Inilah Fungsi dan Jenis-Jenisnya Mikrotik

Inilah Fungsi dan Jenis-Jenisnya Mikrotik

Hasil gambar untuk Inilah Fungsi dan Jenis-Jenisnya MikrotikJogja One Solution – Sebagian besar remaja pasti pernah pergi ke warung internet alias warnet yang sangat terkenal di masanya. Ketika operator seluler belum mulai menyediakan layanan paket internet pribadi, orang-orang memilih pergi ke warnet untuk berselancar, entah untuk berjejaring sosial atau sekadar menonton video di YouTube. Namun, apakah kamu tahu dari mana asal jaringan internet yang digunakan warnet yang biasa kamu kunjungi?. Terdapat sebuah inovasi teknologi yang memudahkan pemilik warnet untuk menyediakan layanan internet kepada komputer-komputer untuk pelanggan. Teknologi tersebut adalah mikrotik. Inilah fungsi dan jenis-jenisnya mikrotik.

Pengertian Mikrotik

Secara umum, mikrotik merupakan sistem operasi dan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjadikan sebuah PC atau komputer untuk router network yang handal. Didalam routernya tadi, PC juga bisa mencangkup banyak fitur unggulan seperti IP Network jaringan wireless, provider warnet dan hotspot. Jadi, mikrotik benar-benar membantu para penggunanya.

Mikrotik memang didesaik khusus untuk memudahkan berbagai keperluan jaringan komputer. Sebut saja seperti merancang dan juga membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga kompleks. Dewasa ini, usaha warnet kebanyakan menggunakan mikrotik untuk routernya. Hasilnya, tidak sedikit dari pengusaha tersebut merasa puas dengan kinerja mikrotik tersebut.

Terlebih dengan kemajuan dunia teknologi yang didalam mikrotiknya sendiri ada banyak fitur tambahan yang disediakan. Fitur tersebut yang membuat mikrotik semakin diminati penggunanya. Contoh fitur tambahannya adalah:

  1. Ipsec
  2. Caching DNS Client
  3. Routing Static Routing
  4. Firewall dan NAT
  5. Web Proxy
  6. UpnP
  7. SNMP
  8. MNDP
  9. Monitoring atau accounting
  10. Tools dan masih banyak fitur lainnya

Perbedaan mikrotik dengan sistem operasi yang lawas adalah kelebihan fitur yang telah disebutkan tadi. Tidak heran mikrotik menjadi sistem operasi paling ringan dan juga sederhana. Jadi wajar jika banyak usaha warnet menggunakan mikrotik. Tidak sedikit orang yang bingung perbedaan mikrotik dan router. Perlu Anda tahu bahwa router merupakan perngkat yang menjembatani ua jaringan.

Sedangkan mikrotik adalah sistem operasi yang masuk kedalam bagian open source system namun tidak termasuk software gratisan. Mikrotik biasanya banyak dipakai untuk ISP, warnet, toko game online hingga provider hotspot. Ini mempunyai banyak fasilitas menarik, contohnya hotspot for plug and play access, statefull firewall dan masih banyak lainnya.

Mikrotik yang tersedia di pasaran tidak hanya satu jenis saja. Perusahaan mikrotik mengembangkan dua produk mikrotik yang bernama Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. Cara setting mikrotik tersebut berbeda sesuai kebutuhannya. Berikut penjelasan dua jenis mikrotik tersebut:

1. Mikrotik RouterOS

Jenis mikrotik ini adalah sistem operasi basis UNIX yang menjadikan komputer biasa untuk menyediakan fitur seperti hotspot, brigde, proxy server, router, firewall dan masih banyak lainnya. Settingnya sangat mudah sehingga tidak heran banyak orang yang menggunakannya untuk router.

2. Routerboard

Jika yang sebelumnya adalah sistem operasi perangkat lunak, berbeda dengan Routerboard. Mikrotik ini merupakan perangkat keras jaringan yang dikembangkan perusahaan mikrotik. Routerboard diinstal sistem operasi RouterOS. Meskipun bentuknya adalah perangkat keras, tetap saja bentuknya cukup praktis dan juga sangat kecil ukurannya.

Routerboard ini terdiri dari berbagai komponen. Sebut saja seperti RAM, ROM, memory flash dan juga prosessor. Harga mikrotik jenis ini dipasaran juga cukup terjangkau. Dimana Anda harus merogeh kocek sebesar 700 ribu hingga 800 ribu untuk mendapatkannya. Untuk cara settingnya juga cukup mudah namun tidak semudah jenis mikrotik yang sebelumnya.

Fungsi Mikrotik

Setelah paham apa itu mikrotik, Anda pasti penasaran apa fungsi mikrotik sehingga sangat banyak dipakai dewasa ini.  Fungsi perangkat ini di jaringan sangatlah penting. Berikut 6 fungsi utama mikrotik yang harus Anda ketahui:

1. Fungsi utama mikrotik adalah untuk memblokir situs yang mengandung konten yang dilarang menurut undang-undang. Dengan adanya mikrotik, tentu ikut mendukung program penggunaan internet positif untuk konten yang tidak sesuai.

2. Mikrotik berfungsi untuk mengatur serta mengkonfigurasikan LAN menggunakan PC Mikrotik Router OS dan perangkat keras yang rendah

3. Fungsi adanya mikrotik adalah untuk mengatur jaringan internet yang bisa dilakukan secara terpusat sehingga admin mudah untuk melakukan pengelolaan data

4. Mikrotik bisa digunakan untuk billing hotspot yang mudah melakukan konfigurasi dan pembagian bandwith untuk setiap jaringan

5. Mikrotik bisa difungsikan untuk perangkat pembuatan PPPoE Servers

6. Mikrotik bisa digunakan untuk memisahkan bandwith traffic internasional dan juga lokal

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat