Fungsi Kabel USB OTG

Fungsi Kabel USB OTG

sumber : jurnalponsel.com

FUNGSI KABEL USB OTG

Jogja One Solution – Pernahkah Anda menggunakan mesin ketik? Seperti kita ketahui juga bahwa mesin ketik seiring dengan perkembangan jaman kini semakin hilang. Maka dari itu dibutuhkan USB OTG untuk memindahkan dokumen.  lantas Apakah anda tahu seperti apa pengertian dan fungsi dari USB OTG tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini :

Pengertian kabel USB OTG

kabel USB OTG

Seperti biasa, saya memulai pembahasan dengan menjelaskan pengertianya terlebih dahulu. Tujuanya, agar kita tidak mengalami miskonsepsi.

Kabel USB OTG atau  Universal Serial Bus On The Go adalah kabel yang memiliki fungsi utama menghubungkan flashdisk dengan android. tak sekadar menghubungkan, USB OTG juga bisa digunakan untuk transfer data dari flashdisk ke android. Bahkan sesuai dengan perkembangannya saat ini, kita bisa memanfaatkan kabel USB OTG untuk beberapa kegiatan unik lainya.

Saya akan jelaskan pada bagian fungsi kabel USB OTG ditulisan ini.

Yang pasti, menurut penggunaanya, kabel USB OTG awalnya hanya ditemukan pada komputer untuk menghubungkanya dengan flashdisk. Tetapi kini, dirasa yang butuh terhubung dengan flashdisk tidak hanya komputer, tetapi juga Hp. Maka dibuatlah kabel USB OTG yang bisa menghubungkan hp dengan flashdisk.

Hanya saja perlu dipahami bahwa tidak semua merk hp memiliki kemampuan untuk terhubung dengan flashdisk menggunakan kabel USB OTG. Selain karena ketidakcocokan slot pada hp juga karena kernel android yang digunakan. Bahkan beberapa hp harus dilakukan rooting atau instal software tambahan untuk bisa terhubung dengan USB OTG.

Kalau kamu lihat di pasaran, kamu akan menemukan beberapa jenis kabel USB OTG. Setidaknya ada:

  • USB OTG Adapter. Meski masuk sebagai jenis kabel USB OTG, tapi USB OTG Adapter itu tidak memiliki kabel. Melainkan hanya port usb dengan usb type micro b. Ukuranya kecil sehingga rawan hilang. Harganya paling murah dibanding jenis kabel USB OTG lainya.
  • USB OTG Cable. Inilah jenis USB OTG yang didukung dengan kabel. Cirinya menggunakan port USB Type A atau Type Micro B atau Type C, lengkap dengan kabel. Kekurangannya biasanya kalau kabel rusak, USB OTG ini otomatis tidak bisa digunakan. Untuk harga, sedikit lebih mahal dibanding jenis pertama.
  • Multi USB OTG. Inilah kabel USB OTG yang multifungsi, biasanya menggunakan 2 hingga 3 port USB Type Aatau Type Micro B atau bahkan Type C. Kabel USB OTG ini bisa kamu gunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat termasuk Mouse, Keyboard, ataupun Flashdisk sekaligus. Hanya saja, harga kabel USB OTG ini lebih mahal dibanding yang lain.

sumber : https://www.jurnalponsel.com/

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat