Jenis-Jenis Pekerjaan Di Era Digital

Jenis-Jenis Pekerjaan Di Era Digital

Jenis-Jenis Pekerjaan Di Era Digital

Profesi-Profesi Baru Apa Aja yang Muncul di Era Revolusi Industri 4.0? (Bagian 1) | RencanamuJogja One SolutionEra Digital merupakan Terma untuk Zaman sekarang yang sangat dipenuhi oleh teknologi-teknologi. Karena itu pula, tuntutan-tuntutan zaman ini pun sangat berbeda dengan zaman sebelumnya. Tuntutan Era Digital ini berbeda dalam banyak bidang, bahkan termasuk profesi pekerjaan.Era digital sekarang ini cukup banyak menuntut keterampilan untuk seorang manusia. Mengapa? Karena pada era ini, segala sesuatu dikerjakan oleh mesin dan robot, karena selain tidak perlu menggaji orang-orang lagi, juga ditambah lagi mesin dan robot dianggap melakukan kesalahan jauh lebih sedikit dengan peluang melakukan kesalahan sangat kecil, bahkan cenderung tidak ada. Di lain sisi, manusia pun masih sering melakukan kesalahan. Berikut ini jenis-jenis pekerjaan di era digital.

 

 

1. Social Media Officer

Seseorang yang menjadi social media officer akan dituntut harus memahami dunia sosial media dikarenakan saat ini banyak orang-orang yang menggunakan sosial media untuk berinteraksi. Sosial media menjadi wadah untuk berinteraksi antara pemilik usaha dengan pelanggan. Sosial media haruslah terlihat menarik agak pesan yang disampaikan bisa dipahami oleh pengikutnya. Adapun ruang lingkup pekerjaannya seperti Content Analyst, Social Media Analyst, dan Head of Social Media.

2. Copywriter

Copywriter merupakan pekerjaan yang dilakukan diballik layar yaitu memikirkan konsep dan juga penulisan naskah sebuah iklan. Pekerjaan ini membutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang tinggi. Diharapkan iklan tersebut dapat melekat dan mempengaruhi serta menggerakkan orang yang melihat iklan tersebut sehingga mereka akan mencoba produk yang diiklankan.

3. Content Writer

Pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Tugas dari pekerjaan ini adalah membuat artikel. Maka dari itu pekerjaan ini dituntut untuk banyak membaca dan mencari informasi sebelum membuat artikel. Dibutuhkan kreatifitas dan ketelitian dalam menulis sebuah konten untuk menghasilkan artikel yang menarik. Konten yang dihasilkan juga harus bersifat fresh dan relevan untuk sebuah media sosial ataupun website perusahaan. Content Writer juga bertanggung jawab terhadap branding perusahaan, meningkatkan kualitas SEO pada website perusahaan dan memonitor statistic artikel.

4. Graphic Designer

Pekerjaan ini saat diminati, apalagi bagi perusahaan yang bergerak dibidang advertising atau periklanan. Desain graphic sebagai media komunikasi antara informasi dengan public secara visual. Setiap desain graphic yang dikerjakan harus mengandung unsur seni, visual dan Bahasa yang sempurna. Seseorang yang mengeluti pekerjaan ini harus bisa berinovasi sesuai dengan perkembangan jaman. Cara penyampaian informasi yang unik akan menjadi nilai lebih dikalangan publik.

5. UI/UX Designer

Pekerjaan ini bisa dikatakan agak rumit karena berhubungan langsung dengan user. UI design harus bisa menggambarkan bagaimana produk yang sudah dibuat, sedangkan UX design merupakan proses untuk membuat produk yang telah dibuat untuk digunakan sehingga tidak membingungkan saat digunakan.

6. Web Developer

Web developer menjadi salah satu pekerjaan yang saat ini dicari-cari, dikarenakan banyak bisnis online atau perusahaan yang menginginkan website. Fungsi dari web developer yaitu membangun sistem yang menghubungkan dunia offline ke dunia online.

Baca Juga  Tips Agar Pelanggan kembali Lagi

7. Digital Marketing

Profesi digital marketing adalah profesi yang paling banyak diincar, terutama oleh perusahaan-perusahaan digital yang terkenal. Digital marketing umumnya menguasai berbagai hal, dari mulai strategi planning, hingga melakukan eksekusi untuk planning tersebut. Digital marketing juga bertanggung jawab untuk mengelola iklan digital maupun mengurusi penjualan secara online.

8. Video Maker

Video marketing menjadi salah satu media promosi paling efektif dan menarik. Seorang video maker biasanya memiliki keahlian mengoperasikan tools dan juga membuat konsep yang menjadi inti dari video tersebut. Seorang video maker akan berkolaborasi dengan digital marketing maupun sosial media specialist untuk menentukan strategi apa yang paling cocok dan bagaimana untuk eksekusinya sehingga mampu menembus pasar.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat