Influencer Sebagai Pemasaran Produk

Influencer Sebagai Pemasaran Produk

Influencer Sebagai Pemasaran Produk

Alasan Brand Harus Mengintegrasikan Influencer dalam Strategi Pemasaran -  StarNgageJogja One Solution – Dengan bermunculannya bisnis startup baru setiap harinya, tantangan utama yang dihadapi para pebisnis startup adalah suatu kompetisi antar bisnis. Semakin sulit bagi para pebisnis startup untuk bisa “menonjol” dari para kompetitor lain. Faktanya, sebagian besar bisnis startup gagal di tahun-tahun awal mereka karena keterbatasan dana anggaran, minim kompetensi, dan sumber daya. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Anda sebagai pebisnis startup harus fokus kepada bagaimana bisnis Anda bekerja secara “cerdas”. Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan strategi Pemasaran Influencer. Influencer sebagai pemasaran produk ini akan di bahas pada artikel ini

A. Mengenal Influencer

Influencer adalah orang-orang yang eksis, populer dan kemudian memiliki jaringan pertemanan atau pengikut (follower) dalam jumlah yang banyak di media sosial, sehingga mampu menggiring opini audience.

Influencer bisa lahir dari mana saja dan dari latar belakang sosial apapun. Instagram, Youtube, Twitter dan Facebook adalah media sosial mainstream yang telah melahirkan banyak influencer. Belakangan, TikTok juga memiliki trend untuk menjadi media sosial selanjutnya, yang akan melahirkan influencer-influencer baru.

B. Jasa Endorsement

Dengan banyaknya jumlah pengikut, para influencer mengambil kesempatan dengan membuka jasa endorsement melalui halaman media sosial mereka.

Saat Anda memilih influencer, Anda harus memperhatikan keaslian dari followers. Banyak sekali akun palsu yang mungkin akan ditemukan dilapangan. Hal ini tentunya akan membuat promosi Anda tidak berhasil, karena followers yang ada bersifat tidak asli dan tidak aktif.

Untuk melihat keasliannya, hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah melihat ke nama akun. Akun palsu biasanya cenderung menggunakan angka di belakang nama. Contohnya: @ABC899

C. Perlukah Bekerjasama Dengan Influencer?

Setiap influencer memiliki target audience masing-masing. Influencer A mungkin memiliki audience remaja usia sekolah, influencer B memiliki audience dewasa, influencer C memiliki audience khusus perempuan, dan seterusnya.

Jika melihat trend saat ini, jasa endorsement melalui influencer tampaknya sedang naik daun.

D. Tips Pemasaran Melalui Influencer

Ada beberapa tips dasar yang bisa Anda ikuti apabila ingin memakai jasa endorsement dari influencer.

1. Jumlah Pengikut

Pastikan influencer yang ingin Anda ajak bekerjasama, memiliki jumlah pengikut yang banyak untuk dipengaruhi.kamu bisa melihat dari seberapa banyak jumlah followers yang dimilikinya.Dengan kata lain, follower yang ada adalah fiktif. Jelas ini tidak akan efektif untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa. Tidak bisa dihindarkan lagi bahwa semakin terkenal seseorang, akan semakin banyak orang yang juga tidak suka dengannya. Akan tetapi, banyak orang yang memang tidak suka kemudian menjadi pengikut untuk melihat setiap perilaku yang dilakukan oleh influencer tersebut.

2. Target Audience

Apabila Anda menjual produk kecantikan misalnya, pastikan influencer yang Anda ajak kerjasama adalah influencer dengan target audience perempuan. Kesalahan memilih influencer berpotensi membuat pemasaran gagal.

3. Aspek Formal

Pastikan influencer yang ingin Anda ajak kerjasama sudah memiliki format yang jelas tentang hitam di atas putih dari perjanjian kerjasama yang dilakukan. Jangan sampai Anda tertipu.

4. Negosiasi

Semakin terkenal seorang influencer, biasanya akan semakin mahal tarif yang akan dikenakan untuk melakukan promosi melalui akunnya. Tarif yang dikenakan oleh masing-masing influencer juga beragam, mulai dari Rp 100ribu hingga jutaan rupiah. Jadi, pastikan untuk menyesuaikan tarifnya dengan budget promosi yang Anda miliki.

Bila ditanya bagaimana peran influencer dalam marketing digital saat ini tentu sangat besar. Mereka adalah orang-orang dengan profesi baru yang menawarkan jasanya bagi perusahaan atau bisnis yang ingin mempromosikan produk atau jasanya. Dengan semakin banyak media digital yang berkembang, membuat influencer saat ini memiliki berbagai sebutan seperti selebgram, blogger, youtubers dan lainnya. Lakukan negosiasi terkait biaya, apabila dimungkinkan.

5. Relasi Jangka Panjang

Apabila Anda puas dengan performa seorang influencer, bangun relasi yang positif supaya terjalin simbiosis mutualisme yang ajeg, seling menguntungkan dan berkembang bersama.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat