Jadi Lebih Pilih Mana Instagram Atau Facebook?

Jadi Lebih Pilih Mana Instagram Atau Facebook?

Jadi Lebih Pilih Mana Instagram Atau Facebook?

 

Marketing Online – Berjualan online di era sekarang ini memang sudah digandrungi oleh kalangan masayarakat. Ada kelebihan dan kekurangan erbelanja online, salah satu kelebihan berbelanja oleh ini adalah mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Salah satu sosial media yang digunakan untuk berjualan online adalah instagram dan facebook. Nah, jadi sebenarnya yang manas sih diantara kedua sosial media ini yang lebih baik untuk berjualan? Simak baik – baik yaa

Kelebihan Instagram

Sebagai sosial media yang berfokus pada kemudahan akses foto tanpa caption bertele-tele, Instagram memiliki kelebihan untuk kamu yang memiliki usaha yang bentuknya fisik. Seperti kuliner atau pakaian.

Instagram juga dikatakan memiliki lebih dari 800 juta penggunan aktif setiap bulannya dengan 500 juta pengguna aktif setiap harinya. 80% dari pengguna aktif instagram berada di luar Amerika Serikat dan Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi. Tak heran kalau banyak bisnis online yang berkembang di Instagram. Para pengguna Instagram juga umumnya lebih tertarik untuk melihat lebih lanjut tentang sebuah postingan daripada Facebook. Instagram memiliki engagement rate tertinggi diantara tiga raksasa sosial media (Twitter, Facebook dan Instagram).

Tapi kembali lagi, ini semua karena foto-foto dari merek-merek ternama yang ada di Instagram terpasang dengan baik. Ada yang mengatakan bahwa di Instagram kamu tidak bisa melakukan hard-selling dengan foto yang biasa saja, kecuali kamu benar-benar barang atau jasa yang dicari orang.Instagram rata-rata digunakan oleh orang berusia 18–29 tahun.

Karena itu, barang-barang kekinian dan cenderung disukai anak muda biasanya laris manis bila dijual di Instagram. Pengguna Instagram juga kebanyakan adalah perempuan, tak heran kalau banyak online shop diet, pakaian dan juga kecantikan yang bercokol di sosial media satu ini.

Kelebihan Facebook

Sosial media yang satu ini sangat sering digunakan untuk nyampah soal status dan kehidupan pribadi. Tetapi apa benar tempat ini tidak bisa digunakan untuk jualan? Facebook memiliki pengguna yang paling tinggi di antara sosial media lainnya. Selain itu, Facebook juga memiliki sistem grup yang bisa dimasuki oleh kamu sebagai tempat berjualan. Banyak orang-orang yang masuk ke dalam grup masak untuk menjual usaha kuliner mereka, atau ke grup seni untuk menjual hasil karya mereka.Sistem grup ini tidak ada di Instagram dan bisa menjadi ajang kamu untuk menebar jala secara gratis.

Berbeda dengan Instagram, ketika kamu menggunakan Facebook, sebaiknya kamu menggunakan hard-selling karena pengguna Facebook Indonesia cenderung ingin kejelasan dari barang yang kamu jual di caption. Berbeda dengan Instagram yang lebih mementingkan visualnya.

Berbeda pula dengan Instagram yang sangat populer di kalangan anak muda, Facebook lebih disukai oleh kalangan yang lebih tua. Pengguna dari umur 25 hingga 65+ cukup tinggi di Facebook, berbeda dengan Instagram yang populer di kalangan 18–29. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk menebar jala.

Kesimpulannya?

Facebook dan Instagram memiliki kelebihan yang cukup berbeda. Jadi untuk kamu yang ingin menjual dengan target market yang lebih tua dan lebih mementingkan hard-selling, sebaiknya kamu pilih Facebook. Bila kamu ingin menjual hal yang lebih kekinian dan yakin bahwa visual dari akun kamu akan baik, serta apa yang ingin kamu jual itu untuk anak muda sebaiknya kamu gunakan Instagram.

Ada baiknya untuk memiliki kedua jenis sosial media ini untuk usaha kamu. Tetapi untuk penjualannya kamu tetap bisa berfokus pada satu sisi. Jangan lupa kamu pun harus mudah dihubungi oleh para calon pelanggan, seperti dengan WA, LINE atau SMS dan telepon.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat