kabel USB 3.1 yang mampu menghantar tegangan supply up to 20V (100W) dan 5A. Dimana USB Type-C ini mampu menghantarkan tegangan supply bi-directional power yakni 2 arah.

Port dan Konektor USB Type-C

Kabel jenis ini sering digunakan untuk mengis tegangan seperti pada laptop dan notebook misalnya. Kehadiran USB Type-C ini diklaim akan mengurangi jumlah pemakaian kabel pada perangkat elektronik.

Gimana sudah tahu kan Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB. Jadi anda tak perlu bingung lagi membedakannya. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat