Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Strategi Pemasaran Online

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Strategi Pemasaran Online

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Strategi Pemasaran Online

√ MACAM-MACAM STRATEGI PEMASARAN ONLINEgedung arsitektur: MACAM-MACAM  STRATEGI PEMASARAN ONLINEJogja One Solution – Tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena bisa berdampak pada usaha Anda. Begitu juga dengan strategi pemasaran online yang kini sedang marak digunakan oleh pelaku usaha. Strategi pemasaran satu ini tidak bisa lepas dari peranan teknologi dan internet, karena kedua hal tersebut merupakan sarana untuk menggunakan strategi ini. Namun, ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menyusun strategi pemasaran secara online ini. Kira-kira apa saja sih yang perlu diperhatikan? Nah, simak informasi  mengenai hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyusun Strategi Pemasaran Online di bawah ini:

Dalam tulisan ini, poin-poin tersebut akan dibahas secara ringkas dan lengkap.

1. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan – Target pasar

Target pasar menjadi salah satu poin paling penting dalam digital marketing. Hal ini dikarenakan pasar merupakan komponen utama selain produk dalam bisnis yang Anda jalankan. Tanpa pasar yang sesuai, produk yang Anda bangun tak akan ada gunanya, bahkan nyaris sia-sia. Pun dalam digital marketing. Jika Anda menargetkan customer Anda adalah manula yang kebanyakan tidak akrab dengan teknologi digital, barangkali mencoba digital marketing adalah hal yang sia-sia. Namun, sebaliknya jika target customer Anda adalah para millennial yang akrab dengan internet dan teknologi, mungkin cara ini sesuai. Jadi, sebelum melakukan digital marketing, pastikan target pasar Anda jelas dan sesuai dengan demografi internet user pada umumnya.

2. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan – Channel yang digunakan

Jika customer telah ditentukan dengan tepat, kini saatnya Anda memilih channel yang sesuai untuk meraih atensi mereka dengan maksimal. Internet marketing atau digital marketing memiliki banyak sekali channel yang bisa digunakan. Dari mulai content marketing, email, social media, hingga iklan, semuanya tersedia. Tugas Anda adalah memilih apa saja dari sekian banyak channel tersebut yang paling sesuai dengan target pasar Anda. Dengan memilih channel yang sesuai, Anda dapat menghemat biaya maupun tenaga untuk melakukan proses marketing secara digital.

3. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan – Teknologi yang dipakai

Tak cukup sampai sana, penggunaan teknologi di sini juga sangat berpengaruh. Terutama jika Anda mengelola bisnis dalam skala yang cukup besar. Tentu saja tanpa bantuan teknologi Anda akan kewalahan menghadapi customer yang jumlahnya bisa jutaan. Belum jika bisnis Anda memiliki varian produk yang banyak. Dalam hal ini, pemilihan teknologi yang tepat sangat berpengaruh terhadap proses digital marketing yang Anda lakukan.

4. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan – Big Data

Data membantu Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak Anda ketahui. Misalnya saja ada berapa banyak customer yang menginginkan produk Anda, bagian mana dari produk Anda yang paling menarik bagi mereka, hingga apa yang customer harapkan dari produk Anda. Sebuah bisnis digital umumnya wajib memiliki data scientist yang bertugas untuk menyajikan data-data ini kepada digital marketing. Tentu saja big data diperlukan karena proses digital marketing umumnya berlangsung sangat cepat dengan perubahan-perubahan yang umumnya juga sangat dinamis.

Baca Juga:  Kerja yang Nyaman Bukan di Startup

5. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan – Konten

Konten adalah tentang bagaimana Anda menyampaikan sebuah produk kepada calon customer. Konten meliputi berbagai hal, baik itu dari segi audio, visual, maupun teks. Dalam digital marketing, konten berperan sangat penting sebab proses marketing dilakukan secara tanpa tatap muka. Sehingga semua pesan tergantung pada konten yang Anda sampaikan.

6. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan- Talent

Jika Anda berada di Indonesia, isu ini barangkali menjadi isu paling krusial, yakni kurangnya sumber daya yang mumpuni di bidang digital marketing. Skill digital marketing menjadi sesuatu yang paling banyak dicari. Sayangnya memang tidak semua orang kompeten dalam melakukan hal ini, termasuk mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing, belum tentu mereka kompeten dalam menggunakan tools maupun berbagai teknologi dalam digital marketing. Oleh karena itu, talent menjadi faktor penting dalam digital marketing yang harus Anda perhatikan.

7. Budget

Last but not least, budget juga salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam digital marketing karena ini adalah salah satu faktor paling penting. Pada prinsipnya, proses digital marketing memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun, Anda jangan khawatir karena dengan proses dan teknik yang tepat, revenue yang Anda dapatkan dapat berkali lipat.

Semoga Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyusun Strategi Pemasaran Online dapat membantu kamu yaa!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat