Fungsi dari SSL

Fungsi dari SSL

sumber : appkey.id

FUNGSI DARI SSL

Jogja Onje Solution – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu pengertian dari SSl. Nah tahukah Anda, bahwa SSL ini memiliki peran penting atau banyak manfaatnya loh! Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja fungsi dari SSL, yuk simak ulasan berikut ini :

Proses enkripsi  menggunakan SSL

  1. Client /Browser meminta koneksi SSL (SSL Hello)
  2. Server membalas permintaan dengan mengirimkan SSL Certificate yang berisi Public key
  3. Client menerima dan memfalidasi keabsahan certificate tersebut (ngecek pihak CA yang menandatangi,masa berlaku,owner dll)
  4. Client membuat Symmetric Encryption key (sering disebut session key)  dan meng enkripsi session key dengan public key yang ada di dalam certificate lalu mengirimkan nya ke server.
  5. Server medekripsi dengan private key data dari client yang berisi symmetric session key, dan menggukanan key tersebut untuk mengirim data dari server ke client . koneksi SSL pun terbentuk

Alasan menggunakan SSL

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas. Dengan memasang SSL pada website bisnis kita maka konsumen akan merasa aman karena informasi yang dikirim dari dan ke server sudah diacak dan hanya server yang bisa membaca informasi tersebut.Sehingga akan terjalin kepercayaan konsumen terhadap website kita.

References

Cloud Host. (2016, 8 19). Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket Layer). Retrieved from idCloudHost: https://idcloudhost.com/panduan/pengertian-dan-fungsi-ssl/

Ordinary, A. (2016, 11 22). Pengertian SSL TLS HTTPS dan Fungsinya. Retrieved from tembolok.id: https://www.tembolok.id/pengertian-ssl-tls-https-dan-fungsinya/

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat