Fungsi Domain Pada Website

Fungsi Domain Pada Website

Fungsi Domain Pada WebsiteFUNGSI DOMAIN PADA WEBSITE

Domain WebsiteDomain yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya merupakan sebuah string pengenal yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah server. Seperti web server atau mail server pada sebuah jaringan komputer ataupun internet agar mudah untuk diakses oleh user. Lantas apa saja fungsi dari domain?

Baca juga : Mengenal Arti Domain

Fungsi Domain pada Website

Pada suatu website, domain memiliki peran yang sangat penting, tidak hanya sekedar agar user dapat dengan mudah mengakses halaman web anda tanpa harus menuliskan alamat IP server, namun lebih dari itu, sebab nama domain itu sendiri nantinya akan menjadi identitas atau brand dari website yang anda miliki.

Domain yang unik dan mudah diingat merupakan salah satu faktor agar website anda dapat dengan mudah ditemukan oleh target pembaca anda selain dengan memanfaatkan SEO.

Untuk memilih domain yang cocok untuk website anda, usahakan untuk membuat nama domain yang mudah untuk diucapkan dan mudah untuk dituliskan, usahakan untuk tidak menggunakan tanda strip (-) atau nomor pada nama domain anda.

Anda dapat menggunakan kata yang sudah ada sebagai nama domain anda seperti nesabamedia.com atau jawarafile.com, atau anda dapat membuat sebuah kata baru yang unik dan mudah diingat seperti yang telah dilakukan Google, Youtube dan Bing.

Baca juga : Preferred Domain SEO

Contoh-contoh Domain

Pengertian Domain dan Contoh-contoh Domain

Terdapat berbagai macam jenis domain, masing-masing domain tersebut memiliki makna khusus yang berkaitan dengan jenis website yang akan anda tuju, berikut ini beberapa contoh dari domain:

1. Domain .com

Domain .com merupakan top level domain pada Domain Name System. Nama .com diambil dari kata commercial, yang awalnya ditujukan untuk organisasi komersial, namun kemudian dibuka untuk tujuan umum. Contohnya ialah google.com, youtube.com, facebook.com dan masih banyak lagi.

Baca juga : Domain Authority Pada SEO

2. Domain .net

Domain .net juga merupakan generic top level domain pada Domain Name System. Nama .net diambil dari kata network, yang awalnya ditujukan untuk organisasi yang bergelut dalam teknologi jaringan seperti penyedia layanan internet dan perusahaan infrastruktur lainnya.

Namun kemudian batasan tersebut tidak dipatuhi sehingga penggunaan domain .net menjadi terbuka untuk tujuan umum dan menjadi alternatif lain sebagai pengganti domain .com. Contohnya telkom.net, flagpedia.net, asp.net dan masih banyak lagi.

Baca juga : Tips Memilih Nama Domain Untuk Menarik Konsumen

3. Domain .org

Domain .org juga merupakan generic top level domain pada Domain Name System. Nama .org diambil dari kata organization, yang awalnya ditujukan untuk organisasi yang bersifat non-profit.

Namun kemudian batasan tersebut tidak diberlakukan dan telah dihapus, sehingga domain ini dapat digunakan secara umum, biasanya digunakan oleh sekolah, poyek yang bersifat opensource, komunitas dan juga dapat digunakan untuk hal yang berprofit. Contohnya wikipedia.org, opensource.org, sgiaedu.org dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara Memilih Domain Dengan Benar

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat