Hosting Adalah Faktor Penting Untuk Websitemu

Hosting Adalah Faktor Penting Untuk Websitemu

Hosting Adalah Faktor Penting Untuk Websitemu

16 Web Hosting Gratis dan Perbandingannya | MARKEYJogja One Solution – Saat Anda berencana untuk memulai bisnis e-commerce, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah memilih web hosting yang tepat. Memilih web hosting dapat berpengaruh besar, apakah penjualan akan meningkat atau malah memberi dampak negatif untuk bisnis. Layanan web hosting terbaik akan membantu website Anda memiliki kinerja yang lebih cepat, tetap aman, dan tidak pernah offline. Ada banyak vendor yang menjanjikan untuk memberi layanan web hosting terbaik, namun Anda perlu memilihnya dengan hati-hati agar tidak salah pilih. Pada artikel ini, kami memecah enam karakteristik yang paling penting saat memilih web hosting. Hosting adalah faktor penting untuk websitemu coba saja sekarang.

Pengertian Hosting

Anggap saja kamu hendak membangun rumah di sepetak tanah dengan alamat Jalan Mangga nomor 2. Di rumah tersebut, kamu akan membagi ruangan menjadi dapur, kamar tidur, ruang tamu, dan sebagainya. Inilah hosting, domain, website, dan subdomain.

ilustrasi hosting adalah sepetak tanah

Dari contoh di atas, kita bisa melihat pengertian hosting adalah “sepetak tanah” yang berfungsi untuk menyimpan datamu di websiteHosting digunakan untuk menempatkan website alias rumah, beserta alamat IP yang digantikan dengan nama domain, atau pada contoh di atas adalah “Jalan Mangga Nomor 2”. Lalu, hosting juga menyimpan informasi terkait “ruangan” pada website yang disebut sebagai “subdomain”.

Jenis-jenis Hosting

Ketika memilih “lahan” alias hosting untuk membangun website, kamu harus pintar-pintar memilih jenis hosting sesuai budget dan keperluanmu. Sesuai dengan kebutuhan dan tujuan membuat website, setidaknya ada empat jenis hosting yang bisa kamu ketahui:

  • Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting tradisional yang membagi satu server untuk beberapa pengguna sekaligus, tergantung kekuatan server. Kelebihan layanan hosting yang satu ini adalah harga yang sangat terjangkau karena kamu seperti membayar sewa server secara patungan dengan para pengguna lain.

Namun, jika website-mu atau website pengguna lain di server yang sama sedang mendapat traffic tinggi, website lainnya akan mengalami “kemacetan” atau loading page yang lambat. Selain itu, jika sebuah server mengalami kerusakan, penyedia hosting memerlukan waktu yang belum dapat ditentukan hingga server bisa berfungsi kembali, karena server harus diperbaiki secara manual.

Selama kerusakan ini terjadi, website yang tersambung dengan server tersebut akan mengalami down-time hingga server selesai diperbaiki.

  • Cloud Hosting

Agak mirip dengan sharedcloud hosting juga dipakai oleh beberapa pengguna sekaligus. Bedanya, di cloud hosting para pengguna tidak hanya mengandalkan satu server karena ada beberapa server yang saling tersambung sehingga ketika salah satu server mengalami kerusakan, server lainnya akan segera mengambil alih hosting tersebut dan durasi down-time yang dihabiskan sebuah website pun akan terpangkas banyak.

Inilah kelebihan cloud hosting yang membuat harganya sedikit lebih tinggi ketimbang shared hostingCloud hosting akan cocok jika website-mu mempunyai traffic yang sedang hingga lumayan tinggi. Salah satu layanan cloud hosting murah terbaik yang bisa kamu andalkan adalah Dewaweb.

  • Virtual Private Server (VPS) Hosting

VPS atau Virtual Private Server hosting adalah titik tengah antara cloud hosting dan dedicated server. Sebab, pengguna bisa menggunakan server yang mempunyai fungsi mirip dengan dedicated server namun dengan harga semurah cloud atau shared hosting. Kelebihan lain VPS yaitu setiap pengguna mempunyai akses root ke ruang virtual sendiri sehingga akan lebih aman jika kamu berniat menggunakan hosting yang satu ini.

  • Dedicated Server

Dedicated server menawarkan kontrol maksimal atas server hosting yang digunakan oleh website-mu. Artinya, kamu menguasai seluruh channel hosting yang disediakan oleh server tersebut. Dedicated server akan cocok untukmu jika website yang kamu kelola mempunyai traffic yang sangat tinggi.

Namun, jika memutuskan untuk menggunakan dedicated server, pastikan kamu telah menyiapkan budget yang jauh lebih tinggi daripada ketiga jenis hosting di atas. Selain harga yang kurang cocok untuk digunakan oleh individu, dedicated server juga memerlukan ruangan khusus yang dilengkapi oleh pendingin selama 24 jam untuk menjaga temperatur mesin server tetap stabil.

Ingat, memahami jenis hosting adalah salah satu faktor penting yang perlu kamu perhatikan ketika mempelajari cara membuat website. Ibarat developer rumah, hosting akan menyediakanmu sejumlah space untuk membangun “rumah” alias website. Oleh karena itu, kamu juga perlu memerhatikan kualitas hosting dengan mengecek kecepatan dan keamanan, serta hasil testimoni dari para pengguna.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Hosting?

Agar dapat memenuhi kelayakan kualitas “lingkungan” untuk membangun website, kamu memerlukan penyedia hosting yang mempunyai reputasi bagus dengan produk hosting yang aman dan berkualitas. Aman, agar data yang kamu simpan terhindar dari hacker dan virus berbahaya. Berkualitas mencakup berbagai kelebihan, seperti kecepatan loading website, layanan prima 24/7, dan kemudahan recovery ketika data yang kamu simpan tiba-tiba hilang atau tidak sengaja terhapus..

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat