Inilah Pengertian, Contoh Penggunaan dan Fungsinya Iframe

Inilah Pengertian, Contoh Penggunaan dan Fungsinya Iframe

Inilah Pengertian, Contoh Penggunaan dan Fungsinya Iframe

Mengenal IFRAME dalam Membuat Halaman Website – Belajar KomputerJogja One Solution – Anda pernah membaca artikel yang dilengkapi dengan video menarik? Tahukah Anda bahwa video tersebut bisa saja berasal dari website lain? Itulah contoh penggunaan iFrame. Nah untuk lebih jelasnya inilah pengerian, contoh penggunaan dan fungsinya iframe, yuk simak artikelnya.

Pengertian iframe

Apa itu Iframe? Iframe merupakan singkatan dari “inline frame,” segmen dari sintaks HTML. Iframe umumnya diterapkan ketika menggunakan sumber daya dari satu situs web Anda sendiri tanpa membuat konten duplikat. Pada dasarnya, iframe memungkinkan Anda untuk menyematkan situs web lain dalam kode situs web Anda, seperti halaman di dalam halaman.

Iframe juga bisa ditemukan pada video YouTube dengan tag iframe memuat pemutar video YouTube dengan ID yang disediakan dalam kode. Iframe juga memiliki parameter lain yang ditentukan, seperti tinggi, lebar, bingkai, dll. Parameter ini akan digunakan oleh skrip yang memuat pemutar video YouTube.

Banyak situs web pihak ketiga lainnya dapat memberikan kode embed iframe kepada pengguna untuk memasukkan elemen tertentu di situs web. Paling umum penyedia layanan analisis web, situs media sosial, dan situs berbagi video menawarkan kode embed pengguna dalam format iframe.

Untuk sebagian besar pengguna, iFrames bermanfaat karena menjaga pemisahan antara dokumen HTML utama (situs Anda) dan konten eksternal yang Anda muat ke dalamnya. Iframe membantu karena dua alasan.

Pertama, Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui konten pihak ketiga yang ingin Anda tampilkan. Mitra iklan Anda dapat mengubah promosi mereka, umpan Facebook Anda dapat melakukan refresh, dan Google Maps dapat menyesuaikan untuk perkembangan alamat baru.

Selain itu, menjaga pemisahan antara konten Anda dan situs lain dapat memberikan keamanan tambahan. Anda tidak perlu khawatir mengimpor kerentanan atau kesalahan secara tidak sengaja dengan menambahkan kode pihak ketiga secara langsung ke file situs Anda.

Dampak Iframe ke SEO

Strategi SEO

Jika anda akan menggunakan konten dari situs web lain dengan iframe, Anda mungkin khawatir akan menurunkan peringkat SEO situs web Anda. Iframe memang bisa saja mempengaruhi SEO atau Search Engine Optimizzation dan dampaknya mungkin saja bisa berakibat pada hal-hal di bawah ini :

  1. Pengindeksan situs web oleh robot pencarian akan terganggu ketika beralih ke frame.
  2. Beberapa browser tidak mendukung iframe karena sudah usang, atau hanya berfungsi dengan konten audio, dll.
  3. Terkena resiko sanksi. Sanksi mesin pencari dapat dikenakan ketika ada konten ilegal dalam frame.

Untuk menghindari kemungkinan kesalahpahaman dengan robot pencarian dan pengguna yang browsernya tidak mendukung fungsi ini, webmaster menyembunyikan iFrame dari pengindeksan dan menambahkan notifikasi yang sesuai dan akan ditampilkan jika window background tidak terbuka, menyarankan pengguna untuk memperbarui browser.

Konten dari tag <noframes> ditampilkan di browser ketika tidak mendukung iFrame. Pada saat yang sama, browser lain yang dapat memproses halaman iframe tidak memperhatikannya. Seharusnya deskripsi lengkap diungkapkan untuk menjaga pengguna di situs web.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat