Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Layanan Hosting

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Layanan Hosting

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Layanan Hosting

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Layanan Hosting – Website merupakan salah satu media promosi online yang seringkali digunakan pada setiap perusahaan. Media promosi ini cukup efektif karena dapat diakses dimanapun dan kapan pun. Memiliki sebuah website juga memerlukan perawatan untuk  membuat website tersebut mempunyai performa yang profesional. Terdapat juga beberapa software pembantu website. Salah satunya adalah hosting. Sebelum anda menggunakan hosting, perlu anda ketahui hal – hal berikut ini.

1. Kualitas Performa Sever

Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda perlu mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu. Ini adalah hal paling utama yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai kesuksesan Anda di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya.

Ada banyak parameter yang bisa Anda lihat. Misalnya, lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pelanggan Anda berada. Apabila Anda ingin membuat website dengan calon pelanggan dari Indonesia, akan lebih baik apabila server website Anda juga berada di Indonesia.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting Anda. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

Anda dapat mencari informasi spesifikasinya pada website layanan web hosting yang Anda inginkan. Jika Anda menemukan kesulitan, segera tanyakan ke bagian Customer Support layanan yang bersangkutan.

2. Customer Support 24 Jam dan Berkualitas

Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan layanan hosting yang memiliki tim Customer Support berkualitas.

Idealnya tim Customer Support layanan hosting Anda harus tersedia 24 jam. Ini artinya, mereka selalu siap sedia kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis. Tidak hanya siap sedia, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan Anda dengan baik. Tingkat keramahan serta sopan santun petugas Customer Support adalah parameter utama yang perlu Anda jadikan perhatian di sini. Tentu Anda ingin diperlakukan dengan baik, bukan?

Kemudian, perhatikan juga melalui cara apa Anda dapat menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara komunikasi untuk Anda seperti tiket bantuan, email, live chat, maupun panggilan telepon.

Ada banyak layanan hosting tersedia di luar sana, namun tidak semua layanan hosting memiliki tim Customer Support yang baik. Jika Anda menemukan layanan yang bisa mengakomodasi Anda seperti ini, jangan ragu lagi untuk menggunakan layanan mereka.

3. Harga Terjangkau dan Unlimited

Ketika memilih layanan web hosting, pastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Harga yang Anda bayarkan idealnya sesuai dengan paket maupun layanan yang Anda gunakan. Jangan sampai, misalnya, Anda harus membayar terlalu mahal untuk layanan serupa di perusahaan penyedia layanan lain.

Anda dapat membandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket antar layanan hosting berikut harganya. Tentu saja, perbandingan ini sebaiknya bersifat apple to apple. Level harga yang lebih tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta performa yang lebih baik.

Contohnya di sini adalah VPS (Virtual Private Server). Layanan VPS memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan paket hosting unlimited. Mengapa? Layanan VPS menawarkan spesifikasi teknis yang lebih memadai, sehingga performa yang dihasilkan dapat menjadi jauh lebih baik.

Di sisi lain, ada penyedia layanan yang menetapkan harga sangat murah. Harga murah memang baik adanya, namun tidak selamanya lebih baik. Untuk apa memilih layanan yang murah tapi tidak memiliki kualitas layanan yang baik?

Karenanya, kami menyarankan agar Anda benar-benar memperhatikan layanan yang Anda gunakan. Pastikan Anda mendapatkan harga terjangkau, namun tetap memperoleh layanan hosting terbaik.

4. Garansi Uang Kembali

Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, si penyedia layanan di sini menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan.

Dari sudut pandang pelanggan, adanya fasilitas ini tentu sangat menggembirakan. Bayangkan, penyedia layanan hosting memberikan jaminan kepuasan kepada Anda. Jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, Anda bisa melakukan klaim dan uang Anda akan dikembalikan.

Hampir setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang ditetapkan bisa berbeda-beda. Hendaknya Anda memilih layanan dengan syarat serta ketentuan yang tidak menyesatkan.

5. Fitur Tambahan

Selain fitur utama, Anda perlu mempertimbangkan fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan hosting Anda. Ada banyak fitur yang biasanya disediakan. Saking banyaknya, bisa jadi Anda kurang fokus mengecek serta memilah fitur apa yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

Biar kami beritahukan kepada Anda, Anda perlu memperhatikan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan. Misalnya, Anda memerlukan fitur SpamAssassin Protection serta SpamExperts. Fitur ini nantinya akan membantu Anda mengatasi spam pada website Anda dengan lebih mudah.

Selain itu, masih soal keamanan, Anda perlu memasang BitNinja Smart Security. Ini adalah tool yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan server Anda dari serangan botnet, malware, maupun hacker. Tanpanya, website Anda bisa jadi lebih rentan terhadap serangan.

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan ketersediaan fitur lain yang mungkin Anda butuhkan pada website. Misalnya, jika Anda ingin lebih mudah membangun website, Anda bisa menggunakan fitur tambahan Website Builder. Atau mungkin Anda ingin menginstal tool serta plugin tanpa kerepotan? Anda dapat menggunakan Softaculous Auto Installer, misalnya.

Masih banyak lagi fitur tambahan yang dapat disediakan oleh suatu perusahaan penyedia layanan hosting. Untuk informasi lebih lengkap, tentu Anda dapat menanyakannya secara langsung pada Tim Support perusahaan yang bersangkutan.

6. Review Pelanggan

Sebelum memutuskan layanan apa yang ingin Anda gunakan, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan pendapat orang lain. Dalam hal ini, Anda perlu melihat review dari pelanggan lain.

Ada banyak sumber yang bisa Anda telusuri, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mengenai suatu layanan hosting. Tidak semuanya obyektif, tentu saja. Anda perlu sedikit berhati-hati di sini, karena banyak yang hanya ingin memanfaatkan rasa ingin tahu Anda demi mengeruk keuntungan pribadi. Saran kami, hanya baca ulasan dari blog dan forum terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih obyektif.

Kelebihan dan kekurangan adalah kuncinya. Anda dapat menyimak kelebihan serta kekurangan, berdasarkan pengalaman mereka, suatu layanan hosting dari sudut pandang pengguna lain. Kemudian, refleksikan kepada diri Anda, bagaimana jadinya jika Anda mengalami hal serupa. Ini adalah cara efektif menakar baik atau buruk suatu layanan berdasarkan ulasan orang lain.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat