Fungsi dari Kabel USB OTG

Fungsi dari Kabel USB OTG

sumber : jalantikus.com

FUNGSI DARI KABEL USB OTG

Jogja One Solution – Pada artikel sebelumnya, sudah kita bahas mengenai pengertian dari kabel USB OTG. Nah selain dari pengertiannya yang harus kita ketahui. Kita juga harus mengetahui apa sih fungsi dari kabel USB OTG tersebut?

Baca juga : Perbedaan USB OTG dan USB Host

Fungsi Kabel USB OTG

Sekilas saya telah menjelaskan beberapa fungsi kabel USB OTG. Utamanya, kabel ini berfungsi untuk menghubungkan android dengan flashdisk. Tetapi selain itu, ternyata juga masih ada banyak fungsi lainya. Misalnya:

  1. Menambah Memori Smartphone. Kita bisa menggunakan Kabel USB OTG untuk menambah kapasitas penyimpanan android. Caranya tinggal pasang kabel USB OTG ke android dan hubungkan dengan flashdisk. Flashdisk inilah yang akan berperan sebagai memori internal.
  2. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless. Melalui fitur host mode, kamu juga bisa menggunakan Kabel USB OTG untuk menghubungkan android ke mouse atau keyboard. Jadi kamu bisa ngetik di hp pakai keyboard.
  3. Menyalakan Kipas Angin. Yang lebih menarik, ternyata kamu juga bisa menggunakan android untuk menyalahan kipas angin. Tentu saja, kipas yang kamu gunakan haruslah kipas mini.
  4. Menyalakan Lampu Darurat. Bahkan kamu juga bisa menyalakan lampu LED ke USB OTG yang terhubung ke android. jadi android makin multifungsi ya.
  5. Membaca Data Menggunakan Card Reader. Dahulu cardreader digunakan untuk membaca memori hp ke komputer, tapi sekarang kamu bisa baca memori hp tanpa perlu memasangnya di slot memori. Bahkan kamu juga bisa baca memori kamera DSLR.
  6. Mengubah Smartphone Jadi Power Bank,. Mengubah hp jadi powerbank? Nyatanya mungkin-mungkin saja. Kamu bisa menggunakan kabel USB OTG untuk menghubungkan satu hp dengan hp lainya. kamu bahkan bisa mengisi daya Action Cam hingga MP3 Player.
  7. Membaca Data di Harddisk Eksternal. Jelas untuk yang ini harus dilakukan oleh hp android dengan spesifikasi tinggi. maklum saja, namanya harddisk, tentu isi datanya pasti banyak.
  8. Menghubungkan Portabel CD Player. Punya portabel CD Player? Kamu juga bisa membacanya menggunakan android lho. lagi-lagi medianya adalah menggunakan konektor USB OTG.
  9. Menghubungkan Eksternal Webcam. Webcam juga bisa dihubungkan dengan android. semua berkah kabel USB OTG.
  10. Menghubungkan LAN ke Smartphone. Yang tak kalah menarik, kabel USB OTG juga bisa membuat hp android kamu terhubung ke LAN.
  11. Terhubung dengan Joystick. Siapa bilang main game dengan Joystick dengan hp android tak bisa dilakukan. Berkah kabel USB OTG, semua mungkin-mungkin saja dilakukan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan berkat adanya kabel USB OTG. Sangat bermanfaat bukan?

sumber artikel : https://www.jurnalponsel.com/

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat