Java Or Kotlin ?

Java Or Kotlin ?

Java Or Kotlin ?

Buat kalian yang bingung memilih java atau kotlin, baca dulu nih pengertian dan juga kapan kalian menggunakan java, kapan kalian akan menggunakan kotlin.

Java

Java adalah bahasa bahasa pemograman tingkat tinggi yang berorientasi pada object dan program java tersusun dari bagian yang disebut dengan class. Java merupakan bahasa pemograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.

Kotlin

Sedangkan kotlin adalah bahasa pemograman dengan pengetikan statis yang berjalan pada mesin virtual java ataupun menggunakan kompiler LLVM yang dapat pula dikomplikasikan kedalam bentuk kode sumber JavaScript.

Kapan Menggunakan Kotlin dan Kapan Menggunakan Java ?

  • Bagi pemula yang belum pernah mencoba android dan ingin mencoba membuat aplikasi menggunakan android tetaplah menggunakan Java. Karena banyak tutorial yang menggunkan Java dibanding kotlin
  • JIka bisa membuat aplikasi dengan Java dan sudah terbiasa, bisa menggunakan kotlin karena sudah paham akan ribetnya Java
  • Jika proses pengembangan aplikasi Android dalam rentang pengembangan 160-200 jam dan arsitekturnya kurang kompleks, beralihlah ke Kotlin.
  • Jika proses pengembangan akan berkisar sekitar 5 – 6 bulan, masih tidak apa-apa menggunakan Kotlin.
  • Jika proyek akan berlangsung selama lebih dari 12 bulan, hindari migrasi ke Kotlin.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat